Perbedaan Garansi Mobil dan Asuransi Mobil, Jangan Salah!

Garansi mobil dan asuransi mobil sering dianggap sama, padahal sebenarnya kedua hal tersebut memiliki perbedaan lho! Apa saja?

garansi mobil

Garansi mobil dan asuransi mobil banyak dianggap sebagai hal yang sama, padahal sebenarnya tidak. Meskipun keduanya menawarkan manfaat dalam perlindungan mobil, tapi pada dasarnya ada perbedaan. 

Kedua pilihan ini memang bisa digunakan jika ada risiko terhadap mobil yang bisa membuat mobil rusak. Namun sebaiknya ketahui terlebih dulu penyebab dan risiko apa saja yang bisa terjadi karena ini bisa berpengaruh pada jenis perlindungan mana yang bisa digunakan. 

Sebagai contoh, jika mobil mengalami kecelakaan ketika sedang dikendarai dan menyebabkan bodi mobil menjadi rusak maka pilihannya adalah asuransi mobil. Lantas jika mobil mengalami kerusakan tanpa mengalami kecelakaan apakah harus melakukan klaim garansi?

Baca juga: Ganti Baterai Mobil Listrik Apakah Mengubah Data di STNK?

Agar tidak salah, cek dulu yu perbedaan keduanya!

garansi mobil

Garansi mobil

Pengertian dari garansi mobil adalah suatu jaminan dalam jangka waktu yang sudah ditentukan oleh sebuah pabrik mobil terhadap produk yang dibuatnya. Dengan kata lain, jaminan ini akan diberikan jika mobil mengalami masalah atau kerusakan. 

Masalah atau kerusakan tersebut adalah yang terjadi selama proses produksi mobil itu sendiri ataupun ada masalah pada bahan-bahan yang dipakai untuk memproduksi mobilnya. Mobil baru biasanya akan diberikan garansi langsung dari pabrik. 

Baca juga: Biaya Modifikasi Interior Toyota Fortuner Biar Senyaman Toyota Alphard

Sedangkan untuk mobil bekas biasanya garansi akan diberikan oleh pihak dealer ataupun showroom tempat membeli dan diberikan jangka waktu tertentu. 

Jika kerusakan yang dialami masih dalam masa garansi dan bukan terjadi karena kelalaian pembeli maka mobil bisa langsung dibawa ke dealer atau showroom. 

asuransi mobil

Asuransi mobil

Asuransi mobil adalah suatu bentuk perlindungan dari segi finansial yang diberikan oleh sebuah perusahaan asuransi terhadap suatu objek. Dalam hal ini objek tersebut adalah mobil itu sendiri. 

Baca juga: Sering Dengar Istilah Masa Inden Mobil, Apa Sih Artinya?

Perusahaan asuransi akan disebut sebagai penanggung dan pemilik mobil akan disebut sebagai pihak tertanggung. 

proses klaim

Proses klaim yang berbeda

Jika sudah mengetahui perbedaan garansi mobil dan asuransi mobil, sebaiknya ketahui juga perbedaan dalam melakukan klaim. Proses untuk melakukan klaim dari kedua hal tersebut tentunya juga akan berbeda-beda. 

Klaim garansi mobil

Untuk melakukan klaim, biasanya akan diberikan ketika kendaraan mengalami kerusakan dengan pemakaian normal. Misalnya, jika dalam 1 bulan pemakaian mobil mengalami masalah maka bisa melakukan klaim. 

Baca juga: Rutin Cek Tekanan Ban Mobil Banyak Manfaatnya Loh!

Jika itu yang terjadi, pemilik mobil bisa langsung melapor ke pihak dealer atau showroom sambil membawa bukti pembelian, surat kendaraan dan juga kartu garansi.

Apabila mobil tersebut masih dalam masa garansi maka mobil akan langsung dilakukan perbaikan tanpa ada biaya tambahan yang dikeluarkan oleh pemilik kendaraan. 

klaim asuransi

Klaim asuransi mobil

Sedangkan ntuk asuransi mobil, perusahaan asuransi biasanya akan mengganti biaya dari perbaikan yang sedang dilakukan jika memang sudah sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku dan sudah disepakati sebelumnya. 

Baca juga: Beli Mobil Lelang, Bagaimana Cara dan Aturannya?

Sebagai contoh, pemilik mobil bisa melakukan klaim kepada perusahaan asuransi jika mengalami tabrakan, bencana alam, atau bahkan kehilangan sesuai dengan perjanjian yang disepakati di awal. 

mobil terlibat kecelakaan

Untuk melakukan proses klaim asuransi, pemilik mobil bisa langsung menceritakan kejadian yang dialami ke pihak asuransi. Setelah itu, bisa memberikan bukti-bukti berupa foto pada bagian mobil yang mengalami kerusakan disertai keterangan waktu dan lokasi kejadian. 

Setelah melakukan tahapan-tahapan tersebut, pihak asuransi biasanya akan langsung mengutus beberapa orang untuk melakukan survei. Barulah mobil akan dibawa ke bengkel rekanan untuk kemudian dilakukan perbaikan. 

Baca juga: Tidak Usah Panik, Begini Cara Ambil Uang Kembalian Denda Tilang

Jadi, sudah tahu kan perbedaan antara garansi dan asuransi mobil? Kalau sudah mengetahuinya, ini bisa dijadikan acuan sebelum membeli mobil dan jangan sampai salah memilih jenis asuransi yang akan digunakan ya!