Search Cars

Tips & Rekomendasi

Rekomendasi Mobil Irit BBM dan Membuat Pengeluaran Lebih Hemat

Mobil irit BBM memiliki keunggulan, yaitu bisa membuat pengeluaran lebih hemat. Apa saja rekomendasi yang bisa dipilih?

mobil irit BBM

Mobil irit BBM jadi bahan pertimbangan sebelum memilih mobil idaman, selain mungkin tampilan yang memikat. Tidak hanya itu saja, mesin yang mumpuni juga perlu diperhatikan sebelum melakukan pembelian. 

Akan tetapi memang, mobil irit bensin ini bisa menjadi kelebihan tersendiri terutama ketika memang ingin berhemat. Pasalnya, kamu tidak harus terlalu sering bolak-balik ke SPBU untuk sekadar isi bensin

Menurut penelitian, sebuah pengeluaran untuk BBM mobil mencapai 18 hingga 25% dari total pengeluaran biaya mobil. Untuk itu, penting mengantisipasi hal di atas dengan menemukan mobil yang irit bensin agar tidak mengganggu kondisi keuangan. 

Rekomendasi mobil irit BBM

Buat yang ingin mengetahui rekomendasi mobil irit BBM, tentunya bisa memilih sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Apa saja itu?

Toyota All New Kijang Innova Zenix

innova zenix

Mobil irit bensin pertama adalah Toyota All New Kijang Innova Zenix. Kehadiran mesin hybrid pada mobil ini menjadi salah satu faktor konsumsi BBM menjadi irit.

Baca juga: Mewah Berkelas, Ini deretan Mobil Lexus yang Mengaspal di Indonesia

Sebagai perbandingan, pada Toyota Innova dengan mesin diesel bisa mencapai 14 kilometer per liternya. Sedangkan dengan penggunaan mesin baru, bisa mencapai 15 kilometer dan 21 kilometer untuk mesin hybrid

Mesin hybrid Innova terbaru ini berkode M20A-FXS generasi kelima yang digunakan pada Toyota Prius terbaru. Mesin hybrid ini menghasilkan tenaga 149 daya kuda pada 6.000 RPM dan torsi 19,1 Kgm pada 4.400-5.200 RPM.

Mobil irit BBM Toyota Corolla Altis

toyota corolla altis

Pada kelas sedan, Toyota All New Corolla Altis Hybrid masuk dalam mobil irit BBM berikutnya nih. Menggendong mesin hybrid 1.800cc, 4 silinder, 16 katup DOHC, VVT-i berkode 2ZR-FXE menghasilkan tenaga 93 daya kuda dengan torsi 14,4 Kgm.

Baca juga: Pajak Progresif Akan Dihapuskan, Apa Alasannya?

Konsumsi BBM tercatat rata-rata 1 liter untuk jarak 18 sampai 20 kilometer perjalanan. Dukungan platform TNGA (Toyota New Global Architecture) membuat mobil ini berperforma Irit bensin namun tetap bertenaga. 

Fitur keamanan tingkat tinggi TSS telah tersemat, seperti PCS, LDA, AHB sampai Adaptive Cruise Control (ACC). Ditambah dengan Rear Cross Traffic Alert (RCTA), Blind Spot Monitor (BSM), dan Dynamic Radar Cruise Control (DRCC). 

Toyota All New Avanza

mobil MPV murah

Mobil MPV Seribu Umat Toyota All New Avanza dengan transmisi otomatis juga layak dijadikan pilihan mobil irit BBM. Dibekali mesin 1.500cc, 4 silinder, 16 katup DOHC, Dual VVT-i catatan konsumsi bensinnya di dalam kota adalah 1 liter per 15,4 kilometer.

Baca juga: Berapa Sih Isi Bensin Full Tank Mobil Toyota dan Daihatsu?

Saat dikendarai di jalan bebas hambatan dengan rute tol luar kota, catatan konsumsi bensinnya menjadi 1 liter per 18 kilometer. Cukup irit untuk mobil bertransmisi CVT yang bisa hasilkan tenaga maksimal 106 daya kuda pada 6.000 RPM. 

Daihatsu All New Xenia

kaum rebahan

Kembaran Toyota All New Avanza, yaitu Daihatsu All New Xenia juga punya catatan konsumsi BBM yang mirip saudaranya. 

Mobil Daihatsu All New Xenia 1.5 CVT, konsumsi BBM yang dihasilkan 1 liter per 29,9 kilometer saat gas dipijak stabil pada kecepatan 60 kilometer per jam. Saat kecepatan dinaikan menjadi 100 kilometer per jam konsumsi BBM menjadi 17,7 kilometer per liter. 

Toyota All New Corolla Cross Hybrid

toyota corolla cross

Daftar mobil dengan konsumsi BBM yang terbilang irit berikutnya adalah Toyota All New Corolla Cross Hybrid. Mesin hybrid Corolla Cross sanggup menghasilkan tenaga maksimum sebesar 96 daya kuda dan torsi puncak 14,5 Kgm. 

Baca juga: Pasang Charger Mobil Listrik di Rumah, Berapa Biayanya?

SUV (Sport Utility Vehicle) ini menghabiskan 1 liter BBM untuk jarak 20 kilometer. Iritnya konsumsi BBM mobil ini berkat dukungan motor listrik yang menyuplai tenaga maksimum sebesar 72 daya kuda dan torsi sebesar 16,6 Kgm. 

Manuver di tanjakan dan jalanan curam luar kota bisa dilalap dengan mudah berkat adanya fitur Vehicle Stability Control (VSC) dan Hill-Start Assist (HSA).  

Beli mobil irit BBM di SEVA

aplikasi seva

Jika ingin membeli mobil-mobil di atas, bisa langsung cek aja di SEVA ya. Jangan lupa juga menggunakan berbagai fitur unggulan yang bisa dipakai. 

Baca juga: Korlantas Gelar Operasi Patuh 2023, Kapan Mulai Diberlakukan?

Mulai dari fitur Car Discovery Platform yang bisa memberikan rekomendasi mobil sesuai budget dan tentunya sesuai dengan DP dan tenor yang diinginkan. 

Kemudian ada juga fitur Loan Calculator dapat memberikan informasi perhitungan biaya pembelian mobil baru secara detail mulai dari masa tenor, besaran DP, serta cicilan per bulannya.
Tentunya ada juga fitur Instant Approval dimana kamu dapat membeli mobil baru dengan persetujuan pengajuan kredit yang lebih cepat dan prosesnya jelas. Beli mobil baru, ya di SEVA yang  #JelasDariAwal.

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.