Search Cars

Tips & Rekomendasi

Sejarah Isuzu Panther Sampai Jadi Legenda di Indonesia

Sudah tahu sejarah Isuzu Panther? Mengapa kerap dikenali sebagai legenda mobil irit dan tangguh? Begini cerita lengkapnya!

sejarah isuzu panther

Sejarah Isuzu Panther di Indonesia cukup panjang. Mobil diesel yang mengaspal sejak 30 tahun lalu ini bahkan lekat dalam kenangan konsumen sebagai mobil bertenaga besar, mudah dirawat dan irit bahan bakar.

Saking iritnya, dalam sejarah Isuzu Panther pada medio tahun 1990-an, sebuah iklan komersial mengklaim jarak Jakarta ke Bali dapat ditempuh dengan menghabiskan bahan bakar solar sebanyak Rp44 ribu saja!

Bagaimana sejarah Isuzu Panther sehingga akhirnya dijuluki sebagai “Rajanya Diesel” di Indonesia? 

Sejarah Isuzu Panther

Sejarah Isuzu Panther

PT Isuzu Astra Motor Indonesia pada tahun 1991 resmi meluncurkan mobil diesel legendaris Isuzu Panther. Model pertama yang diluncurkan adalah model pick up. 

Baca juga: Kelebihan Toyota Innova Diesel Dibandingkan Bensin

Kemudian, PT Pantja Motor selaku Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) menggandeng perusahaan karoseri untuk mengubah bodinya menjadi mobil model MPV (Multi Purpose Vehicle).

Panther karoseri ini menggendong mesin berkode C233 dengan kapasitas 2.238cc, 4 silinder dengan indirect injection. Mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga maksimal sebesar 72 daya kuda pada 4.300RPM, sementara torsi puncak 140Nm pada 2.400RPM.

Panther generasi pertama ini dijual ke konsumen dengan beberapa varian, sebut saja  Bravo, Miyabi, Sparta, dan Golden.

Isuzu Panther generasi kedua

Sejarah Isuzu Panther

Pada tahun 1993 sampai 1996, menjadi momen sejarah Isuzu Panther generasi kedua. Pada tahun itu Isuzu melansir original body Panther dengan sistem Total Assy Body yang diklaim bebas dempul.

Baca juga: Titik Lokasi Banjir Jakarta, Hindari Saat Hujan Deras!

Penggunaan bodi bebas dempul pada waktu itu menjadi sebuah terobosan baru, dan tergolong inovatif. Bodi Isuzu Panther baru ini diberi kode TBR52. 

Isuzu Panther generasi ini dikenal dengan sebutan Panther PPL. Nama PPL adalah akronim Pulo Gadung Pawitra Laksana sebagai perusahaan perakitan milik grup Astra, tempat minibus ini dirakit.

Mobil Isuzu Panther PPL hadir dalam beberapa varian yakni Standar, Deluxe, Grand Deluxe, hingga Hi-Grande sebagai varian paling mahal.

Baca juga: Sudah Mulai Gak Dingin, Berapa Sih Biaya Service AC Mobil?

Sebagai varian tertinggi, Hi-Grade dilengkapi dengan sejumlah fitur seperti AC double blower, power window dan panel instrumen lengkap dengan tachometer, voltmeter, hingga indikator tekanan oli.

Untuk dapur pacu, Isuzu Panther PPL mengusung mesin yang sama dengan Panther Karoseri, yakni C233 berkapasitas 2.238cc, 4 silinder indirect injection.

Isuzu Panther generasi ketiga

Perubahan mesin terjadi pada Isuzu Panther generasi ketiga yang rilis tahun 1996 sampai 2000. Dibekali mesin 2.500cc berkode 4JA1, dapat menyemburkan tenaga puncak sebesar 78,9 daya kuda pada 3.900RPM sementara torsi maksimalnya 170Nm pada 2.300 RPM.

Baca juga: Tutup Tangki Bensin Rusak Bahaya Buat Mobil, Kok Bisa?

Mesin dan teknologi barunya ini membuat Isuzu Panther jauh lebih efisien, bertenaga dan tidak perlu busi pemanas (glow plug) untuk menghidupkan mesin pada kondisi dingin. 

Selain itu konsumsi solar juga lebih efisien dengan catatan 12 kilometer per liter untuk rute dalam kota. Hasil ini lebih irit dari mesin sebelumnya, yakni 10 kilometer per liiter.

Meski demikian, mesin 2.500cc ini sebenarnya bersuara lebih keras. Tetapi berkat peredam yang dipasang di sekeliling blok mesinnya, suaranya justru menjadi lebih hening.

