Search Cars

Tips & Rekomendasi

Tips Menghindari Mekanik dan Bengkel Curang Saat Servis Berkala

Mendapat pelayanan kurang memuaskan pada bengkel curang memang tidak menyenangkan. Ikuti tips agar terhindar dari hal tersebut.

bengkel curang

Bengkel curang bisa menghasilkan harga perbaikan yang mahal, pengerjaan yang buruk, atau diagnosis perbaikan mobil yang tidak tepat.

Ujung-ujungnya kalian ditipu oleh bengkel curang. Penipuan oleh mekanik bisa terjadi pada semua orang. Dari perawatan rutin hingga perbaikan mobil, bisa saja ada harga yang terlalu mahal ,kalian bisa temui di mana saja.

Tetapi semakin banyak kalian tahu, semakin kecil kemungkinan kalian untuk ditipu. Sayangnya, kebanyakan orang atau pemilik mobil punya pengetahuan dan pengalaman tentang mobil yang terbatas.

Baca juga: Plus Minus Bengkel Ketok Magic, Apa yang Dikerjakan?

Setelah kalian membeli mobil baru atau bekas, penting untuk menemukan bengkel mobil yang kalian percaya. Cari mekanik yang kalian kenal, dan tahu mobil kalian.

Ini juga akan membantu kalian dalam mencegah kerusakan dan menghemat banyak uang dalam jangka panjang.

Artikel ini berisi semua tentang bagaimana menghindari ditipu oleh mekanik dan bengkel mobil. Informasi ini juga dapat membantu kalian menjaga diri dari penipuan.

Cara menghindari penipuan mekanik dan bengkel curang

bengkel curang

Selain ulasan dan testimoni online, mintalah rekomendasi dari keluarga dan teman kalian. Menemukan bengkel dengan layanan lengkap lebih disukai, tetapi ada tiga jenis bengkel yang kalian perlu tahu:

  • Bengkel Resmi Dealer
  • Bengkel Umum (Independen)
  • Bengkel Spesialis

Setelah kalian menemukan bengkel tersebut, periksa hal-hal berikut:

  •  Sudah Berapa Tahun Berbisnis – Semakin lama bengkel beroperasi, semakin kecil kemungkinan kalian untuk ditipu.
  •  Tampilan dan Fasilitas Bengkel – Bengkel yang bersih dan punya tampilan profesional masih bisa menipu, tetapi paling tidak hal itu bisa buat kalian menjadi pertimbangan datang atau tidak ke bengkel tersebut.
  •  Sertifikat dan Izin – Cek apakah bengkel tersebut memiliki sertifikasi membuka suatu bengkel. Jika mereka tidak dipajang, tanyakan saja langsung ke mereka.
  •  Garansi Bengkel – Bengkel ternama akan menawarkan garansi suku cadang dan hasil kerja untuk pekerjaan perbaikan mobil. Tanyakan tentang informasi garansi sebelum menyetujui layanan atau perbaikan apa pun.
  • Mekanik yang Ditugaskan – Hindari bengkel yang membayar mekanik dan karyawan mereka berdasarkan komisi. Ada terlalu banyak tekanan untuk menjual dan menyarankan perbaikan yang tidak perlu.

Mampir ke toko suku cadang mobil untuk layanan cek mesin gratis

bengkel curang

Jika lampu peringatan mesin mobil kalian menyala, jangan langsung datang ke bengkel. Mereka kemungkinan besar akan menagih kalian biaya pemeriksaan mesin dan merekomendasikan layanan yang mungkin tidak kalian perlukan.

Baca juga: Cara Mudah Booking Service Kendaraan di Seva.id

Banyak toko suku cadang mobil kasih pemeriksaan mobil dengan komputer secara gratis. Tes diagnostik komputer adalah cara yang baik untuk mendapatkan penilaian cepat dan gratis terhadap kendaraan kalian.

Hubungi toko suku cadang mobil sebelum kalian datang, untuk melihat apakah mereka menawarkan layanan ini.

Selalu berurusan dengan mekanik atau bengkel mobil terkemuka

bengkel curang

Salah satu cara untuk menghindari mekanik atau bengkel curang adalah dengan meminta rekomendasi teman, keluarga, dan rekan kerja kalian.

Jika mereka merasa ditipu oleh mekanik, sebaiknya menjauh dari bengkel curang tersebut.

Hindari bengkel curang dengan periksa buku manual

bengkel curang

Jika kalian bertanya-tanya seberapa sering kalian harus menyervis mobil, jangan secara otomatis memercayai mekanik. Jawabannya sangat sederhana, periksa buku panduan.

