Search Cars

Tips & Rekomendasi

Liburan Pakai Mobil Pribadi, Apa Saja Yang Harus Dipertimbangkan?

Liburan keluarga membawa mobil pribadi itu pasti seru banget. Ini beberapa hal yang perlu kamu persiapkan sebelum berangkat.

mobil pribadi

Membawa mobil pribadi untuk liburan keluarga itu seru, loh. Selain lebih irit dan efektif karena tidak perlu menyewa kendaraan atau gonta-ganti moda transportasi, juga jadi lebih bebas menjangkau banyak tempat liburan yang menarik. 

Tapi itu kalau kondisi mobil pribadi kamu baik dan fit, ya. Untuk memastikan kendaraan layak dibawa liburan, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan.

Apakah mobil pribadi kamu cocok?

mobil keluarga terbaik

Apakah mobil pribadi kamu cocok digunakan untuk bepergian jauh? Beberapa mobil yang nyaman dibawa bepergian jarak jauh umumnya bervarian MPV dan SUV (Sport Utility Vehicle). 

Baca juga: Daftar Tempat Healing Ramah Keluarga di Puncak Bogor, Dimana Saja Pilihannya?

Selain itu, pastikan juga kendaraanmu irit bahan bakar, memiliki kabin yang luas, dan mampu menempuh jarak tujuan perjalanan.

Buat rencana perjalanan

Agar liburan keluarga dengan mobil pribadi lebih nyaman, rencanakan perjalanan sedetail mungkin. Seperti rute apa yang akan dipilih, menginap di mana, budget untuk makan, tempat wisata yang akan dikunjungi, uang bensin, dan lainnya. 

Perencanaan ini baik untuk membuat liburan kamu lebih efektif karena tujuannya sudah jelas. 

Servis mobil pribadi sebelum berlibur

rutin servis

Bawa mobil pribadi untuk servis di bengkel resmi, dan lukakan pemeriksaan menyeluruh mulai dari memeriksa bagian mesin, tekanan ban, kapasitas air dan kondisi aki, radiator, juga oli. 

Baca juga: Rekomendasi Mobil Irit BBM dan Membuat Pengeluaran Lebih Hemat

Dengan melakukan servis pada mobil pribadi kamu jadi tahu masalah apa yang saat ini sedang dialami mobilmu. Ini sekaligus untuk meningkatkan performa mobilmu agar lebih aman saat digunakan untuk perjalanan jauh. Dengan demikian kamu terhindar dari risiko bahaya

Bawa barang seperlunya di mobil pribadi

Hindari membawa barang bawaan berlebihan. Pilih barang yang bisa digunakan berkali-kali dan mudah dibersihkan. 

Jangan lupa juga untuk membawa obat-obatan pribadi dan perlengkapan penting lainnya seperti power bank. 

Bawa uang pribadi secukupnya

mengatur uang thr

Jangan membawa uang tunai dalam jumlah banyak. Lebih baik menggunakan transaksi pembayaran secara online (QRIS atau aplikasi) agar lebih aman.

Siapkan kartu tol

Isi kartu tol semaksimal mungkin untuk memudahkanmu bayar tol. Jangan sampai, ketika ingin bayar tol, saldo di e-toll-mu kurang. Ini akan sangat merepotkan sekali.  

Baca juga: Isi Saldo E-Toll lewat Smartphone untuk Mudik Sangat Mudah, Bagaimana Caranya?

Siapkan dua kartu tol untuk mengantisipasi jika salah satu kartu tolmu hilang. Sekarang kamu bisa bayar tol dengan aman dan nyaman. 

Siapkan air mineral dan camilan

menu buka puasa

Air putih itu wajib untuk menjaga tubuhmu tetap terhidrasi. Bawa juga camilan untuk mengantisipasi jika kamu lapar. Pilih yang sehat dan bisa mengganjal rasa laparmu lebih lama ya. Seperti buah, misalnya. 

Jangan lupa peralatan darurat dalam mobil pribadi

Saat berlibur dengan mobil pribadi, jangan lupa juga membawa peralatan darurat, seperti kunci, dongkrak, obeng, kunci inggris, senter, dan segitiga pengaman. Ini penting untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan. Misalnya saja, ban pecah atau lainnya.

Jaga kesehatan

Menempuh perjalanan jauh butuh kebugaran tubuh yang ekstra. Jadi sangat disarankan agar kamu mempersiapkan fisik tetap prima. Meski hanya duduk di dalam mobil, pengemudi butuh konsentrasi tinggi saat berkendara, apalagi jika menyetir di jalanan antar kota atau provinsi. Berhenti dan beristirahatlah ketika kamu merasa lelah atau mengantuk.

Berkendara aman

posisi mengemudi ideal

Selama berkendara, selalu jaga jaga jarak dengan kendaraan yang ada di depan dan sekitarmu. Berkendaralah dalam batas kecepatan yang aman, seperti rata-rata 60 kilometer per jam. 

Baca juga: Pengguna Pelat RF Mulai Hari Ini Akan Ditertibkan oleh Polisi

Hindari berkendara di malam hari. Alih-alih agar terbebas dari macet, mengemudi di malam hari lebih banyak risikonya. 

Selain itu, berhentilah berkendara setiap dua jam sekali untuk mengistirahatkan atau menggerak-gerakkan tubuhmu. 

Asuransi mobil pribadi

Sebagai langkah preventif, patut juga kamu melindungi diri dan mobil pribadi dengan asuransi. Meski kamu sudah berkendara dengan aman, segala risiko kecelakaan bisa saja terjadi. 

Baca juga: Konsep Autotainment di IIMS 2024, Apa Saja yang Disajikan?

Dengan adanya asuransi, perjalananmu jadi lebih tenang dan nyaman.

Kerja sampingan dengan Teman SEVA

aplikasi seva

Kamu berminat kerja sampingan untuk menambah uang liburan nanti? Gabung dengan Teman SEVA saja! 

Teman SEVA adalah program insentif yang akan memberimu uang tambahan hingga Rp2,5 juta per penjualan mobil. Dengan semakin banyaknya mobil terjual, kamu akan mendapatkan komisi yang lebih besar juga.

Baca juga: Alasan Kecepatan di Speedometer Mobil Tidak 100% Akurat

Ini cara daftarnya:

  • Kunjungi dan daftar Teman SEVA  ​
  • Registrasi menjadi user SEVA.​
  • Gunakan nomor telepon yang aktif di WhatsApp dan sudah melakukan registrasi di aplikasi AstraPay. Ini berguna untuk pengiriman insentif yang akan diberikan kepadamu.

Setelah terdaftar, kamu dapat mulai membagikan link rekomendasi mobil kepada siapapun yang ingin membeli kendaraan baru. Kerja sampingan dengan Teman SEVA mudah banget, kan?

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.