Search Cars

Berita Utama Otomotif

Titik-Titik Puncak Kemeriahan Acara Tahun Baru di Jakarta, Awas Kena Macet

Perayaan acara Tahun Baru 2023 di Jakarta diperkirakan menimbulkan kemacetan. Mana saja lokasi yang rawan kepadatan pengunjung?

acara tahun baru

Acara Tahun Baru di Jakarta selalu identik dengan membludaknya pengunjung di lokasi-lokasi tertentu seperti kawasan Monas, Bundaran HI (Hotel Indonesia), Pantai Ancol. dan TMII (Taman Mini Indonesia Indah).

Pada malam pergantian Tahun Baru 2023, sebaiknya hindari melintas di lokasi-lokasi tersebut jika tidak ingin terjebak dalam kemacetan. 

Untuk antisipasi kemacetan parah, Pemprov DKI Jakarta sudah mencanangkan car free night atau malam bebas kendaraan roda empat di jalan protokol Jenderal Sudirman dan MH Thamrin, Jakarta Pusat.

Baca juga: Kaleidoskop 2022: Mobil Terbaru Sepanjang Tahun yang Ada di SEVA

Penyelenggaraan car free night tersebut akan mulai berlaku mulai Sabtu (31/12) dari pukul 20.00 WIB sampai dengan Minggu (1/1) pukul 02.00 WIB.

Kemacetan acara Tahun Baru

acara Tahun Baru

Menurut Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan, dikutip Kompas, pihaknya sudah memetakan beberapa lokasi rawan macet saat puncak perayaan tahun baru di Jakarta.

  • Jakarta Pusat: Kawasan Monas, Gelora Bung Karno, Bundaran HI, dan Patung Ondel-Ondel. 
  • Jakarta Barat: Kota Tua dan Jakarta Aquarium.
  • Jakarta Timur: Taman Mini Indonesia Indah. 
  • Jakarta Utara: Pantai Indah Kapuk dan Ancol.
  • Jakarta Selatan: Blok M, Senopati, Kemang, dan Ragunan. 

Malam Festival Tahun Baru di Jakarta

acara tahun baru

Padatnya pengunjung yang ingin menghabiskan malam pergantian tahun di Kawasan Monas dan Bunderan HI, salah satunya karena ada Festival Malam Tahun Baru yang digelar oleh Pemprov DKI Jakarta.

Baca juga: Bertemu Pengemudi Arogan dengan Pelat Dewa di Jalan, Harus Bagaimana?

Kepala Dishub DKI Jakarta Syafrin Liputo, menyebutkan pihak Pemprov DKI Jakarta menggelar Festival Malam Tahun Baru berlokasi di sepanjang Jalan MH Thamrin dan Jalan Jenderal Sudirman, Sabtu (31/12) malam sampai Minggu (1/1) dini hari.

Dalam acara malam tahun baru di Jakarta tersebut akan dibangun 7 buah panggung hiburan di sepanjang Jalan MH Thamrin dan Jalan Jenderal Sudirman. 

Baca juga: Mau Wisata Yogyakarta Akhir Tahun? Nih Jalur Alternatif Anti Macet

Hiburan lainnya di Kawasan Monas akan ada air mancur menari mulai pukul 19.30 WIB serta atraksi lampu warna-warni mulai pukul 18.00 WIB.

acara tahun baru

Kota Tua Jakarta juga menjadi pusat hiburan dengan menampilkan acara dari  komunitas-komunitas Pecinta Kota Tua. 

Kawasan TMII juga dimeriahkan dengan sejumlah acara yang berpusat di Panggung Budaya Taman Mini Indonesia Indah, mulai pukul 20.00 WIB. Selain itu acara juga digelar di Plaza Keong Mas, Plaza Gajah Mada, Plaza Utara, dan Gedung Pengelola.  

Baca juga: Viral Mobil Tercebur ke Laut, Begini Cara Aman Kendaraan Naik Kapal Feri

Pada puncak malam pergantian tahun, pengelola juga menggelar pesta kembang api untuk menghibur pada pengunjung TMII. 

Sedangkan di daerah Ancol akan digelar parade, bazar seni, street art performance, live music, serta pertunjukan kembang api yang juga akan memeriahkan perayaan pergantian tahun.

Kemeriahan di lokasi lainnya

jadwal buka tutup puncak

Selain di Jakarta, sejumlah daerah penyangga yang berdekatan juga diperkirakan dipadati pengunjung saat pergantian tahun dan berpotensi macet. 

Berikut titik-titik kemeriahan acara tahun baru di Tangerang, Bekasi, Depok, Bogor, dan Puncak yang dapat menimbulkan antrian kemacetan.

Baca juga: Rekayasa Lalu Lintas Malam Tahun Baru 2023 di Sejumlah Wilayah

  • Tangerang, pesta kembang api akan diadakan di sejumlah mall seperti Bintaro Plaza, Bintaro Xchange, dan Mall Teras Kota.
  • Bekasi, masyarakat diperkirakan memadati Kota Bintang, flyover Summarecon, Harapan Indah, Plaza Pondok Gede, Alun-Alun Kota Bekasi, dan Stadion Patriot Candrabhaga. 
  • Depok, pesta kembang api di Margo City dan Grand Depok City.
  • Bogor, meski tanpa kembang api, masyarakat diperkirakan menghabiskan pergantian tahun di Tugu Kujang, Taman Kencana dan Taman Air Mancur.
  • Puncak, kemeriahan pergantian tahun diperkirakan terjadi di sekitar Puncak Pas, Kebun Teh Gunung Mas dan Bukit Paralayang.

Tips hindari macet

trans jakarta

Agar terhindar dari kemacetan parah, bagi kamu yang ingin berkunjung ke kawasan Monas dan Bundaran HI dipersilakan menggunakan transportasi umum. Selain itu, Pemprov DKI Jakarta juga menutup jalan karena adanya car free night. 

Baca juga: Rest Area Tol Trans Jawa Buat Istirahat Mudik Nataru, Catat Ya!

Moda transportasi seperti MRT (Mass Rapid Transit), LRT (Lintas Rel Terpadu), serta TransJakarta akan memperpanjang jam operasional pada tanggal 31 Desember hingga 1 Januari 2023 pukul 02.00 WIB.

Perpanjangan jam operasional diberlakukan di semua jalur layanan demi mencegah membludaknya pengunjung dengan kendaraan pribadi yang berpotensi menimbulkan kemacetan.

Yuk, datang dan meriahkan acara tahun baru di Jakarta dengan naik transportasi umum. Bebas macet dan tidak perlu pusing cari parkir deh.

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Jelajahi Layanan SEVA

Mobil Baru

Pilih mobil impian kamu dari berbagai merek dengan jaminan kualitas Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Mobil Bekas

Beli mobil bekas berkualitas dengan pembiayaan dari Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Fasilitas Dana

Solusi untuk kebutuhan dana langsung cair dengan jaminan BPKB mobil

Pelajari Lebih Lanjut

Layanan Surat Kendaraan

Urus surat kendaraanmu dengan mudah dan nyaman

Pelajari Lebih Lanjut

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.