Hal itu saja dapat menghemat jutaan rupiah dalam perbaikan yang tidak perlu dan biaya layanan. Buku panduan atau buku manual, akan memberi tahu kalian di mana dan kapan harus mengganti pelumas, cairan pendingin, dan wiper kaca depan.

Jika kalian ingin menghemat uang dan belajar sedikit tentang cara kerja mobil, periksa buku manual pemilik untuk instruksi sederhana tentang cara mengganti filter udara, oli motor, ban, dan banyak lagi.

Lakukan riset cegah bengkel curang

Jangan percayakan pekerjaan perbaikan besar kepada mekanik atau bengkel yang tidak kalian kenal. Seperti kebanyakan hal dalam hidup, ada baiknya untuk riset terlebih dahulu, sebelum membuat komitmen.

Baca juga: Mobil Lecet, Pilih ke Bengkel Cat Terdekat atau Bengkel Resmi?

Cek sertifikat bengkel dan mekanik, media sosial, keluarga, teman, dan keluhan di internet, uji bengkel dengan ganti oli atau rotasi ban sederhana.

Hal itu akan memberi kalian mendapatkan gambaran umum tentang kualitas kerja bengkel tersebut. Hati-hati dengan promo bengkel yang menjebak. Jangan masuk untuk mengganti oli sederhana, tapi satu paket dengan flush mesin, injektor bahan bakar atau busi.

Kelebihan bengkel resmi

auto2000

Semua tips itu penting untuk kalian yang sudah memiliki mobil. Salah satu poin penting ketika kalian membeli sebuah mobil adalah perawatan berkala.

Hal ini sangat tidak boleh dilewatkan agar mobil kalian lebih awet, dan lebih nyaman untuk digunakan pastinya.

Tetapi biasanya setiap orang akan punya preferensi tertentu, untuk lebih memilih lebih baik melakukan service berkala di bengkel resmi atau di bengkel umum.

Kelebihan servis di bengkel resmi:

  •  Sudah pasti dilayani lebih professional.

Kalian akan disambut oleh Service Advisor dengan ramah untuk berkonsultasi dan menjelaskan lebih detail.

Penjelasan mengenai komponen-komponen yang harus mendapat perhatian lebih, seperti yang sudah tertera di buku service, serta mencari solusi untuk berbagai keluhan terhadap mobil tersebut.

  •  Kelebihan lain, fasilitas tunggu yang nyaman.

Tersedia ruang tunggu dengan berbagai fasilitas yang terjaga kebersihannya.

  •  Rekam jejak service yang detail.

Selain bermanfaat untuk membuat mobil kalian tetap awet, juga menjadi bukti perawatan yang terjaga, ketika hendak menjual mobil kalian lagi.

  • Layanan Tambahan Cuci Mobil

Selain pelayanan pegawai yang lebih professional, kalian juga akan mendapat layanan tambahan, seperti cuci mobil ke selesai dilakukan perawatan.

Kelebihan di bengkel umum

mekanik
  •  Pertama adalah keleluasaan untuk melakukan perawatan, sesuai budget.

Berbeda dengan bengkel resmi dengan harga yang sudah dipatok. Ketika kalian memilih untuk melakukan perawatan berkala di bengkel umum, kalian mendapat keleluasaan untuk menentukan komponen apa saja yang diservis.

  • Pilihan suku cadang sesuai kantong.

Selain itu kalian juga dapat memilih untuk menggunakan suku cadang atau oli dengan kualitas yang sesuai dengan budget kalian. Selain melakukan perawatan berkala, kalian juga dapat memilih layanan tambahan ketika melakukan servis di bengkel umum.

Contohnya seperti, tune-up, karbon cleaning, penambahan aksesori, sampai dengan penambahan komponen pendukung lainnya. Tapi tentunya dengan adanya biaya tambahan.Jadi kalian pilih yang mana nih?

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Jelajahi Layanan SEVA

Mobil Baru

Pilih mobil impian kamu dari berbagai merek dengan jaminan kualitas Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Mobil Bekas

Beli mobil bekas berkualitas dengan pembiayaan dari Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Fasilitas Dana

Solusi untuk kebutuhan dana langsung cair dengan jaminan BPKB mobil

Pelajari Lebih Lanjut

Layanan Surat Kendaraan

Urus surat kendaraanmu dengan mudah dan nyaman

Pelajari Lebih Lanjut

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.