Search Cars

Berita Utama Otomotif

Dukung Mobil Listrik Ikutan Mudik, PLN Siapkan Ratusan SPKLU

Pemudik yang menggunakan mobil listrik, catat yuk di mana saja lokasi SPKLU yang disiapkan PLN untuk mendukung arus mudik 2023.

mobil listrik

Menjelang libur Lebaran 2023 ini, PLN (Perusahaan Listrik Negara) mengantisipasi melonjaknya pemilik mobil listrik yang ikut melakukan perjalanan mudik ke kampung halaman.

Seperti diketahui, peminat mobil bertenaga baterai di Indonesia sudah semakin tinggi. Menurut GAIKINDO (Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia) selama tahun 2022 saja tercatat 15.437 unit mobil eletrifikasi telah terjual di Indonesia.

Hal ini otomatis meningkatkan kebutuhan akan adanya fasilitas Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di wilayah di Indonesia, umumnya kota-kota besar. 

Ratusan SPKLU disiapkan

spklu mobil listrik

PLN menyebutkan akan menyediakan fasilitas pengisian daya kendaraan listrik sebanyak 616 di 237 titik di seluruh Indonesia. 

Baca juga: Punya Mobil Listrik, Catat Lokasi SPKLU dari Astra Otoparts

Dimana saja lokasinya? Dilansir dari Detik, SPKLU dari PLN akan tersedia di Pulau Jawa sebanyak 171 lokasi, Bali 34 lokasi, Sumatra 35 lokasi, Kalimantan 12 lokasi, Sulawesi 14 lokasi, Maluku 2 lokasi, Nusa Tenggara 9 lokasi, dan Papua 2 lokasi.

“PLN memastikan infrastruktur pendukung kendaraan listrik tersedia di jalur mudik sehingga memudahkan pengguna mobil listrik yang mudik untuk melakukan pengisian daya,” ucap Direktur Utama PT PLN (Persero) Darmawan Prasodjo dikutip Detik.

PLN terus berupaya untuk memperbanyak SPKLU sebagai langkah meningkatkan kepercayaan masyarakat agar siap beralih ke moda kendaraan listrik. 

Baca juga: Peta Lengkap Daftar Rest Area Tol Trans Jawa Buat Panduan Mudik

“PLN berkomitmen untuk mendukung ekosistem yang mumpuni dan andal bagi pengguna kendaraan listrik (EV) di Indonesia,” sebut Darmawan lagi.

Lokasi SPKLU mobil listrik

beli mobil listrik

Dari sekian banyak lokasi, ada 9 titik berada di Tol Trans Jawa dan 6 titik di Tol Trans Sumatera, di mana semuanya difokuskan di rest area.

Lokasi SPKLU miliki PLN di sepanjang Tol Trans Jawa ada di Rest Area Kilometer 519 A (Solo-Ngawi), Rest Area KM 519 B (Ngawi-Solo), Rest Area KM 389 B (Batang-Semarang), Rest Area KM 379 A (Semarang-Batang).

Baca juga: Jalur Mudik Lebaran Selain Tol Trans Jawa Sebagai Alternatif Antisipasi Kemacetan

Pada Rest Area KM 626 B (Kertosono-Madiun), Rest Area KM 207 A (Palikanci), Rest Area 208 B (Palikanci), Rest Area KM 10,6 Tol Jagorawi dan Rest Area KM 6 (Jakarta-Cikampek).

Di Tol Trans Sumatera SPKLU PLN berada di Rest Area KM 20 B Lampung (Tol Bakauheni-Kayu Agung), Rest Area KM 49 A Lampung-Palembang, Rest Area KM 163 A Lampung Tengah. 

Berikutnya Rest Area KM 172 B Tulang Bawang Barat, Rest Area KM 269 Terpeka (Tol Bakauheni-Kayu Agung), serta Rest Area KM 277 Terpeka (Tol Bakauheni-Kayu Agung).

PLN Mobile

mobil listrik

Untuk lokasi lainnya, kamu bisa mengecek selengkapnya pada aplikasi PLN Mobile yang bisa diunduh gratis di Playstore dan App Store.

