Search Cars

Tips & Rekomendasi

Banyak yang Jadi Legenda di Indonesia, Apa Itu Mobil JDM?

Apa itu mobil JDM (Japanese Domestic Market) yang kerap diidentikan dengan mobil modifikasi? Kepoin deh selengkapnya di sini.

apa itu mobil JDM

Secara harafiah apa itu mobil JDM (Japanese Domestic Market) menggambarkan sebagai mobil-mobil yang hanya dijual di pasar domestik Jepang. Deretan kendaraan tersebut memang dipasarkan dengan standar spesifikasi yang berlaku di Negeri Matahari Terbit.

Apa itu mobil JDM?

kei car

Untuk diketahui, ciri utama mobil-mobil JDM biasanya adalah memiliki performa dan kecepatan yang tinggi. Sebut saja Toyota Supra, Toyota GT One, Mazda RX 7, Mitsubishi Lancer Evo, hingga Nissan Skyline GT-R.  

Sementara untuk mobil JDM yang dirancang untuk pemakaian di dalam kota, kini lebih sering diasosiasikan dengan jenis kei car

Baca juga: Kencang dan Sporty, Toyota All New GR86 Resmi Hadir di Indonesia

Mobil mungil ini memang khusus dirancang dengan regulasi Jepang. Misal mesin ramah lingkungan, berukuran kompak sehingga mudah dipakai di jalanan yang tidak terlalu luas. Ciri utama dari mobil ini adalah bentuk bodinya yang terkesan kotak dan bersudut.

Ciri lainnya adalah stiker Wakaba dan Koreisha. Kedua stiker ini punya arti sendiri. Wakaba berwarna kuning dan hijau, artinya pengemudi baru belajar mengendarai mobil. Sedangkan Koreisha berwarna kuning dan orange artinya pengemudi sudah terampil berkendara.

Lalu, selain ciri tersebut, apakah semua mobil keluaran Jepang itu bisa disebut JDM? Apakah mobil-mobil tersebut bisa dibeli konsumen di luar negaranya? Biar paham, kenali yuk salah kaprah terkait mobil ini selengkapnya.

Salah kaprah mobil JDM

apa itu mobil JDM

Beberapa hal harus diluruskan agar kamu tidak salah memahami apa itu mobil JDM. Apa saja kesalahpahaman tersebut?

Baca juga: Jadi Korban Salah Tilang Elektronik, Apa yang Harus Dilakukan?

  • Mobil CBU (Complete Build Up) Jepang. Ini tidak tepat. Tidak semua mobil yang diimpor utuh dari sana termasuk JDM. Mobil JDM tidak diimpor secara resmi ke mana pun kecuali menggunakan jalur dealer atau importir umum.  
  • Mobil merek Jepang. Tidak semua mobil merek Jepang disebut JDM. Karena ada juga mobil Eropa yang dijual khusus di pasar Jepang.
  • Menggunakan onderdil JDM. Ini juga tidak tepat. Mobil yang menggunakan sebagian onderdil atau aksesoris JDM tidak bisa otomatis disebut mobil JDM. Itu hanya cocok disebut sebagai JDM look.
  • OEM JDM. Mobil yang dikategorikan OEM (Original Equipment Manufacturer) JDM juga belum tentu masuk kriteria mobil JDM murni. Jangan sampai terkecoh ya.

Nah, jika ingin membeli mobil-mobil JDM tersebut, apakah bisa? Sayangnya, dalam aturan resmi kamu tidak bisa membeli mobil JDM terbaru untuk diboyong ke Indonesia.

Importir umum akan membeli mobil JDM bekas sesuai aturan yang tertera dalam Peraturan Menteri Perindustrian Nomor 14 tahun 2016. 

Baca juga: Pemutihan Pajak Jakarta, Ini Syarat dan Aturan Kendaraannya!

Jadi karena keinginan memiliki mobil JDM baru sulit diwujudkan, maka banyak pihak yang merombak mobil-mobil mereka dengan modifikasi ala JDM.  

Apa itu modifikasi mobil JDM?

apa itu mobil JDM

Dalam perkembangan waktu, apa itu mobil JDM memang menjadi semacam aliran modifikasi yang mengedepankan penampilan kendaraan, performa dan kinerja mesin. 

Pasar JDM berkembang dengan menjual aneka komponen pendukung, misal turbocharger, velg, aksesoris, dll. Beberapa merek aksesoris dan komponen asli Jepang yang sering dipakai di pasar modifikasi JDM antara lain Enkei, HKS, Tanabe, dll. 

Baca juga: Salah Modifikasi dan Aksesoris Bisa Bikin Mobil Boros Bensin, Benarkah?

Ciri mobil yang dimodif ala JDM biasanya menggunakan ban bertapak lebar dan velg menonjol keluar dari fender. Bagian belakang dipasangi spoiler, side skirt dan bumper depan belakang yang nyaris menyentuh tanah.

modifikasi mobil hybrid

Berikut aliran modifikasi mobil JDM yang perlu kamu ketahui jika ingin merombak mobil kesayangan. 

Nama Konsep modifikasi
BosozokuElemen styling adalah spoiler, splitter depan yang menjulur melewati bagian depan mobil, body kit aneh dan pipa knalpot panjang.
KanjozokuAliran ini biasanya membuat mobil terlihat dan tampil seperti mobil balap lintasan.
KyushaMengacu pada mobil Jepang lama dengan modifikasi yang minimal. Meski memakai mobil-mobil lama, tapi kondisinya terawat dan ikonik pada zamannya.
ZokushaModifikasi ini biasanya memiliki spoiler besar dan over fender lebar untuk menahan offset dari velg.
ItashaSebuah istilah Jepang yang memodifikasi mobil dengan menambah decals atau lukisan karakter anime, manga, atau tokoh video game.
BippuVIP Style, adalah seni memodifikasi mobil mewah Jepang dengan membuatnya lebih rendah dan lebar. Rata-rata, modifikasi ini diterapkan pada mobil-mobil berukuran besar.
Tajima MonsterGaya modifikasi ini untuk membuat bodi mobil mencapai aerodinamika yang lebih baik selama balapan.
Hokkaido RallyMengubah tampilan mobil dengan ornamen rally Hokaido yang terkenal di Jepang. 

Pilihan selain mobil JDM

Toyota GR Supra

Itulah seluk beluk informasi mengenai apa itu mobil JDM. Ingat ya, mobil ini sangat susah untuk dibawa masuk ke Indonesia. Sebagai gantinya kamu bisa loh melirik mobil lain yang punya performa tidak kalah menawan.

Baca juga: Harga Toyota bZ4X Rp 1,19 M, Siapa Saja Pesaing di Kelasnya?

Cek deretan mobilnya di SEVA aja! Awas Kena Gocek, pakai aja langsung fitur Instant Approval dan Loan Calculator yang akan menyiapkan perhitungan cicilan paling terjangkau! 

Semua #JelasDariAwal sehingga proses pembelian mobil idaman kamu mendapat persetujuan lebih cepat loh! Yuk, segera miliiki mobil idaman cuma lewat SEVA!

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.