Benarkah Toyota Innova Hybrid Bakal Launching di GIIAS 2022?

Toyota Innova Hybrid diprediksi bakal diperkenalkan dalam ajang GIIAS 2022 di ICE BSD, Tangerang. Apakah rumor tersebut benar?

toyota innova hybrid

Rumor Toyota Innova Hybrid yang akan dikenalkan pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show 2022 berhembus cukup kencang. PT Toyota Astra Motor (TAM) sendiri memang sudah dipastikan ikut memeriahkan ajang otomotif terbesar itu. 

Dikutip dari Detik Oto, Head of Strategic & Content Development PT Toyota Astra Motor, Dwi Apriani, menyebutkan bahwa dalam rangka menyambut era elektrifikasi di booth Toyota akan ada complete line up elektrifikasi. 

“Mulai dari hybrid, plug in hybrid, sampai dengan battery ev technology, selain itu akan ada pula mobil passenger Toyota lainnya, maupun commercial,” ujar Dwi. Tidak hanya itu saja, merek motorsport Toyota yaitu Toyota Gazoo Racing juga akan dihadirkan. 

toyota innova hybrid

Toyota Innova Hybrid akan hadir?

Mengenai peluncuran Toyota Innova Hybrid, sejauh ini pihak Toyota belum bisa memberikan kepastian mengenai rumor tersebut. Namun beberapa rumor ada yang menyebut bahwa besar kemungkinan Toyota akan menghadirkan medium MPV Innova hybrid. 

Baca juga: Prediksi Mobil Listrik Terbaru yang Bakal Mejeng di GIIAS 2022

Rumor tersebut semakin diperkuat dengan adanya pernyataan Dwi Apriani yang menyebutkan bahwa Toyota akan menghadirkan 7-Ever Better Car untuk menyambut era elektrifikasi. 

Jika dikaitkan, itu bisa saja mengacu pada mobil 7 penumpang yang ditawarkan oleh Toyota Innova yang masuk ke dalam jenis mobil MPV medium. 

Alasan lain mengapa rumor adanya Toyota Innova Hybrid cukup kuat yaitu karena Toyota mengaku pihaknya bakal memproduksi kendaraan HEV (Hybrid Electric Vehicles) secara lokal mulai 2022 untuk pasar domestik dan ekspor.

Baca juga: Peserta GIIAS 2022 dan Prediksi Mobil Baru yang Akan Diluncurkan

Selain Toyota Innova Hybrid, mobil listrik lainnya yang mungkin akan dihadirkan adalah Toyota bZ4x yang akan dipakai dalam acara KTT G20. Namun memang belum diketahui apakah Toyota bZ4x itu bakal dirilis ke publik atau sekadar ditampilkan saja.

innova new concept

Next Gen Toyota Innova

Selain Toyota Innova Hybrid, penyempurnaan juga akan dihadirkan oleh Toyota All New Innova pada tahun ini. Dikabarkan mobil ini sudah mulai diproduksi pada bulan November 2022 mendatang. 

Rumor juga menyebutkan bahwa penyempurnaan ini juga akan disertai dengan dihilangkannya varian mesin diesel. Selain itu, MPV yang menjadi favorit masyarakat juga dikabarkan akan meninggalkan transmisi matic konvensional dan mengubahnya menjadi transmisi model CVT. 

Nantinya akan ada dua pilihan mesin berkapasitas 2 liter yang akan tersedia dalam versi konvensional maupun hybrid. Serta keduanya juga dipastikan akan menggunakan transmisi CVT dan tidak ada pilihan manual. 

Baca juga: Mesin Turbo vs Mesin Hybrid, Mana Mobil Paling Irit BBM?

Namun, kepastian mengenai informasi resmi mesin yang akan dipakai oleh All New Toyota Innova terbaru ini belum ada sampai saat ini. Beberapa spekulasi mengerucut pada penggunaan mesin jenis M20A yakni M20A-FKS dan M20A-FXS untuk tipe hybrid.

new innova

Menurut beberapa referensi yang ada, jenis transmisi yang akan digunakan nantinya kemungkinan besar merupakan jenis Direct Shift CVT untuk tipe mesin murni internal combustion engine (ICE). 

Sebagai informasi, jenis mesin tersebut adalah mesin yang hampir sama dengan mesin yang ada pada Toyota Voxy. Kemudian untuk tipe hybrid dikabarkan nantinya akan memakai jenis transmisi e-CVT yang sama seperti jenis yang ada pada Toyota C-HR untuk pasar Tiongkok. 

Jadi, sampai saat ini rumor mengenai Toyota Innova Hybrid ini memang belum bisa dipastikan kebenarannya. Namun, tetap tunggu berbagai kejutan yang akan dihadirkan Toyota di GIIAS 2022 ya!