Search Cars

Tips & Rekomendasi

Salah Modifikasi Lampu Mobil Bisa Jadi Penyebab Kebakaran?

Modifikasi lampu mobil jangan sembarangan. Salah-salah justru berisiko terjadi kebakaran. Simak tipsnya agar aman dan efisien.

modifikasi lampu mobil

Hobi lakukan modifikasi lampu mobil? Cara modif lampu misalnya dengan mengganti warna bohlam lampu utama, modifikasi lampu sein sampai penambahan aksesoris lampu di bagian kabin.

Maraknya produk modifikasi lampu mobil after sales juga membuat cara modif lampu dan perkembangan teknologi lampu mobil menjadi semakin masif. Akibatnya, banyak pemilik kendaraan melakukan modifikasi lampu mobil secara serampangan.

Jamak ditemui pengguna kendaraan yang mengganti warna lampu utama mobilnya menjadi putih yang tingkatnya menyilaukan pengguna jalan lain. Hal ini jelas tidak sesuai dengan ketentuan pabrik dan dipastikan melanggar aturan di jalan. 

Baca juga: Sejarah Lampu DRL mobil, Mengapa Tidak Ditilang?

Satu-satunya modifikasi lampu mobil yang tidak bisa dikenakan tilang adalah menambah lampu DRL di bagian depan kendaraan. Namun ingat ya, lampu ini juga harus sesuai warnanya yaitu putih dan tidak berkedip alias bukan model strobo.

Kesalahan modifikasi 

modifikasi lampu mobil

Lalu benarkah kesalahan modifikasi lampu mobil dapat menyebabkan kebakaran? Hal ini benar. Memasang lampu mobil tidak sesuai aturan dapat memicu korsleting dan mobil terbakar.

Bagi kamu yang ingin melakukan modifikasi terkait kelistrikan, sebaiknya melakukan di bengkel yang telah memiliki rekam jejak baik. Selain itu, tidak ada salahnya meminta rekomendasi mekanik dari bengkel resmi sebelum lakukan perubahan lampu tersebut.

Baca juga: Bisa Cegah Kebakaran, 4 Cara Cek Sekring Mobil

Risiko terbakar juga meningkat jika pemasangan lampu tambahan membebani sekring. Jika putus, dan tidak segera diganti, risiko kebakaran mobil pun meningkat.

Tips hindari mobil terbakar

sekring mobil

Sebelum melakukan modifikasi lampu mobil, sebaiknya kenali beberapa hal terkait hal tersebut. Apa saja? 

Pertama, hindari mencuci bagian mesin kendaraan jika tidak diperlukan. Bagian mesin ini dipenuhi sumber kelistrikan dan kabel serta sekring yang rentan konslet jika terkena air.

Baca juga: Cuci Steam Mobil, Apa Kelebihannya dengan Cuci Sendiri?

Kedua, saat parkir mobil, jangan meninggalkan benda mudah terbakar di dalam kabin. Apa saja benda tersebut? Misalnya korek api gas, kaleng aerosol pengharum kabin, power bank, kaleng parfum dan sebagainya.

Benda lain yang bisa menjadi pemicu kebakaran adalah hand sanitizer. Ini karena sifatnya yang mudah terbakar karena mengandung alkohol dan bahan kimia lain. Jika terpapar panas dalam waktu lama, botolnya berpotensi meledak dan memicu kebakaran.

Ketiga, siapkan APAR (Alat Pemadam Api Ringan) di dalam mobil untuk cegah kerusakan parah saat korsleting atau mobil terbakar.  

Jenis modifikasi lampu mobil

modifikasi lampu mobil

Berdasarkan jenisnya, perubahan atau penambahan lampu mobil dibagi menjadi beberapa bagian. 

Baca juga: 7 Jenis dan Fungsi Markah Jalan yang ada di Indonesia

Pertama, perubahan warna dan lampu utama mobil. Ini adalah jenis modifikasi paling banyak dilakukan pemilik kendaraan. Biaya yang diperlukan juga tidak terlampau besar, berkisar dari Rp500 ribuan hingga jutaan.

Kedua, penambahan aksesoris lampu-lampu tambahan pada kabin, bagasi, kolong mobil (under glow) atau hingga bagian kap mesin. Jenis modifikasi lampu mobil ini terbilang bisa habiskan dana besar, mulai Rp1 jutaan atau lebih.

Ketiga, modifikasi lampu sein. Umum dilakukan pada model lampu sein LED (Light Emitten Diode) dengan membuat nyalanya menjalar dari dalam ke luar. Modifikasi ini cukup mahal mulai dari biaya Rp1,3 juta tergantung jenis mobil dan tingkat kesulitan. 

Teknologi lampu mobil

modifikasi lampu mobil

Berkembangnya kecanggihan zaman membawa perubahan pada teknologi lampu mobil. Jika dulu lampu mobil menggunakan bohlam pijar, saat ini telah berkembang menjadi beberapa model.

Baca juga: Salah Modifikasi dan Aksesoris Bisa Bikin Mobil Boros Bensin, Benarkah?

  • Lampu LED

Karakter lampu ini adalah menggunakan daya listrik yang lebih rendah dari lampu pijar, sehingga tidak membebani kinerja aki mobil. Lampu jenis ini biasa dipasang untuk lampu stop rem belakang, lampu plafon kabin, lampu utama, dan sein.

modifikasi lampu mobil
  • Teknologi laser

Penggunaan lampu jenis ini menuai pro dan kontra. Pasalnya karakter cahaya lebih luas dan lebih jauh dari bohlam lampu pabrikan. Pada pabrikan BMW, teknologi ini disempurnakan sehingga tidak membahayakan dan dikenal dengan nama laserlight

  • Lampu xenon 

Lampu Xenon merupakan bola lampu dengan arus terukur yang di desain secara khusus untuk menciptakan efek cahaya yang kuat. 

  • Lampu HID

Pada lampu HID (High Intensity Discharge) memiliki cahaya yang lebih terang ketimbang lampu LED. Keduanya hemat energi dan tidak mudah panas, namun yang membedakan ialah durability alias masa pakainya.

Jadi sebelum memilih untuk modifikasi lampu mobil, sebaiknya hati-hati dan berkonsultasi dengan bengkel resmi agar terhindar dari masalah. Pemasangan lampu yang tidak sesuai standar pabrikan juga dapat membuat garansi spare part hangus.

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Jelajahi Layanan SEVA

Mobil Baru

Pilih mobil impian kamu dari berbagai merek dengan jaminan kualitas Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Mobil Bekas

Beli mobil bekas berkualitas dengan pembiayaan dari Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Fasilitas Dana

Solusi untuk kebutuhan dana langsung cair dengan jaminan BPKB mobil

Pelajari Lebih Lanjut

Layanan Surat Kendaraan

Urus surat kendaraanmu dengan mudah dan nyaman

Pelajari Lebih Lanjut

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.