Search Cars

Tips & Rekomendasi

Tips Berkendara Mudik Malam Hari Agar Tetap Selamat Sampai Tempat Tujuan

Perjalanan mudik di malam hari sering menjadi pilihan bagi masyarakat karena lebih nyaman. Agar tetap aman, apa saja tipsnya?

mudik malam hari

Melakukan perjalanan mudik di malam hari seringkali dipilih karena berbagai alasan. Mulai dari terhindar dari cuaca yang panas dan menghindari penumpukan arus lalu lintas di pagi dan siang hari.

Namun, melakukan perjalanan malam hari saat Lebaran 2023 tentu memiliki risiko tersendiri terutama dari segi keselamatan. Apalagi bagi pengemudi yang tidak terbiasa bepergian di malam hari karena akan berisiko menyebabkan kecelakaan karena mengantuk. 

Rasa lelah atau mengantuk yang sering dirasakan ketika sudah malam hari ini bisa menyebabkan risiko kecelakaan. Pada umumnya kasus kecelakaan di jalan terjadi karena tabrakan depan dan belakang antar mobil atau kendaraan yang lepas kontrol. 

Baca juga: Raih Perjalanan Mudik Lancar dengan Bantuan Aplikasi, Apa Namanya?

Microsleep merupakan salah satu penyebabnya, yaitu tidur singkat atau hilang kesadaran singkat akibat lelah atau mengantuk. Kejadian ini juga cukup sering terjadi di malam hari dan bisa sangat membahayakan. 

Tips mudik aman di malam hari

penerangan jalan tol

Untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan saat pergi mudik Lebaran 2023, apa saja tips yang bisa dilakukan?

Jaga kesehatan tubuh

Sebelum melakukan perjalanan alangkah baiknya pengemudi memiliki waktu tidur yang cukup. Mulai dari banyak minum air putih dan minum vitamin jika jarak yang kamu tempuh saat mudik cukup jauh. 

Baca juga: Pemutihan Pajak Kendaraan Bulan April, Catat Lokasinya

Pemudik juga tidak disarankan untuk minum alkohol sebelum melakukan perjalanan mudik. Sebisa mungkin juga hindari mengemudi sambil merokok karena hal itu dapat mengurangi fokus penglihatan.

Jangan paksakan mengemudi saat lelah

penyebab ngantuk saat mengemudi

Sebagian besar kecelakaan terjadi karena pengemudi yang kelelahan dan  mengantuk. Kondisi lelah ditambah jalanan yang lengang dan gelap, akan semakin memperburuk keadaan dan bisa saja memicu terjadinya microsleep

Untuk itu, penting untuk memiliki waktu istirahat ketika sedang mengemudi, jangan paksakan jika sudah lelah. Cara lainnya adalah bisa juga bergantian mengemudi dengan anggota keluarga lainnya di rest area.

Tidak menyetir lebih dari 4 jam

setir mobil

Menyetir lebih dari 4 jam secara terus menerus dapat menimbulkan kelelahan dan mengantuk. Kelelahan saat berkendara dapat mengurangi kewaspadaan dan membuat kamu lebih rentan terhadap kecelakaan.

Baca juga: Pemutihan Pajak Kendaraan Bulan April, Catat Lokasinya

Menyetir lebih dari 4 jam juga dapat mempengaruhi kesehatan secara keseluruhan dan kondisi mental ketika sedang mengemudi. Jika merasa sudah lelah, sebaiknya bisa memanfaatkan rest area di sepanjang ruas jalan tol.

Atur kecepatan mobil

speedometer mobil

Jalanan yang gelap tentu berpengaruh pada jarak pandang sehingga penting bagi  pengendara untuk tetap waspada. Caranya adalah dengan menjaga jarak aman dan mengantisipasi blind spot.

Selain itu, pengemudi  juga harus mengatur kecepatan mobil yang sedang dikendarai tersebut. Jangan terbawa dengan suasana kondisi jalan yang sepi karena justru pada malam hari banyak kendaraan meningkatkan kecepatan. 

Bersihkan kaca lampu mobil

mika lampu mobil

Sebelum pergi mudik di malam hari pastikan untuk membersihkan lampu mobil terlebih dahulu. Hal tersebut penting dilakukan agar cahaya lampu berfungsi dengan baik. 

Selain kaca lampu, bersihkan juga kaca depan, jangan sampai kaca depan mobil kotor atau penuh debu. 

Astra Siaga Lebaran sambut mudik 2023

mudik nyaman

Pada tahun ini, Astra Siaga Lebaran akan kembali hadir untuk menemani perjalanan mudik ke kampung halaman. Tahun lalu, Astra Siaga Lebaran hadir mendukung arus mudik dengan jumlah 115 bengkel siaga siap membantu para pemudik. 

Baca juga: Pemutihan Pajak Kendaraan Bulan April, Catat Lokasinya

Astra Siaga Lebaran juga memiliki berbagai fasilitas yang lengkap, mulai dari cek kesehatan sampai pengecekan kondisi kendaraan yang digunakan.Lebaran 2023 kali ini, tentunya akan hadir dengan semakin banyak jumlah bengkel siaga yang tersedia. 

Bahkan bengkel-bengkel siaga tersebut disebar tidak hanya di Pulau Jawa tetapi juga sampai ke Sumatera Selatan. Jadi, pastikan kamu sudah melakukan beberapa tips tadi ya sebelum pergi mudik Lebaran 2023.

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Jelajahi Layanan SEVA

Mobil Baru

Pilih mobil impian kamu dari berbagai merek dengan jaminan kualitas Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Mobil Bekas

Beli mobil bekas berkualitas dengan pembiayaan dari Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Fasilitas Dana

Solusi untuk kebutuhan dana langsung cair dengan jaminan BPKB mobil

Pelajari Lebih Lanjut

Layanan Surat Kendaraan

Urus surat kendaraanmu dengan mudah dan nyaman

Pelajari Lebih Lanjut

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.