Baca juga: Mudik Gratis BUMN Dibuka, Begini Cara Daftar dan Jadwalnya

“Bagi para pengguna kendaraan listrik yang ingin mengisi daya tinggal buka aplikasi PLN Mobile, kemudian pilih fitur electric vehicle, lalu pilih SPKLU. PLN Mobile akan menampilkan sejumlah SPKLU yang terdekat dan aktif dengan lokasi pengguna mobil elektrik,” terang Darmawan.

Selanjutnya kata Darmawan, SPKLU ini menyediakan tiga jenis pengisian daya, yaitu jenis medium charging, fast charging, hingga ultra fast charging.

Insentif pajak mobil listrik

lexus u300

Pemerintah saat ini terus menggenjot populasi kendaraan ramah lingkungan dengan memberikan insentif pajak mobil bertenagai baterai dan sejumlah keringanan lainnya. 

Baca juga: Mau Bisnis Charging Station Mobil Listrik? Ini Syarat dan Biayanya!

Insentif pajak ini secara tidak langsung dapat menekan harga mobil listrik secara signifikan. Selain insentif pajak mobil listrik, pemerintah berencana membebaskan PKB dan BBNKB kendaraan ramah lingkungan pada tahun 2025 nanti. 

Aturan yang melandasi insentif pajak mobil listrik adalah Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 38 Tahun 2023. Diterangkan insentif pajak mobil listrik diberikan sebesar 10% sepanjang April hingga Desember 2023.

Insentif pemerintah pada pajak dan harga mobil listrik ini bertujuan untuk membantu mendongkrak penjualan mobil listrik di masa mendatang.

Harga mobil listrik

toyota bZ4X

Sejumlah menjadi faktor mengapa harga mobil listrik di Indonesia cukup tinggi. Apa saja? Menurut Kementerian Perindustrian, faktor utama yang membuat harga mobil listrik menjadi tinggi adalah komponen baterai di dalamnya.

Baca juga: Subsidi Mobil Listrik Hanya Mendapat 1 Persen, Berapa Penurunan Harganya?

Faktor kedua adalah mahalnya ongkos manufaktur dan depresiasi. Seperti diketahui, saat ini industri pembuatan baterai terbesar didominasi oleh China. Lalu, kebanyakan mobil elektrik masih didatangkan dengan sistem complete build up (CBU) dari luar negeri.

Jika tertarik ingin memiliki mobil ramah lingkungan ini, salah satu pilihannya adalah Toyota All New bZ4X. Buat yang ingin membelinya cek langsung di SEVA dan gunakan berbagai macam fitur unggulannya. 

Salah satunya adalah fitur Loan Calculator untuk mendapatkan perhitungan kredit paling terjangkau, sesuai kemampuanmu.Jangan lupa, check out dengan Instant Approval, yang memberi persetujuan kredit mobil paling cepat, hanya dalam hitungan menit. Semua proses dijamin #JelasDariAwal.

Tertarik Beli Mobil di SEVA??

Yuk isi informasi kamu dan langsung ngobrol dengan agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.
Agen kami akan segera menghubungi kamu dalam 1x24 jam.
Mohon maaf, terjadi kendala jaringan. Silakan coba kembali.
Kamu sudah meminta OTP. Mohon tunggu beberapa saat sebelum meminta OTP baru.
Verifikasi Nomor Kamu
Terlalu banyak percobaan OTP. Silahkan ulangi beberapa saat lagi.
Mohon tunggu 2:00 detik untuk kirim ulang.
Belum menerima kode verifikasi?
Kirim ulang

Jelajahi Layanan SEVA

Mobil Baru

Pilih mobil impian kamu dari berbagai merek dengan jaminan kualitas Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Mobil Bekas

Beli mobil bekas berkualitas dengan pembiayaan dari Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Fasilitas Dana

Solusi untuk kebutuhan dana langsung cair dengan jaminan BPKB mobil

Pelajari Lebih Lanjut

Layanan Surat Kendaraan

Urus surat kendaraanmu dengan mudah dan nyaman

Pelajari Lebih Lanjut

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.