Search Cars

Tips & Rekomendasi

Tutup Tangki Bensin Rusak Bahaya Buat Mobil, Kok Bisa?

Tutup tangki bensin rusak sebaiknya jangan disepelekan begitu saja. Kondisi ini bisa berbahaya bagi mobil, kenapa bisa terjadi?

tutup tangki bensin rusak

Tutup tangki bensin rusak mungkin pernah dialami oleh beberapa pemilik kendaraan. Banyak juga dari mereka yang menganggap hal ini sebagai sesuatu yang sepele dan tidak perlu untuk segera diperbaiki. 

Padahal, kondisi tersebut jika dibiarkan terus-menerus bisa membahayakan mobil. Secara umum, tutup tangki bensin berfungsi untuk menjaga agar bensin yang ada di dalam tangki tidak meluap keluar. 

Selain itu, komponen tersebut juga bisa mencegah bensin agar tidak terkontaminasi dengan cairan lain seperti air atau kotoran dan debu. Jika rusak, apa yang akan terjadi pada mobil?

Menyebabkan karat dan lubang

tangki bensin berkarat

Tutup tangki bensin rusak bisa menyebabkan air dan kotoran masuk ke dalam tangki. Jika dibiarkan hal ini bisa menyebabkan timbulnya karat yang pada akhirnya bisa membuat komponen tangki bensin menjadi berlubang. 

Baca juga: Berapa Sih Isi Bensin Full Tank Mobil Toyota dan Daihatsu?

Tangki yang berlubang juga menyebabkan air akan bercampur dengan bahan bakar. Hal ini bisa menyebabkan berbagai masalah, mulai dari kinerja mesin yang tidak optimal sampai menyebabkan mobil mati secara mendadak. 

Untuk mengatasinya sendiri di rumah, memang cukup sulit. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan membuang cairan yang terkontaminasi tersebut atau bahkan menguras agar mobil bisa bekerja seperti semula. 

Sirkulasi udara terganggu

sirkulasi udara

Fungsi lubang pada tutup tangki bensin adalah untuk tempat sirkulasi atau pertukaran udara. Tangki bensin pada mobil juga sengaja memiliki desain khusus agar memiliki tingkat kedap yang tinggi. 

Baca juga: Tips Aman Isi Bensin Mobil Ketika Berada di SPBU

Jika lubang tangki tersumbat, bisa membuat sirkulasi udara menjadi tidak berfungsi dengan optimal. Kondisi ini pada akhirnya bisa menyebabkan berbagai masalah, baik ringan hingga yang fatal. 

Menyebabkan mobil mogok

mobil mogok

Mobil yang mogok bisa terjadi karena berbagai faktor, tidak selalu karena adanya kerusakan mesin yang fatal. Ternyata, lubang tutup tangki bensin rusak juga bisa menyebabkan mobil mengalami mogok karena adanya kotoran yang menumpuk. 

Kotoran yang menumpuk ini bisa menyebabkan tidak adanya bahan bakar yang dialirkan ke ruang pembakaran sehingga membuat mesin mobil tidak bekerja. Untuk mengeceknya, bisa nyalakan mesin dengan mencopot tutup tangki terlebih dulu. 

Mengganggu aliran bahan bakar

aliran bahan bakar

Aliran udara pada tangki bensin ternyata memiliki manfaat lain, yaitu dapat mendukung kelancaran aliran bahan bakar. Saat mesin menghisap bahan bakar untuk beroperasi, maka volume tersebut akan tergantikan oleh udara yang masuk melalui lubang.

Baca juga: Malas Isi BBM, Apa Efek Tangki Bensin Sering Kosong?

Lubang tangki bensin yang tertutup oleh kotoran bisa membuat udara menjadi tidak bisa masuk ke dalam tangki. Pada akhirnya, bahan bakar tidak bisa mengalir secara sempurna dan kinerja mesin mobil jadi tidak optimal. 

Tanda tutup tangki bensin rusak

tanda kerusakan

Buat para pemilik kendaraan, bisa mengetahui tutup tangki bensin rusak dengan memerhatikan beberapa tanda yang mungkin muncul. Salah satunya adalah jika tercium bau bensin di sekitar mobil, maka itu bisa menjadi tanda tutup tangki tidak terpasang dengan baik dan benar. 

Tanda lainnya adalah lampu cek engine yang menyala. Penyebabnya adalah tutup tangki bensin yang tidak rapat akan dibaca oleh sensor ECU bisa membahayakan bagi penumpang atau lingkungan, sehingga muncullah peringatan. 

Baca juga: Kapan Waktu Terbaik Isi Bensin, Siang Atau Malam Hari?

Jadi, tutup tangki bensin rusak sebaiknya jangan dianggap sepele karena justru bisa membuat performa mobil menjadi tidak maksimal. Usahakan untuk selalu mengecek bagian tersebut secara berkala, ya!

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Jelajahi Layanan SEVA

Mobil Baru

Pilih mobil impian kamu dari berbagai merek dengan jaminan kualitas Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Mobil Bekas

Beli mobil bekas berkualitas dengan pembiayaan dari Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Fasilitas Dana

Solusi untuk kebutuhan dana langsung cair dengan jaminan BPKB mobil

Pelajari Lebih Lanjut

Layanan Surat Kendaraan

Urus surat kendaraanmu dengan mudah dan nyaman

Pelajari Lebih Lanjut

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.