Search Cars

Berita Utama Otomotif

Rekayasa Lalu Lintas di Bundaran HI, Bagaimana Aturannya?

Rekayasa lalu lintas diberlakukan di Bundaran Hotel Indonesia (HI) dalam rangka mengurai kemacetan. Lalu, apa saja aturan yang diberlakukan?

rekayasa lalu lintas

Catat ya, selama sepekan ke depan, mulai tanggal 4 Juli hingga 10 Juli 2022 pada pukul 16.00-21.00 WIB, bakal ada uji coba rekayasa lalu lintas di kawasan Bundaran HI. 

Rekayasa ini dilakukan agar para pengendara mobil ataupun motor tidak langsung melakukan putar balik di Bundaran HI. Banyaknya pengendara yang melakukan putar balik, membuat kawasan itu sering mengalami kemacetan terutama di sore hari. 

Agar tidak bingung, inilah skenario yang akan diberlakukan selama masa uji coba pekan ini.

rekayasa lalu lintas

Rute yang dialihkan

Selama pemberlakuan rekayasa lalu lintas, ada beberapa rute jalan yang dialihkan pada masa uji coba dilakukan. Untuk itu, para pengendara yang akan melintasi daerah Bundaran HI sebaiknya mengetahui rute yang akan dialihkan seperti:

Baca juga: Nama Jalan di Jakarta yang Baru Diganti, Jangan Sampai Nyasar

  1. Arus lalu lintas dari Jl. Jendral Sudirman di Bundaran HI yang akan menuju Jl. Imam Bonjol ditutup. 
  2. Arus lalu lintas dari Jl. Jendral Sudirman di Bundaran HI yang akan menuju Jl. Imam Bonjol dialihkan memutar melalui Bundaran Patung Kuda atau memutar di doorbrak Kemenhub menuju Jl. Imam Bonjol
  3. Arus lalu lintas dari Jl. Imam Bonjol di Bundaran HI yang akan menuju Jl. M.H. Thamrin dialihkan melalui kolong landmark. 

Bagi para pengendara mobil dan motor, sebaiknya mematuhi aturan pengalihan jalan selama masa uji coba rekayasa lalu lintas. Solusi lainnya, bisa juga dengan melewati daerah Bundaran HI sebelum pukul 16.00 agar tidak terkena uji coba yang sedang diberlakukan. 

petugas mengatur

Petugas yang mengatur 

Agar rekayasa lalu lintas ini berjalan dengan lancar, sudah disiapkan petugas yang akan mengatur jalannya uji coba selama pekan ini. Di sekitar Bundaran HI sudah ada sejumlah petugas Dinas Perhubungan DKI Jakarta dan polisi lalu lintas terlihat mengatur arus lalu lintas. 

Baca juga: 7 Rambu Lalu Lintas yang Sering Dilanggar Pengendara

Para petugas itu nantinya akan memberitahu pengendara yang melintas agar tidak langsung berbelok kanan pada lingkar Bundaran HI. Tidak hanya itu saja, petugas Dishub juga memasang water barrier sebagai tanda adanya rekayasa lalu lintas di yang diberlakukan pada pukul 16.00-21.00 WIB.

Pengalihan rute dan rekayasa lalu lintas ini tidak berlaku untuk bus Transjakarta, kendaraan VIP dan VVIP. Diharapkan dengan adanya uji coba kali ini, bisa mengurai kepadatan lalu lintas terutama pada sore hari ketika banyak masyarakat pulang kantor di sekitar area tersebut. 

ganjil genap

Ganjil-genap masih berlaku

Selama uji coba rekayasa lalu lintas, aturan ganjil-genap masih diberlakukan di area Bundaran HI setiap hari pukul 06.00-10.00 dan pukul 16.00-21.00 untuk mengurai kepadatan yang terjadi.

Baca juga: Update Harga LCGC Daihatsu Terbaru dan Variannya

Jadi, para pengendara diharapkan untuk selalu memantau situasi lalu lintas yang terkini ya! Bisa langsung mengeceknya di Instagram @tmcpoldametro atau melalui akun Twitter @TMCPoldaMetro

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Jelajahi Layanan SEVA

Mobil Baru

Pilih mobil impian kamu dari berbagai merek dengan jaminan kualitas Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Mobil Bekas

Beli mobil bekas berkualitas dengan pembiayaan dari Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Fasilitas Dana

Solusi untuk kebutuhan dana langsung cair dengan jaminan BPKB mobil

Pelajari Lebih Lanjut

Layanan Surat Kendaraan

Urus surat kendaraanmu dengan mudah dan nyaman

Pelajari Lebih Lanjut

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.