Search Cars

Tips & Rekomendasi

Biaya Servis Mobil Listrik Sangat Irit, Berapa yang Harus Dikeluarkan?

Melakukan servis mobil listrik sering dianggap harus membutuhkan biaya yang mahal. Namun, apakah memang hal itu benar?

servis mobil listrik

Biaya servis mobil listrik perlu menjadi perhatian karena sama seperti mobil konvensional, tetap harus dirawat secara rutin. Akan tetapi banyak orang yang menganggap biaya yang harus dikeluarkan sangatlah mahal. 

Hal inilah yang sering menjadi pertimbangan orang ketika akan membeli mobil listrik. Akan tetapi, meskipun biaya servis mobil listrik ini dianggap mahal bukan berarti peminatnya sedikit. 

Sekarang ini sudah banyak orang beralih ke mobil listrik salah satu alasannya adalah mobil listrik lebih ramah lingkungan. 

Baca juga: Yuk Perhatikan 5 Hal ini Sebelum Membeli Mobil Listrik!

Ditambah lagi, adanya insentif atau bantuan dari pemerintah untuk Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB) mulai 1 April 2023 lalu. 

Insentif  ini merupakan strategi pemerintah dalam mendukung pembangunan berkelanjutan, mempercepat inovasi, dan mempercepat dekarbonisasi di Indonesia. 

Biaya servis mobil listrik

konversi mobil listrik

Servis mobil listrik tidak perlu dilakukan seperti mobil konvensional. Interval atau rentang waktu perawatan mobil lebih lama karena powertrain yang dimiliki hanya sedikit. 

Servisnya juga menyesuaikan jarak tempuh tertentu saja. Servis mobil listrik lebih berkaitan dengan hal-hal sistem kelistrikan yang biayanya tidak sebesar mobil konvensional.

Baca juga: Jarak Tempuh Mobil Listrik di Indonesia, Siapa Paling Hemat dan Jauh?

Selain itu biaya servis mobil listrik di bengkel resmi juga bisa dibilang sangat rendah karena beberapa faktor. Seperti perawatan mobil listrik tidak butuh oli mesin, sehingga biaya untuk ini bisa dipangkas.

Biaya ini akan banyak berkurang karena mobil listrik biasanya akan diberikan fasilitas servis gratis selama beberapa tahun. Beberapa produsen bahkan memberikan layanan gratis selama 5 tahun atau 75.000 kilometer.

Perawatan di luar servis gratis ini juga diklaim tidak akan lebih dari Rp3.000.000 untuk masa tersebut. Meskipun banyak yang tidak percaya tapi dengan perawatan yang tepat tentunya benar-benar bisa menghemat banyak sekali biaya perawatan.

Sparepart yang harus diperhatikan

bengkel mobil listrik

Sparepart yang perlu diganti saat servis mobil listrik adalah battery coolant, minyak rem, kampas rem, filter kabin, filter udara AC, disc brake, brake pad, baut, dan kompresor. Selain itu pendingin baterai yang mana hanya perlu diganti setelah jarak tempuh antara 60.000-70.000 kilometer.

Baca juga: Baterai Mobil Listrik Drop, Apa yang Harus Dilakukan?

Jangan lupa juga memeriksa speed reducer saat servis mobil listrik. Komponen gear inilah yang menghubungkan mobil listrik ke roda dan bekerja layaknya transmisi pada umumnya yang membutuhkan oli. 

Harga baterai mobil listrik

review Toyota bZ4X

Pertimbangan lain dalam membeli mobil listrik adalah harga baterai mobil listrik atau biaya pengisian dayanya yang dianggap lebih murah daripada harga bahan bakar yang setiap tahun terus naik. 

Contohnya saja untuk mobil Toyota bZ4X yang menggunakan baterai lithium-ion 335 Volt dengan kapasitas 71,4 kWh. Untuk waktu pengisiannya membutuhkan waktu sekitar 30 menit dengan sistem pengisian cepat 150 kW. 

Sementara pengisian daya menggunakan AC voltase 6,6 kW butuh waktu sekitar 9-10 jam. Sebagai catatan, biaya pengisian daya adalah Rp 2.475/kWh.

Baca juga: Bagaimana Sih Aturan Mobil Listrik di Indonesia?

Dengan demikian, harga baterai mobil listrik Toyota bZ4X untuk pengisian penuh (full 100%) adalah sekitar Rp176.715 saja. 

Berdasarkan perhitungan di atas, bisa dibilang pengisian daya mobil listrik masih lebih murah dibandingkan biaya bensin. 

Membeli mobil listrik di SEVA 

aplikasi seva

Jika tertarik membeli mobil Toyota bZ4X bisa langsung cek aja di SEVA ya. Jangan lupa juga menggunakan berbagai fitur unggulan yang tersedia. 

Salah satunya adalah fitur Car Discovery Platform yang bisa memberikan rekomendasi mobil sesuai budget dan tentunya sesuai dengan DP dan tenor yang diinginkan. 

Baca juga: Mengenali Ciri-Ciri Aki Rekondisi dan Palsu, Jangan Tertipu!

Kemudian ada juga fitur Loan Calculator dapat memberikan informasi perhitungan biaya pembelian mobil baru secara detail mulai dari masa tenor, besaran DP, serta cicilan per bulannya.

Tentunya ada juga fitur Instant Approval dimana kamu dapat membeli mobil baru dengan persetujuan pengajuan kredit yang lebih cepat dan prosesnya jelas. Beli mobil baru, ya di SEVA yang  #JelasDariAwal

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Jelajahi Layanan SEVA

Mobil Baru

Pilih mobil impian kamu dari berbagai merek dengan jaminan kualitas Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Mobil Bekas

Beli mobil bekas berkualitas dengan pembiayaan dari Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Fasilitas Dana

Solusi untuk kebutuhan dana langsung cair dengan jaminan BPKB mobil

Pelajari Lebih Lanjut

Layanan Surat Kendaraan

Urus surat kendaraanmu dengan mudah dan nyaman

Pelajari Lebih Lanjut

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.