Search Cars

Tips & Rekomendasi

Fungsi Lampu Mobil yang Berbeda Artinya Ketika Dinyalakan

Terdapat beberapa fungsi lampu mobil dan memiliki arti yang berbeda-beda ketika dinyalakan. Apa saja ya perbedaan tersebut?

fungsi lampu mobil

Fungsi lampu mobil ternyata tidak hanya untuk menerangi jalanan yang minim cahaya. Namun bisa juga memiliki fungsi lain yang, misalnya untuk menjadi cara berkomunikasi antara pengendara lain yang ada di jalan. 

Lampu sendiri menjadi komponen yang sangat penting pada sebuah kendaraan. Banyak orang hanya tahu lampu depan dan belakang saja, tapi sebenarnya ada banyak jenis lampu beserta kegunaannya pada saat di jalan. 

Lantas, apa saja fungsi dari masing-masing lampu tersebut ya? Inilah penjelasan lengkapnya

fungsi lampu mobil

Jika sudah mengetahui jenis-jenis lampu mobil yang biasa digunakan, sebaiknya cari tahu juga mengenai fungsi mobil secara keseluruhan? 

Membantu penglihatan pengendara 

Pada saat kondisi jalanan yang gelap, biasanya pengendara mobil menjadi kesulitan untuk melihat area sekitarnya. Pada saat inilah fungsi lampu mobil digunakan untuk membantu pengendara dalam mengetahui objek yang ada di depannya. 

Baca juga: Risiko yang Mengintai Jika Mobil Jarang Servis

Caranya adalah dengan menyalakan lampu jauh atau high beam untuk mengatasi jarak pandang yang terbatas. Setelah itu cukup putar saklar lampu pada posisi lampu jauh dan lampu depan akan segera menembakkan cahaya.

Fungsi lampu mobil untuk komunikasi

tips menyalip truk

Selain untuk mengatasi jarak pandang yang terbatas, fungsi lampu utama lainnya adalah untuk berkomunikasi. Misalnya saja ketika pengendara mobil akan mendahului dengan aman, bisa langsung menggunakan lampu tembak atau dimmer

Sebagai tanda posisi mobil

Lampu mobil juga bisa berguna untuk menjadi penanda posisi mobil kepada pengguna jalan lainnya. Biasanya ini dilakukan ketika kondisi pencahayaan redup seperti saat petang atau hujan deras. 

Baca juga: Mobil Keluarga Terbaik dengan Harga di Bawah 300 Juta

Jadi, pada saat hujan deras usahakan menggunakan lampu hazard dengan benar. Ini karena fungsi lampu hazard tidak perlu dinyalakan pada saat hujan deras. 

Sebagai gantinya, untuk memberi tahu kendaraan lain gunakan lampu senja (kadang disebut juga sebagai lampu kota).

Memberikan tanda darurat

toolkit darurat

Pada saat sedang dalam situasi darurat, barulah fungsi lampu hazard bisa digunakan. Cara menggunakan lampu hazard yang benar memang sudah seharusnya digunakan pada kondisi-kondisi seperti ini.

Baca juga: Budget Modifikasi Mobil yang Nyaman Dipakai Harian

Kondisi darurat seperti mobil mogok atau ban yang bocor ini bisa menggunakan fungsi lampu hazard. Saat dinyalakan, lampu hazard akan hidup bersamaan, kemudian berkedip dengan interval waktu tertentu. 

Jadi, sudah tahu kan bahwa fungsi lampu mobil ini tidak hanya sebatas untuk penerangan saja. Lampu mobil juga bisa membantu pengendara agar bisa lebih aman dan nyaman ketika berada di jalanan loh.

Tertarik Beli Mobil di SEVA??

Yuk isi informasi kamu dan langsung ngobrol dengan agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Jelajahi Layanan SEVA

Mobil Baru

Pilih mobil impian kamu dari berbagai merek dengan jaminan kualitas Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Mobil Bekas

Beli mobil bekas berkualitas dengan pembiayaan dari Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Fasilitas Dana

Solusi untuk kebutuhan dana langsung cair dengan jaminan BPKB mobil

Pelajari Lebih Lanjut

Layanan Surat Kendaraan

Urus surat kendaraanmu dengan mudah dan nyaman

Pelajari Lebih Lanjut

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.