Agar Tidak Tertukar di GIIAS 2022, Ini Beda Veloz dan Avanza

Jangan sampai terkecoh karena beda Veloz dan Avanza ternyata cukup signifikan loh! Ini beberapa bedanya, sebelum membeli!

beda Veloz dan Avanza

Bagi orang awam beda Veloz dan Avanza, mungkin sulit terlihat. Padahal, Toyota All New Veloz dan Toyota All New Avanza memiliki sejumlah perbedaan baik pada desain sampai fiturnya.

Jika kamu tertarik membeli salah satunya, akan lebih afdol jika mengulik terlebih dahulu beda Veloz dan Avanza agar semakin mantap menentukan pilihan.

beda Veloz dan Avanza

Beda Veloz dan Avanza

Perbedaan mendasar dimulai dari pabrik perakitan. Toyota All New Veloz diproduksi di pabrik TMMIN (Toyota Motor Manufacturing Indonesia) di daerah Karawang, Jawa Barat.

Baca juga: Benarkah Toyota Innova Hybrid Bakal Launching di GIIAS 2022?

Sementara Toyota All New Avanza masih diproduksi oleh Astra Daihatsu Motor, dengan pabriknya juga di daerah Karawang, dan kawasan Sunter, Jakarta Utara.

keunggulan toyota veloz

Dapur pacu

Pada bagian mesin, secara umum mesin Toyota All New Veloz dan Toyota All New Avanza berteknologi sama, 4 silinder segaris, 16 katup DOHC, Dual VVTi. 

Beda Veloz dan Avanza hanya di kapasitas mesin. Toyota All New Veloz hanya tersedia mesin berkapasitas 1.500 cc, dengan kode 2NR-VE yang tersedia pilihan manual 5 percepatan dan otomatis CVT. 

Untuk Toyota All New Avanza, ditawarkan dalam dua pilihan mesin yakni 1.300 cc berkode 1NR-VE dan mesin 1.500 cc berkode 2NR-VE.

Baca juga: Mesin Turbo vs Mesin Hybrid, Mana Mobil Paling Irit BBM?

Mesin 1.300 cc tersedia dalam transmisi manual, dan mesin 1.500 cc ditawarkan pilihan transmisi manual serta otomatis CVT (Continuous Variable Transmission).

Urusan tenaga? Mesin 1.500 cc mampu menyemburkan tenaga maksimal 106 daya kuda pada 6.000 RPM dan  mesin 1.300 cc menyemburkan 98 daya kuda pada 6.000 RPM.

Tampak depan

Melihat tampilan depan, langsung terlihat perbedaan utama pada bagian gril, penempatan emblem Toyota, bumper, posisi lampu kabut dan paling utama desain lampu headlamp.

Baca juga: 5 Mobil Hybrid Toyota dan 6 Kelebihannya

Dengan lampu utama sama-sama bertipe LED, namun pada Toyota All New Veloz diberi tambahan LED DRL (Daytime Running Light). Ini membuat ‘mata’ Veloz terlihat lebih garang dan tegas dibandingkan saudaranya. 

Bentuk gril Veloz pun memiliki perbedaan, dengan ornamen berbentuk segitiga dan tidak menyatu dengan gril pada bumper bawah. Sedangkan bentuk gril Avanza lebih lebar hingga menyatu ke bumper bawah, dan berornamen garis horizontal.

Emblem Toyota pada Veloz ditempatkan di sepertiga grill bagian atas. Berbeda dengan emblem Toyota di Avanza yang diposisikan menyatu dengan garis grill atas. 

Baca juga: Alasan Beli Mobil di Pameran Lebih Menguntungkan

Di bagian lampu kabut, meski sama-sama berbentuk bulat, posisinya agak berbeda. Pada Veloz, lampu kabutnya dipasang agak turun ke tengah, sedangkan pada Avanza lampu kabutnya ke atas.

Samping dan belakang

Melihat sisi samping, perhatian langsung tertuju pada desain velg dan ukuran ban. Veloz MT yang dipasangkan ban berukuran R16 kemudian Veloz Q memakai ban berukuran R17. 

Hal berbeda pada Avanza 1.300 cc tipe G yang dibekali ban berukuran R15 sedangkan Avanza 1.500 cc tipe G memakai ban berukuran R16. 

Baca juga: Baut Velg Mobil 4 dan 5, Apa Bedanya? 

Perbedaan mencolok lain adalah pada Toyota All New Veloz punya aksen chrome memanjang dari ujung lampu depan hingga ke lampu belakang. Sementara pada Toyota All New Avanza tidak ada.

Pada bagian buritan, tercetak jelas nama VELOZ di bawah logo Toyota, yang menempel pada full backdoor LED. Garis lampu warna merah memanjang ini menyatu dari ujung stop lamp kiri ke kanan. Cantik!

