perjalanan mudik

Raih Perjalanan Mudik Lancar dengan Bantuan Aplikasi, Apa Namanya?

perjalanan mudik

Perjalanan mudik saat ini bisa sangat terbantu dengan adanya kemajuan teknologi, misalnya untuk memesan tiket. Tidak hanya itu saja, untuk melakukan pendaftaran mudik gratis juga saat ini sudah banyak yang menggunakan berbagai aplikasi. 

Saat ini Kementerian Perhubungan (Kemenhub) juga sudah menyediakan aplikasi untuk mudik tahun ini. Dengan adanya aplikasi yang diluncurkan oleh Kemenhub ini diharapkan perjalanan mudik ke kampung halaman bisa menjadi lebih mudah. 

Dalam keterangan resminya, Kemenhub Ditjen Hubdat mendorong para pemudik menggunakan aplikasi yang ada. Misalnya saja MitraDarat dan Ferizy demi perjalanan mudik yang lancar.

Perjalanan mudik dengan aplikasi MitraDarat

perjalanan mudik MitraDarat

MitraDarat merupakan aplikasi multi layanan yang menyediakan beragam informasi dalam satu pintu. Mulai dari masalah pengawasan, perizinan dan operasional bidang transportasi darat

Baca juga: Kembali Berlaku, Ini Daftar 25 Ruas Jalan Ganjil Genap di Jakarta

Aplikasi MitraDarat ini juga bisa membantu pemudik untuk melakukan pengecekan informasi laik jalan kendaraan. Kemudian ada juga fitur Tracking Bus yang terintegrasi dan informasi mengenai Peta Mudik.

“Dan yang tidak kalah pentingnya dengan aplikasi ini masyarakat melakukan pendaftaran program Mudik Gratis Direktorat Jenderal Perhubungan Darat yang sudah kita lakukan,” kata Direktur Angkutan Jalan Kemenhub, Suharto dikutip dari GridOto.com. 

Saat ini, aplikasi MitraDarat telah tersedia di Play Store dan Apple Store. Selain itu untuk menjamin keamanan dan kenyamanan, para pengguna bus dapat mengecek apakah bus lebaran 2023 yang akan dinaikinya sudah laik untuk beroperasi atau belum.

Baca juga: Alasan Mobil Hybrid Tidak Mendapatkan Insentif Kendaraan Listrik

Aplikasi Ferizy

aplikasi Ferizy

Untuk aplikasi Ferizy sendiri bisa sangat membantu bagi para pemudik yang akan menggunakan kapal ferry. Terutama bagi pemudik yang akan melalui Pelabuhan Merak-Bakauheni dan Pelabuhan Ketapang-Gilimanuk. 

Aplikasi ini bisa membantu untuk pembelian tiket sehingga pemudik tidak harus membeli tiket secara langsung. Pembelian tiket melalui aplikasi dan website Ferizy bisa dilakukan sejak H-60 sebelum keberangkatan.

“Jadi, untuk tiket Lebaran pada akhir April 2023 nanti, sudah bisa dibeli dari sekarang baik via aplikasi atau website Ferizy. Saat ini sudah tidak ada penjualan tiket di pelabuhan,” kata Direktur Jenderal Perhubungan Darat, Hendro Sugiatno.

Baca juga: Dukung Mobil Listrik Ikutan Mudik, PLN Siapkan Ratusan SPKLU

Selain secara online, pemudik dapat membeli tiket di gerai retail seperti Alfamart, Indomaret, Agen BRILink, dan lainnya. Dan untuk pembayaran tiketnya dapat dilakukan melalui cara transfer antar bank, e-wallet, gerai retail, internet banking, dan lainnya.

Cara beli tiket perjalanan mudik melalui Ferizy

pelabuhan merak

Cara pembelian tiket melalui aplikasi Ferizy sangat mudah untuk dilakukan. Apa saja tahapan-tahapannya?

1. Download aplikasi Ferizy di smartphone atau melalu website ferizy.com

2. Pilih jadwal keberangkatan

3. Isi data diri dengan lengkap

4. Lakukan pembayaran

5. Elektronik Tiket akan dikirimkan ke email

6. Tunjukkan Elektronik Tiket pada petugas di pelabuhan dan akan ditukar dengan boarding pass

Beberapa keuntungan lain dengan diaplikasikannya Ferizy ialah bisa reservasi tiket dengan lebih mudah. Hal ini karena pembayarannya melalui aplikasi/website, serta hak atas asuransi lebih terjamin karena data lengkap, akurat dan validitasnya terjaga.

Baca juga: Titik Kemacetan di Tol Trans Jawa pada Mudik 2023, Ada Dimana?

Jadi, untuk perjalanan mudik tahun ini kamu bisa menggunakan aplikasi yang disediakan pemerintah ya. Mudik Lebaran 2023 jadi lebih nyaman tentunya.

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *