Search Cars

Tips & Rekomendasi

Alasan Toyota Avanza G Tetap Menjadi yang Paling Laris

Toyota Avanza G masih diburu orang sampai saat ini. Apa saja faktor yang membuatnya begitu disukai oleh banyak kalangan?

toyota avanza g

Toyota Avanza G bukanlah mobil keluaran terbaru dari pabrikan Toyota Astra Motor. Namun sejak kemunculannya, mobil ini selalu dicari. 

Meski saat ini Toyota All New Avanza 1.5G M/T juga diproduksi, namun ada saja konsumen yang tetap mencari Toyota Avanza G bermesin 1.300cc karena sejumlah hal.

Apa kira-kira yang membuat  varian ini begitu diminati? Apa yang spesial dari kendaraan berjuluk “Mobil Sejuta Umat” ini?  

Mesin Toyota Avanza G

mesin avanza

Pada generasi pertama yang meluncur tahun 2003, Toyota Avanza G menjadi varian tertinggi dan dibekali mesin 1.300cc. Dengan transmisi manual 5 percepatan, mesin berkode K3DE mampu menghasilkan tenaga maksimal 83 daya kuda dengan torsi puncak 114 Nm.

Baca juga: Apa Saja Kelebihan Mesin 4 Silinder Pada Mobil?

Mobil generasi kedua muncul tahun 2011 dengan menggendong kubikasi mesin yang masih sama, 1.300cc. Hanya saja mesin telah mengalami pembaruan dengan dilengkapi teknologi VVT-i dan berkode 1NR-FE dan hadir dalam transmisi manual.

Tenaga puncak yang dihasilkan mencapai 95 daya kuda pada 6.000 RPM, serta torsi maksimum sebesar 125 Nm pada 4.000 RPM. Perubahan yang jauh signifikan dari mesin sebelumnya.

Pada tahun 2015, varian ini mengalami facelift. Namun perubahan tidak dilakukan di sektor mesin. Penambahan terbaru varian ini dengan menawarkan transmisi otomatis dan manual saja. 

Kendaraan serba guna

harga MPV murah

Hal lain yang membuat mobil ini terus laris manis diburu konsumen adalah fungsinya yang serbaguna. Sesuai dengan kelasnya di segmen MPV (Multi Purpose Vehicle) mobil ini dapat menampung 7 penumpang.

Hal lain yang membuat mobil ini terus laris manis diburu konsumen adalah fungsinya yang serbaguna. Sesuai dengan kelasnya di segmen MPV (Multi Purpose Vehicle) mobil ini dapat menampung 7 penumpang.

Baca juga: Rekomendasi Mobil Double Cabin yang Tangguh dan Perawatan Mudah

Selain itu mobil ini juga dapat difungsikan sebagai kendaraan niaga dengan kemampuan angkut bagasinya yang mumpuni. Sehingga selain dapat dipakai sebagai mobil keluarga, perannya sebagai kendaraan operasional sampai mobil rental dapat diandalkan.

Perawatan mudah

lakukan servis rutin

Menurut Dadan Putranto, salah satu penjual mobil bekas di daerah Blok M, Jakarta Selatan, menerangkan hal yang paling disuka konsumen terhadap varian ini adalah mudah dalam perawatan.

“Selain spare part harganya terjangkau, perawatan mobil ini juga gampang. Ibaratnya bengkel kaki 5 saja bisa mengerjakannya. Jadi jika bepergian kemana saja, mudah menemukan bengkel yang menjual dan menyediakan jasa servisnya,” katanya.

Baca juga: Mobil Keluarga Terjangkau Rp 250 Jutaan, Dapat Apa Saja?

Oleh sebab itu, harga mobil ini di pasar kendaraan bekas tetap bersaing. “Karena banyak yang cari, tidak heran harganya masih tetap tinggi. Untuk mobil tahun 2013 saja masih banyak yang mau beli di rentang harga Rp115-120 juta,” tutupnya.

Faktor yang membuat mesinnya bandel adalah teknologi mesin 4 silinder segarisnya berkode 1NR-FE. Mesin ini juga dibenamkan dengan teknologi VVT-i sehingga membuat performanya irit BBM

Rata-rata konsumsi untuk jarak dalam kota adalah 1 liter per 14 kilometer. Untuk jarak luar kota, konsumsinya bisa meningkat hingga 1 liter per 16 kilometer. Dengan kapasitas tangki sebanyak 43 liter dan diisi penuh Pertamax, cuma habiskan Rp598 ribu. 

Baca juga: Berapa Sih Isi Bensin Full Tank Mobil Toyota dan Daihatsu?

Biaya itu jika dipakai mengemudi Jakarta ke Yogyakarta via tol sejauh 563 kilometer, dan berkeliling ke sejumlah lokasi wisata di sana masih sangat cukup. Irit bukan?  

Harga Toyota Avanza G

cuan beli mobil

Tertarik memiliki mobil serba guna nan irit, ini? Harganya di pasar mobil bekas online terpercaya, mobbi cukup beragam. 

  • Toyota Avanza 1.3 G (2013), KM 95 ribu: Rp116 juta.
  • Toyota Avanza 1.3 G (2014), KM 115 ribu: Rp119 juta.
  • Toyota Avanza 1.3 G (2015), KM 100 ribu: Rp120 juta.
  • Toyota Avanza 1.3 G (2015), KM 102 ribu: Rp135 juta.
  • Toyota Avanza 1.3 G (2017), KM 140 ribu: Rp153 juta.
  • Toyota Avanza 1.3 G (2017), KM 84 ribu: Rp157 juta.
  • Toyota Avanza 1.3 G (2017), KM 105 ribu: Rp146 juta.

Jika punya dana lebih, kamu juga bisa loh memiliki Toyota All New Avanza. Awas Kena Gocek, beli mobilnya di SEVA. Karena ada fitur Loan Calculator yang memberikan perhitungan kredit paling terjangkau sesuai kemampuan finansial kamu.

Baca juga: Wisata Jawa Tengah, Siapkan e-Money Tarif Tol Jakarta Semarang

Selain itu, ada fitur Instant Approval yang membantu proses persetujuan kredit mobil paling cepat, hanya dalam hitungan menit. Asik kan? Dijamin deh, beli mobil idaman bebas khawatir karena semua prosesnya selalu #JelasDariAwal.

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Jelajahi Layanan SEVA

Mobil Baru

Pilih mobil impian kamu dari berbagai merek dengan jaminan kualitas Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Mobil Bekas

Beli mobil bekas berkualitas dengan pembiayaan dari Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Fasilitas Dana

Solusi untuk kebutuhan dana langsung cair dengan jaminan BPKB mobil

Pelajari Lebih Lanjut

Layanan Surat Kendaraan

Urus surat kendaraanmu dengan mudah dan nyaman

Pelajari Lebih Lanjut

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.