Untuk Avanza, namanya tercetak di bagian kiri bawah pintu belakang, seperti desain mobil kebanyakan. 

beda Veloz dan Avanza

Suasana kabin

Masuk ke dalam kabin, perbedaan pertama pada speedometer. Toyota All New Veloz sudah mengadopsi layar MID 7 inci! Sedang pada Toyota All New Avanza masih menggunakan penunjuk kecepatan dan tachometer analog alias penunjuk dengan jarum. 

Baca juga: Mengenal Electric Parking Brake dan Fitur Auto Hold

Perbedaan mencolok lain adalah material kulit yang melapisi hampir seluruh bagian door trim, sandaran tangan depan sampai ke kabin belakang Veloz. 

Ini memberikan kesan mewah dan lux pada kabin yang juga dihiasi lampu iluminasi LED berpendar warna biru. Sementara pada kabin Avanza belum memiliki kecanggihan ini.

Beralih ke fungsi tombol Start-Stop Engine serta soket power USB untuk mengisi daya baterai ponsel, telah tersedia pada Veloz dan Avanza.

Baca juga: Cara Kerja dan Fungsi Shift Lock Pada Mobil Matik

periksa kabin

Namun membedakan adalah Veloz dilengkapi dengan wireless charger tray, rem tangan digital ala Electric Parking Brake dengan mode Auto Hold. 

Pengaturan AC di Veloz dan Avanza telah sama-sama mengadopsi model digital. Namun Veloz hadir dengan model kenop kekinian dan fitur otomatis, membuat pengaturan suhu kabin lebih nyaman.

Pada Veloz juga terdapat Rear Seat Entertainment berupa monitor pada bagian atap untuk hiburan penumpang baris kedua dan ketiga!

Baca juga: Mobil Keluarga Terjangkau Rp 250 Jutaan, Dapat Apa Saja?

Ingin bersantai selama perjalanan? Jangan kuatir, kedua mobil ini telah dilengkapi Long Sofa Mode pada jok penumpangnya! Bebas selonjoran!

beda Veloz dan Avanza

Fitur hiburan

Pada bagian tengah dasbor adalah pusat hiburan yang hadir lewat layar sentuh berukuran 9 inci untuk Veloz. Dilengkapi fitur T-intouch dan konektivitas ponsel.

Fitur T-intouch ini secara singkat akan menghubungkan mobil dengan aplikasi M Toyota pada ponsel pengendara. Fiturnya antara lain Find My Car, yang akan membantu mengetahui posisi kendaraan saat diparkir. 

Baca juga: 5 Tanda Power Steering Rusak dan Cara Memperbaikinya

Kemudian ada fitur Road Assistance yang berfungsi pada Saat darurat. Dengan menekan tombol SOS yang ada dalam fitur ini maka T Intouch secara otomatis menghubungkan dengan call center Toyota dan langsung diarahkan ke Emergency Road Assistance (ERA). Keren kan?

Sementara konsol hiburan untuk Avanza, dibedakan dengan head unit 7 inci, pada tipe 1.3 E dan varian G memakai head unit 9 inci. Namun pada Avanza G belum dibekali fitur T-intouch.

rekomendasi mobil baru

Yang melegakan, pada Veloz dan Avanza telah tersedia pengaturan kemudi secara tilt dan telescopic

Baca juga: Sejumlah Keuntungan Pembayaran DP Mobil Besar dan Kecil

Bagaimana dengan fitur keamanan? Untuk Toyota All New Veloz dan Toyota All New Avanza tentu saja telah mengadopsi semua unsur keselamatan berkendara. Misalnya airbag, Hill Start Assist, Electronic Brake Distribution, Anti-lock Brake System dan sebagainya.  

Pada tipe tertinggi keduanya makin lengkap dengan TSS (Toyota Safety Sense). Fitur keselamatan tersebut meliputi Pre Collision System, Lane Departure Assist, Front Departure Alert, Pedal Missoperation Control, Blindspot Monitoring dan Rear Crossing Traffic Alert. 

Harga jual

Buat kamu yang tertarik meminang salah satu mobil idaman, bisa langsung cek skema kreditnya lewat SEVA. Tersedia juga fitur Instant Approval yang akan membantu perhitungan cicilan paling terjangkau.

Baca juga: 24 Istilah Beli Mobil Biar Luwes saat Negosiasi di Pameran

Toyota All New Veloz 1.5 M/T (Non Premium Color) dijual OTR seharga Rp 286.000.000. Versi tertingginya Toyota All New Veloz 1.5 CVT TSS LUX (Premium Color) dihargai Rp 335.392.000.

Untuk Toyota All New Avanza 1.3 E M/T dihargai OTR seharga Rp 233.100.000. Sedangkan tipe tertingginya Toyota All New Avanza 1.5 G CVT TSS LUX dijual seharga Rp 299.228.000. 

Semua proses pembelian mobil di SEVA dijamin Jelas dari Awal! Anak Kecil Aja Tau, beli mobil nyaman dan aman cuma di SEVA.