Search Cars

Editor's Pick

Mau Wisata Yogyakarta Akhir Tahun? Nih Jalur Alternatif Anti Macet

Ingin menikmati keindahan wisata Yogyakarta di akhir tahun? Hati-hati terjebak kemacetan. Yuk, cari tahu jalur alternatifnya.

wisata Yogyakarta

Daerah-daerah wisata Yogyakarta dipastikan jadi pusat keramaian saat libur akhir tahun 2022. Efeknya tentu bakal terjadi kemacetan panjang bagi para wisatawan yang ingin memasuki daerah tersebut.

Agar terhindar dari kemacetan, berikut beberapa jalur alternatif untuk menuju Yogyakarta yang bisa dijadikan pilihan anti macet. Mana saja jalurnya?

Jalur alternatif wisata Yogyakarta

waduk sermo kulon progo

Untuk menikmati sejumlah daerah wisata Yogyakarta, kamu dapat memilih jalur bebas macet dari sejumlah titik yang telah disiapkan Dinas Perhubungan (Dishub) DIY Yogyakarta.

Baca juga: Rest Area Tol Trans Jawa Buat Istirahat Mudik Nataru, Catat Ya!

Ada empat  jalur alternatif yang dapat digunakan untuk lalu lintas menuju atau keluar Yogyakarta. Pertama yaitu jalur Yogyakarta-Kulon Progo, kedua jalur alternatif Yogyakarta-Gunung Kidul. 

wisata yogyakarta

Kemudian pilihan rute ketiga adalah jalur alternatif Yogyakarta-Sleman. Terakhir, kamu juga bisa menempuh ruas jalan Yogyakarta-Bantul. 

Pada ruas Yogyakarta-Kulon Progo kamu bisa melintas ruas jalan Tegalsari Siluwuk, menyambung ruas Sentolo-Dekso-Klangon, lalu ruas Temon-Troya-Brosot, lalu ruas JJLS Jalan Nasional-Congot-Brosot, dan Jembatan Timbang Kuaru.

Baca juga: Rest Area Arah Jakarta, Mana Saja yang Paling Nyaman

Sedangkan yang menempuh dari Gunung Kidul, jalurnya meliputi ruas jalan daerah Dlingo-Dodogan-Playen, berlanjut ke ruas jalan daerah Wonosari-Karangmojo-Semin, lalu ke Sambipitu-Sambirejo, dan JJLS Panggang-Rongkop.

dilingo bantul yogyakarta

Jalur ketiga bagi wisatawan yang hendak menuju pusat Kabupaten Sleman, tidak hanya bisa lewat Jalan Magelang, tetapi bisa melalui ruas jalan Tempel-Pakem-Cangkringan-Kalasan, berlanjut ke ruas Klangon-Godean-Tempel.

Setelah itu menyambung ke ruas jalan daerah Melati-Balangan-Dekso, Denggung-Beksi, Kuroulon-Johonalang, Prambanan-Piyungan, dan Klangon-Sedayu-Minggir-Tempel.

Baca juga: Pentingnya Istirahat Saat Mengemudi di Tol Trans Jawa

Pada rute keempat, jalur alternatif Yogyakarta ke Bantul dan sebaliknya adalah melalui ruas jalan Sampaan-Singosaren-Barongan-Palbapang, dilanjutkan ke daerah Brosot-Srandakan-Bantul, Sedayu-Pandak-Imogiri-Mangunan-Dlingo-Siluk-Panggang.

Pembangunan jalan tol 

wisata yogyakarta

Untuk mengurai kemacetan terutama memasuki musim liburan, pemerintah sedang menyiapkan jalur Tol Yogyakarta. Jalur ini menghubungkan kota Surakarta dan DIY Yogyakarta sehingga sering disebut Tol Joglo (Jogja-Solo).

Tol Yogyakarta sepanjang kurang lebih 96,5 kilometer ini nantinya akan menjadi jalur alternatif para wisatawan yang akan memasuki kedua kota. Jalan tol ini termasuk dalam jalan Tol Trans Jawa, dimulai pembangunannya sejak tahun 2020 lalu.

Baca juga: 9 Ruas Jalan Tol Baru yang Akan Dibuka saat Libur Nataru, Gratis!

Jalan Tol Yogyakarta juga menjadi akses ke Bandara Udara Yogyakarta International Airport di Kulon Progo, diperkirakan selesai pada bulan Juli 2024 mendatang. Kehadirannya diharap dapat mempermudah akses wisata Yogyakarta di masa depan.

Wisata kuliner Yogyakarta 

wisata yogyakarta

Bagi kamu yang ingin menikmati wisata Yogyakarta seperti kompleks Candi Prambanan, Candi Kalasan, kawasan wisata Kalibiru, air terjun Kedung Pedut, Gua Jomblang, Gua Pindul, Pantai Pulang Sawal, Tebing Breksi, jangan lupa sempatkan menikmati kuliner.

wisata kuliner yogyakarta

Beberapa lokasi wisata kuliner Yogyakarta yang khas dan patut dicoba antara lain Gudeg Yu Djum, Tengkleng Gajah, Mangut Lele Mbah Marto, Oseng Mercon Bu Narti, Bakmi Jowo Mbah Gito, Gudeg Pawon, Soto Kadipiro, dan Kopi Klotok.

Baca juga: Rekayasa Lalu Lintas Malam Tahun Baru 2023 di Sejumlah Wilayah

Tentunya selain tempat-tempat tersebut, masih banyak lokasi wisata kuliner Yogyakarta yang bisa kamu cicip. Selain rasanya lezat, harga dari aneka kuliner tersebut cukup ramah di kantong.  

Sebelum menikmati liburan akhir tahun, sebaiknya mengecek harga hotel Yogyakarta. Biasanya saat musim berlibur, harga hotel Yogyakarta dan seluruh penginapan di sekitarnya ikut naik.

aplikasi sinar

Agar lebih efisien, pemesanan harga hotel Yogyakarta atau penginapan dapat dilakukan via aplikasi. Selain praktis, cara itu dijamin memudahkan karena tersedia foto dan video dari kamar serta fasilitas lainnya. 

Baca juga: Viral Mobil Tercebur ke Laut, Begini Cara Aman Kendaraan Naik Kapal Feri

Siapkan kondisi mobil dengan melakukan servis sebelum memulai perjalanan jarak jauh. Jangan lupa juga untuk membawa alat-alat darurat yang wajib ada di dalam kendaraan sebagai langkah antisipasi. Selamat berlibur.

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.