Search Cars

Tips & Rekomendasi

Fungsi Minyak Power Steering dan Tips Memilihnya

Minyak power steering jadi salah satu komponen agar mobil semakin nyaman dikendarai. Apa saja fungsi dan bagaimana memilihnya?

minyak power steering

Minyak power steering sering dianggap sama dengan pelumas untuk mesin, padahal keduanya tidaklah sama. Tugas serta cara kerja keduanya juga memiliki perbedaan karena komposisi yang ada di dalamnya pun berbeda. 

Sama seperti transmisi dan mesin, power steering membutuhkan minyak atau pelumas agar kerjanya semakin mudah. 

Biasanya mobil yang menggunakan sistem hidrolik wajib menggunakan pelumas untuk power steering agar transmisi mobil dapat lebih lancar serta mesin lebih bertenaga. 

Baca juga: Tips Merawat Electric Power Steering Agar Tetap Awet

Nah, agar tidak bingung inilah penjelasan mengenai fungi dan tips memilihnya:

fungsi

Fungsi minyak power steering

Minyak power steering memiliki fungsi pada 2 bagian, yaitu pada bagian pompa. Ini berguna agar putaran kemudi jauh lebih ringan ketika sedang digerakkan oleh pengendara mobil. 

Kemudian fungsi selanjutnya adalah pada bagian tabung yang terletak di atas pompa oli, yaitu berfungsi untuk menambah tekanan fungsi hidrolik. Oli inilah yang berfungsi sebagai suplai dalam fungsi setir. 

Mengingat fungsinya yang begitu vital, pemilik kendaraan disarankan untuk mengganti pelumas power steering ini maksimal setiap 40.000 kilometer. Penggantian ini dilakukan agar performa mesin tetap terjaga dan selalu maksimal ketika kendaraan sedang melakukan perjalanan. 

tips memilih

Tips memilih minyak power steering

Agar tidak salah memilih, pengendara mobil harus mengetahui tips memilih minyak power steering yang sesuai dengan kebutuhan mobilnya tersebut. Hal-hal berikut inilah yang harus diperhatikan: 

Baca juga: Cara Memperbaiki Sliding Door Mobil yang Rusak

  • Pilih yang memiliki stop leak

Saat memilihnya, usahakan cari yang mengandung stop leak. Karet pada bagian mesin kendaraan bisa mengalami getas jika digunakan terus menerus, stop leak ini berguna agar karet yang getas tersebut masih bisa hidup kembali. 

Pelumas power steering dengan kandungan stop leak ini memiliki kandungan anti bocor dan anti buih. Hal ini dapat meningkatkan efisiensi kinerja pompa, dengan begitu karet menjadi lebih awet dan tidak cepat mengalami getas. 

zat aditif
  • Penggunaan zat aditif

Pilihan zat aditif pada minyak power steering memang cukup terbatas, tidak sebanyak pada minyak untuk mesin. Namun, penggunaan zat aditif ini memiliki fungsi untuk mencegah korosi dan aus karena power steering mungkin saja terkena air yang ada pada mesin mobil. 

Baca juga: Fungsi Oli Transmisi Manual dan Tanda Harus Diganti

Tidak hanya itu saja, penggunaan zat aditif juga dapat melindungi power steering dari debu dan kotoran lainnya yang bisa menyebabkan hambatan pada kinerja power steering itu sendiri. 

tingkat kekentalan
  • Tingkat kekentalan

Tingkat kekentalan minyak pada pelumas mesin biasanya menggunakan kekentalan multigrade, yaitu 5W-30. Sedangkan pada minyak power steering biasanya menggunakan kekentalan single grade yaitu SAE 30-80. 

Memilih secara tepat dengan kualitas bagus akan membuat power steering memiliki masa pakai yang lebih lama, sehingga tidak perlu sering-sering melakukan servis. Setelah mendapatkan yang tepat untuk mobil, usahakan untuk menjaganya agar tetap awet. 

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan, salah satunya adalah dengan rutin melakukan pengecekan ke bengkel resmi. Jadi, pastikan agar kondisinya dalam keadaan prima ya sebelum mengendarai mobil! 

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Jelajahi Layanan SEVA

Mobil Baru

Pilih mobil impian kamu dari berbagai merek dengan jaminan kualitas Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Mobil Bekas

Beli mobil bekas berkualitas dengan pembiayaan dari Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Fasilitas Dana

Solusi untuk kebutuhan dana langsung cair dengan jaminan BPKB mobil

Pelajari Lebih Lanjut

Layanan Surat Kendaraan

Urus surat kendaraanmu dengan mudah dan nyaman

Pelajari Lebih Lanjut

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.