Search Cars

Berita Utama Otomotif

Lexus LM Jadi MPV Mewah Terlaris Sepanjang 2022, Apa Istimewanya?

Lexus LM hadir di kelas MPV premium yang memiliiki sejumlah perbedaan dibandingkan mobil sejenis. Apa saja keistimewaannya?

Lexus LM

Lexus LM menjadi mobil mewah kelas MPV (Multi Purpose Vehicle) paling laris sepanjang tahun 2022 lalu. Menurut data GAIKINDO (Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia) unit Lexus LM terjual sebanyak 315 unit tahun lalu. 

Di Indonesia, Lexus LM yang hadir dengan Lexus LM 350 sering dianggap sebagai kembaran Toyota Alphard karena dibangun dari basis yang sama. Panjangnya 5.040 milimeter, lebar 1.850 milimeter, tinggi 1.895 milimeter. 

Meski memiiki dimensi yang sama, tapi jangan salah karena kedua mobil mewah ini jelas berbeda. Apa yang membuat mobil ini tampil berbeda dan menjadi mobil mewah MPV terlaris tahun 2022?

Pilihan kapasitas penumpang

lexus lm

Perbedaan utama terlihat dari sisi kapasitas penumpang. Lexus LM 350 menyediakan pilihan 4 penumpang dan 7 penumpang. Ini membedakan kelas Lexus LM 350 yang hadir sebagai kendaraan bisnis premium. 

Baca juga: Mobil Keluarga Terjangkau Rp 250 Jutaan, Dapat Apa Saja?

Sementara Toyota Alphard hanya hadir dalam versi 7 penumpang yang memposisikan sebagai mobil MPV keluarga. Pada sektor mesin, keduanya memiliki pilihan mesin 2.500 cc dan 3.500 cc.

Lexus LM 350 dibekali mesin V6 berkapasitas 3.500 cc, transmisi otomatis Direct Shift 8-AT yang dapat menghasilkan tenaga 297 daya kuda dan kecepatan maksimal 180 kilometer per jam. Akselerasi 0-100 kilometer per jam dapat dicapai dalam tempo 8,3 detik.     

Desain Lexus LM yang berkelas

lexus lm

Keistimewaan Lexus LM 350 lainnya ada pada sisi desain interior. Misalnya kehadiran double layer anti-noise glass di bagian kaca depan, samping, dan belakang. Juga adanya  kaca pemisah antara kabin pengemudi dengan penumpang di baris kedua. 

Baca juga: Kenapa Parkir Mobil di Tempat Umum Harus Menghadap Jalan?

Adanya kaca pembatas tersebut diklaim mampu meredam kebisingan di kabin penumpang dan memberi privasi serta kenyamanan saat menyelesaikan beragam pekerjaan secara mobile. Inilah salah satu keistimewaan yang tidak dimiliki oleh Toyota Alphard. 

Pada model 4 penumpang tersedia layar TV 26 inci yang bisa menampilkan segala hiburan berkaitan dengan video atau presentasi bisnis. Untuk menambah kenyamanan tersedia kulkas kecil bermuatan 14 liter yang mampu menampung dua botol minuman ukuran besar.

lexus lm

Sedangkan pada model 7 penumpang, layar hiburan yang tersedia berukuran 13,3 inci dengan dukungan Mark Levinson Premium Surround Sound Audio System.

Baca juga: Moge Masuk Tol, Kenapa Dilarang dan Bagaimana Aturannya?

Model jok penumpang ottoman berformat individual memberi kenyamanan. Selain bidangnya lebar dan posisi ergonomis ideal, pengaturannya pun banyak termasuk penahan paha yang bisa disesuaikan dengan keperluan penumpang.

Tak hanya itu, selain menjadi kursi pijat, jok ini juga menyediakan cooler dan heater yang udaranya berhembus dari kisi-kisi di balik lapisan kulit. Busa joknya berteknologi AdaptiPedic yang membuat distribusi tumpuan beban lebih merata bagi badan.

Selain kenyamanan di dalam kabin, pada sisi desain eksterior kehadiran mobil ini tampil berbeda dari Toyota Alphard. Melirik bagian depan, adanya grill mobil yang besar yaitu Spindle Grill membedakan kedua mobil tersebut. Gril besarnya terinspirasi Lexus LX 500.

Baca juga: Cara Menghitung THR Sesuai dengan Masa Kerja Karyawan

Pada sektor kaki-kaki, Lexus LM menggunakan teknologi terbaru yaitu Swing Valve Shock Absorbers yang memastikan kekuatan redaman mobil mewah ini semakin maksimal. Teknologi ini menggunakan dua katup hidrolik sebagai penambahan pada shock absorber

Perbedaan harga Lexus LM

lexus lm

Sesuai namanya LM yang berupa akronim Luxury Mover, mobil ini menawarkan kenyamanan premium ketimbang Toyota Alphard dan deretan MPV lainnya. Dengan semua keistimewaan di atas tidak heran jika harga Lexus LM pun cukup tinggi.

Harga Lexus LM kapasitas 4 penumpang dijual Rp3,06 miliar dan kapasitas 7 penumpang seharga Rp2,42 miliar. Bandingkan dengan harga Toyota New Alphard 3.5 Q AT seharga Rp1,62 miliar.   

Berapa pajak mobil mewah Lexus LM 350? Sebagai ilustrasi untuk mobil Lexus LM 350 kapasitas 4 penumpang tahun rakitan 2020, jumlah pajak mobil mewah per tahun yang harus dibayarkan sejumlah Rp26,3 juta.

Baca juga: Rekomendasi Mobil Toyota dengan Fitur Toyota Safety Sense

Komponen pajak mobil mewah tersebut sudah termasuk biaya SWDKLLJ sebesar Rp143 ribu dan PKB sebesar Rp26.160.750. 

toyota vellfire

Melihat cukup mahalnya harga dan pajak tahunan kendaraan tersebut, pilihan mobil MPV premium lain yang bisa kamu pilih adalah Toyota Vellfire dan Toyota Alphard. Sebagai informasi, kedua mobil ini juga menjadi mobil MPV yang cukup laris terjual tahun 2022.

Sebagai contoh dalam data GAIKINDO bulan Januari-Desember 2022, mobil Toyota Vellfire terjual ke konsumen sebanyak 322 unit. Sedangkan Toyota Alphard terjual sepanjang tahun lalu sebanyak 4.928 unit. 

Baca juga: Tips Agar Pengajuan Kredit Mobil Cepat Disetujui

Selain Lexus LM, Toyota Alphard dan Toyota Vellfire, kelas MPV premium di Indonesia juga diisi oleh Mercedez-Benz V-Class. Mobil ini terjual kepada konsumen sebanyak 60 unit di tahun 2022.

Buat kamu yang tertarik memiliki MPV premium seperti Toyota Alphard dan Toyota Vellfire, langsung cek spesifikasi dan cicilannya di SEVA. Tersedia fitur Loan Calculator yang akan menghitung cicilan sesuai kemampuan.

Gunakan juga fitur Instant Approval yang memberi persetujuan kredit mobil paling cepat hanya dalam hitungan menit. Tunggu apalagi? Wujudkan mobil impianmu dengan proses yang #JelasDariAwal hanya di SEVA.

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.