Search Cars

Tips & Rekomendasi

Kaki-kaki Mobil Bunyi Saat Lewat Jalan Rusak, Apa Penyebabnya?

Was-was nggak sih ketika kaki mobil bunyi saat melewati jalan berlubang atau rusak? Coba cek, siapa tahu ini penyebabnya.

kaki mobil bunyi

Kaki mobil bunyi saat melalui jalan yang tak rata atau jalan rusak merupakan pertanda adanya komponen bermasalah dan atau gangguan pada mesin. 

Bunyi yang dimaksud adalah bunyi seperti suara ‘klutuk-klutuk’ atau ‘gluduk-gluduk’, baik itu yang berasal dari ban depan atau ban belakang. 

Agar lebih jelas, pahami dahulu apa sebenarnya kaki-kaki mobil? Bagian ini adalah komponen pada mobil yang letaknya di bawah dan bertugas menopang beban mobil. Fungsi ini juga yang membuatnya rentan rusak. 

Komponen kaki-kaki mobil

kaki-kaki mobil

Pada kaki-kaki mobil terdapat beberapa komponen penting. Yuk kenali apa saja itu:

Baca juga: BMW Indonesia Menjadi Sustainable Mobility Partner KTT ASEAN 2023

  1. Suspensi/shockbreaker 
  2. Tie rod: Penghubung antara stir mobil dengan bagian roda. Bagian tie rod ini juga menjadi kesatuan dengan komponen lainnya seperti rack end dan rack steer. Rack steer ini komponen yang menghubungkan kaki-kaki mobil dengan bagian kemudi. Di peran rack steer ini begitu besar terutama pada mobil yang memiliki power steering.
  3. Ball joint: Pengikat atau penghubung antara roda dengan rangka mobil atau lower arm
  4. Bushing: Peredam getaran di bagian komponen kaki-kaki mobil lainnya dan terdiri dari bushing stabilizer dan swing arm
  5. Bearing: Bantalan roda mobil. 
  6. Roda dan ban

Penyebab kaki-kaki mobil bunyi

fungsi ball joint

Lalu, apa yang menjadi penyebab komponen kaki mobil mengeluarkan bunyi? Serta cara mencegah dan mengatasinya? 

Berikut ini penjelasan mengenai penyebab dan cara menangani kaki mobil bunyi bila melalui jalan rusak. 

Long tie rod aus

Long tie rod itu sekumpulan komponen yang terdiri dari tie rod, ball joint, dan rack end. Ketiga komponen ini bersinergi supaya gerak kaki-kaki mobil dapat selaras dengan gerakan setir. Nah, bila ada salah satu komponen bermasalah seperti aus atau longgar, bisa menyebabkan kaki mobil bunyi dan setir menjadi berat. 

Baca juga: Menjaga Keamanan Berkendara dengan Daihatsu Rocky: Fitur Canggih Menjadi Andalan

Biasanya long tie rod aus disebabkan cara mengemudi yang kurang tepat ketika melewati jalan rusak, seperti mengebut. Karena beban mobil bisa menjadi lebih berat dan menyebabkan komponen bermasalah di dalamnya dengan saling bertabrakan lalu aus. 

Jadi, usahakan untuk melaju pelan di jalan yang rusak, guna menghindari kaki-kaki rusak atau kaki mobil bunyi. 

Kaki mobil bunyi karena menipisnya karet bushing arm

Karet bushing arm atau bushing swing arm adalah komponen yang fungsinya menahan getaran dari ban dan mesin mobil. Bentuknya itu mirip botol dengan pipa besi yang ada lapisan karet di dalamnya. 

Baca juga: Mobil Jarang Dipakai, Apakah Bisa Merusak Komponen yang Ada di Dalamnya?

Biasanya terdapat 8 buah bushing arm pada tiap mobil, masing-masing empat di depan dan belakang. Jika karet peredam ini menipis atau bahkan ada yang lapisan karetnya hilang, bisa berdampak pada kaki mobil bunyi. Sebaiknya langsung mengganti dengan yang baru. 

Longgarnya bushing stabilizer timbulkan bunyi pada kaki-kaki

kaki-kaki mobil

Penyebab lain kaki mobil bunyi adalah longgarnya bushing stabilizer. Fungsi dari komponen ini adalah menahan getaran pada link stabilizer (dengan isolator berupa karet) agar tidak merambat ke chasis mobil. 

Cara mengatasinya sederhana, kamu bisa mengencangkannya dengan memasang baut pengikat. Jika masih terdengar bunyi, segera periksa ke bengkel resmi. 

Shockbreaker kaki-kaki mobil mati atau aus

jenis shockbreaker mobil

Ketika kaki mobil mati, itu bisa jadi karena ada kerusakan pada shockbreaker. Untuk memastikannya coba quick check dengan merasakan ayunan shockbreaker (ketika berjalan di jalan rusak atau medan yang tidak rata). 

Karet support shockbreaker rusak

shockbreaker mobil bocor

Support shockbreaker atau karet peredam pada shockbreaker ini fungsinya adalah meredam getaran yang dihasilkan ban supaya tidak merambat ke bodi mobil

Sebagai solusi kaki mobil bunyi, coba ganti karet peredam ini atau setel ulang baut pengikat di antara karet shockbreaker.

Baca juga: Suspensi Mobil Keras, Apa Keuntungan dan Kerugiannya?

Kalau kamu saat ini juga mengalami kaki mobil bunyi, yuk segera bawa ke bengkel resmi terdekat untuk mencari tahu lebih jelas pokok permasalahannya. Ingat, jangan meremehkan kondisi tersebut.

Jika dibiarkan bukan tidak mungkin kerusakan bertambah parah dan menimbulkan risiko kecelakaan saat berkendara di jalan. Rawat mobil secara berkala agar kondisinya selalu prima.

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Jelajahi Layanan SEVA

Mobil Baru

Pilih mobil impian kamu dari berbagai merek dengan jaminan kualitas Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Mobil Bekas

Beli mobil bekas berkualitas dengan pembiayaan dari Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Fasilitas Dana

Solusi untuk kebutuhan dana langsung cair dengan jaminan BPKB mobil

Pelajari Lebih Lanjut

Layanan Surat Kendaraan

Urus surat kendaraanmu dengan mudah dan nyaman

Pelajari Lebih Lanjut

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.