Baca juga: Cara Menghemat BBM Mobil untuk Perjalanan Jauh

Pada mobil generasi ketiga inilah konsumen mengenal jargon sebagai mobil irit dan bertenaga. Sebuah iklan mempopulerkan kata “Wus.. wus.. cring.. cring,” untuk menggambarkan hal tersebut.

Isuzu Panther Kapsul

Sejarah Isuzu Panther

Mobil generasi keempat dalam sejarah Isuzu Panther lahir tahun 2000 sampai 2005. Pada edisi ini persaingan di kelas MPV makin ketat dengan hadirnya Mitsubishi Kuda dan Toyota Kijang Kapsul.

Isuzu Panther dihadirkan dalam 2 pilihan mesin diesel, yakni 2.500cc, 4 silinder, direct injection  transmisi manual dan mesin 2.500cc, 4 silider, direct injection turbo bertransmisi otomatis. Isuzu Panther kapsul memiliki beberapa varian yakni LM, LV, dan LS.

Baca juga: Mitos dan Fakta Seputar Mesin 3 Silinder di Mobil Masa Kini

Kedua mesin dapat menghasilkan 79 daya kuda dengan  perbedaan pada torsi. Pada mesin  non turbo menghasilkan  torsi 170Nm, sementara mesin turbo torsinya mencapai 192Nm.

Pada tahun 2022, pilihan mobil semakin lengkap dengan kehadiran varian Smart, Adventure, Black Panther, LS Turbo, Touring, dan Grand Touring. 

Sebagai catatan, varian LS Turbo dihadirkan tahun 2004 untuk mengakomodir minat konsumen yang menginginkan mesin turbo dengan transmisi manual. 

Generasi terakhir

mobil diesel

Sepak terjang Isuzu Panther dilanjutkan dengan meluncurkan generasi terbaru yang sering disebut Panther Facelift tahun 2005. Perubahannya menyasar pada bentuk lampu, grill, fog lamp dan bagian dalam kabin.

Baca juga: Spesifikasi Mobil Listrik dan Mobil Kepala Negara di KTT G20 Bali

Pada mobil generasi kelima hadir versi Grand touring dan LV Adventure. Lalu pada tahun  2007, Isuzu Panther akhirnya membekali semua varian dengan mesin turbo untuk tujuan memenuhi standar emisi Euro II.

Kemudian pada 2009, mobil kembali mendapat penyegaran minor di bagian ekstrior dan interiornya. Tahun itu pula Isuzu menghapus beberapa varian tipe menjadi hanya memiliki 5 varian saat itu, yakni Smart Turbo, LV Turbo, LV Adventure, LS Turbo, dan Grand Touring.

Tahun 2013, Isuzu Panther kembali membuat perubahan minor di bagian interior serta menghilangkan ‘konde’ alias tempat ban serep di bagian pintu belakang. Mobil juga telah dilengkapi dengan kamera belakang untuk memudahkan parkir dan mundur.

Baca juga: Rekomendasi Mobil Penumpang Paling Nyaman

Inilah tahun terakhir pembaruan yang dilakukan dalam sejarah Isuzu Panther. Hingga akhirnya pada bulan Februari 2021, mobil ini dihentikan produksinya. 

Meski telah resmi berproduksi, konsumen tidak perlu khawatir karena suku cadang masih dijamin ketersediaannya hingga 8 tahun mendatang.

Sejarah panjang mobil Isuzu Panther sejak tahun 1991 sampai 2021 dilalui dengan catatan penjualan unit yang fantastis dengan total 433.117 mobil. Hal ini membuktikan mobil Isuzu Panther mendapat tempat istimewa di hati konsumen Indonesia.

Baca juga: Bakal Meluncur 21 November, Bagaimana Spesifikasi Toyota Innova Hybrid?

Bagaimana kenanganmu dengan mobil legendaris ini? Yuk, bagikan artikel ini biar semakin banyak orang tahu sejarahnya si Raja Diesel nan legendaris Isuzu Panther!

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Jelajahi Layanan SEVA

Mobil Baru

Pilih mobil impian kamu dari berbagai merek dengan jaminan kualitas Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Mobil Bekas

Beli mobil bekas berkualitas dengan pembiayaan dari Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Fasilitas Dana

Solusi untuk kebutuhan dana langsung cair dengan jaminan BPKB mobil

Pelajari Lebih Lanjut

Layanan Surat Kendaraan

Urus surat kendaraanmu dengan mudah dan nyaman

Pelajari Lebih Lanjut

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.