Search Cars

Keuangan

Kelebihan Investasi Emas di Tahun 2023, Apa Benar Bisa Diandalkan?

Berbagai kelebihan investasi emas membuatnya sering dijadikan pilihan bagi masyarakat. Tapi, apa memang bisa diandalkan?

kelebihan investasi emas

Ada beberapa kelebihan investasi emas yang membuat masyarakat banyak memilihnya. Tidak hanya orang tua saja, tetapi anak-anak muda seperti generasi milenial juga banyak yang memilih emas untuk dijadikan instrumen untuk berinvestasi

Saat ini untuk membeli emas juga sudah semakin beragam, berbeda dengan beberapa tahun yang lalu dimana seseorang harus mendatangi toko emas untuk membelinya. Seiring dengan perkembangan jaman, bahkan sekarang untuk membeli emas bisa dilakukan di marketplace

Baca juga: Bank Indonesia Luncurkan Uang Kertas Baru Tahun Emisi 2022

Bahkan ada beberapa aplikasi yang menawarkan untuk pembelian emas digital yang jumlahnya bisa disesuaikan dengan kemampuan. 

Kelebihan investasi emas

kelebihan investasi emas

Cari tahu kelebihan investasi emas yang bisa didapatkan sebelum menentukan jenis instrumen investasi yang akan dipilih. Apa saja itu?

Harga emas cenderung selalu naik 

Salah satu kelebihan investasi emas adalah harganya yang cenderung selalu mengalami kenaikan. Hal ini bisa terlihat dari harga emas yang setiap tahunnya selalu naik dari tahun ke tahunnya. 

Baca juga: Indonesia Resesi, Benarkah Tidak Akan Terjadi?

Dengan harganya yang selalu naik itu, tentunya nilai uang yang diinvestasikan tersebut akan selalu bertambah. Selain itu, permintaan dan penawaran yang jelas membuat harga emas selalu mengalami kenaikan.

Mudah jika ingin dijual kembali

beli emas

Kelebihan investasi emas lainnya adalah mudah jika ingin menjualnya kembali. Sebagai contoh, emas batangan bisa dicairkan menjadi uang tunai kapanpun dibutuhkan karena emas merupakan logam mulia yang masih memiliki banyak peminat. 

Jika tidak ingin menjualnya, emas yang dimiliki bisa juga dicairkan dengan cara menggadaikannya. Investasi emas bersifat bebas bunga sehingga nilai emas yang dicairkan menjadi uang tunai jumlahnya akan sama dengan nilai emas yang sedang berlaku.

Risiko yang cukup rendah 

profil risiko

Meskipun setiap investasi memiliki risiko yang mungkin bisa saja terjadi, tetapi emas memiliki risiko yang paling rendah. 

Baca juga: Ada Inflasi, Kredit Kendaraan Bermotor Tetap Laku

Inilah yang menjadi alasan mengapa investasi emas cukup potensial untuk milenial yang baru mulai berinvestasi karena tingkat kerugiannya juga cenderung sangat rendah. 

Keunggulan lainnya adalah emas dalam bentuk fisik yang disimpan dalam waktu lama tidak akan mengalami penurunan, baik secara kualitas ataupun nilainya. Jika dijual, tetap akan mendapatkan harga yang sesuai dengan harga jual pada hari itu. 

Bisa dilakukan oleh siapa saja

Investasi emas ini bisa dilakukan oleh siapa saja, bahkan tidak membutuhkan keahlian khusus. Untuk memulainya juga bisa dilakukan saat itu juga, selama memiliki dana untuk melakukan pembelian dengan ukuran gram yang paling kecil.  

Cara penyimpanan yang mudah

beli emas

Bentuk emas yang kecil, membuatnya lebih mudah untuk disimpan dan lebih ringkas karena tidak butuh tempat penyimpanan khusus. Namun, jika menyimpannya di rumah sebaiknya taruh di safety box untuk menghindari kasus pencurian

Baca juga: Alasan Melakukan Refinancing, Hindari Kesalahan Ini

Akan tetapi cara penyimpanannya berbeda dengan emas digital. Aplikasi yang menyediakan layanan investasi emas digital biasanya akan bekerja sama dengan perusahaan yang diawasi Bappebti (Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi).

Dengan begitu, seluruh proses transaksi jual beli dan penyimpanannya terjamin sehingga tidak perlu bingung memikirkan dimana harus menyimpan emas. Ini karena beberapa penyedia aplikasi sudah menggratiskan biaya penyimpanan.

Nah, sudah tahu kan apa saja kelebihan investasi emas? Apakah kamu tertarik untuk memilikinya? 

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Jelajahi Layanan SEVA

Mobil Baru

Pilih mobil impian kamu dari berbagai merek dengan jaminan kualitas Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Mobil Bekas

Beli mobil bekas berkualitas dengan pembiayaan dari Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Fasilitas Dana

Solusi untuk kebutuhan dana langsung cair dengan jaminan BPKB mobil

Pelajari Lebih Lanjut

Layanan Surat Kendaraan

Urus surat kendaraanmu dengan mudah dan nyaman

Pelajari Lebih Lanjut

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.