Search Cars

Berita Utama Otomotif

Setir Mobil Lari Ke Kiri atau Kanan, Apa yang Menjadi Penyebabnya?

Setir mobil lari bisa menyebabkan sensasi berkendara menjadi kurang nyaman dan sulit dikendalikan. Lantas, apa saja penyebabnya?

setir mobil lari

Setir mobil lari, baik itu ke kiri atau kanan bisa membuat tidak stabil ketika berkendara dan bisa membahayakan. Tidak hanya itu saja, setir mobil limbung ini juga pada akhirnya akan berpengaruh pada kenyamanan dan tentunya pada keselamatan.

Tentunya hal ini akan sangat berbahaya karena cukup banyak kasus kecelakaan terjadi karena setir goyang. Namun untungnya, dampak merugikan yang ditimbulkan dari setir goyang ini ternyata bisa dihindari. 

Penyebab setir mobil lari 

Ternyata penyebab setir mobil lari bisa terjadi karena beberapa permasalahan. Apa saja penyebabnya? 

Tekanan angin ban mobil berbeda

cek tekanan ban mobil

Salah satu penyebab setir mobil lari adalah tekanan angin ban yang berbeda di bagian kanan dan kiri. Hal ini bisa membuat mobil limbung ke kiri ataupun ke kanan karena pada ban yang mengalami kurang tekanan angin akan lebih miring ke permukaan jalan. 

Baca juga: Tips Memilih Ban Mobil Terbaik untuk Perjalanan Jauh dan Mudik

Ketika tekanan ban mobil berbeda, tentunya setir mobil juga akan cenderung lari ke arah yang kekurangan tekanan angin. Jika pada bagian depan ban mobil kurang angin, biasanya tarikan setir akan terasa lebih kuat. 

Kerusakan pada bagian understeel mobil

setir mobil lari

Penyebab lain mobil limbung ke kiri ataupun kanan adalah karena adanya kerusakan pada understeel (kaki-kaki roda ban mobil). Kerusakan bisa terjadi karena keausan atau timbulnya karat pada bagian kaki-kaki roda ban mobil. 

Kerusakan-kerusakan inilah yang menyebabkan mobil limbung dan membuat kemudi menjadi tidak stabil. Dengan begitu, pengemudi jadi kesulitan untuk mengendalikan kendaraan ketika berada di jalanan. 

Sudut roda tidak beraturan

Setir goyang pada mobil juga bisa terjadi karena sudut roda depan yang sudah mulai tidak lurus atau tidak beraturan. Hal ini biasanya terjadi karena sudut toe terlalu lebar, camber terlalu miring, atau sudut caster yang berbeda antara kiri dan kanan.

Understeel mobil tidak layak digunakan

servis mobil

Bagi pemilik mobil, sebaiknya juga harus selalu melakukan perawatan dan servis secara rutin setiap bulan. Hal ini berguna untuk mengetahui apakah ada masalah yang terjadi pada berbagai komponen mobil, salah satunya adalah komponen understeel mobil. 

Baca juga: Kunci Mobil Hilang? Ini Syarat dan Cara Duplikat Kunci agar Aman

Komponen understeel yang sudah dipakai terlalu lama, sebaiknya sudah harus dilakukan penggantian. Jika tidak diganti, maka bisa menjadi penyebab setir mobil lari ke kiri ataupun ke kanan. 

Cara mengatasi setir mobil lari 

Masalah setir goyang ini sebaiknya harus segera ditangani agar tidak menyebabkan masalah. Bagaimana cara mengatasinya?

Melakukan spooring dan balancing

spooring balancing

Cara pertama yang bisa dilakukan untuk mengatasi setir goyang adalah dengan spooring dan balancing. Tidak hanya pada kemudi itu sendiri, spooring dan balancing ini juga harus dilakukan pada ban mobil itu sendiri. 

Baca juga: 16 Jalan Tol Baru yang Bakal Dibuka Jelang Lebaran 2023

Spooring adalah cara yang biasa dilakukan untuk membuat roda depan dan belakang menjadi simetris. Sedangkan balancing adalah cara untuk memastikan apakah ban mobil berada pada titik sumbunya atau tidak.

Mengganti understeel roda ban mobil

penggerak roda depan

Jika understeel mobil sudah digunakan dalam waktu yang cukup lama atau mengalami kerusakan, segera ganti. Jangan sampai menunggu understeel mobil yang sudah rusak tersebut dibiarkan begitu saja karena bisa sangat berbahaya. 

Untuk melakukan penggantian ini, pastikan membawanya ke bengkel resmi dan terpercaya. Dengan begitu, komponen understeel yang diganti ini bisa lebih awet dan tidak cepat rusak.

Baca juga: Berapa Jarak Ideal Pengereman Mobil Agar Terhindar dari Kecelakaan 

Secara umum, penyebab setir mobil lari ke kiri dan kanan ini memang cukup beragam. Untuk itu, setiap pemilik mobil harus selalu waspada ketika berkendara dan jika merasa ada masalah pada bagian kemudi langsung dicek ke bengkel terdekat ya.

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Jelajahi Layanan SEVA

Mobil Baru

Pilih mobil impian kamu dari berbagai merek dengan jaminan kualitas Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Mobil Bekas

Beli mobil bekas berkualitas dengan pembiayaan dari Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Fasilitas Dana

Solusi untuk kebutuhan dana langsung cair dengan jaminan BPKB mobil

Pelajari Lebih Lanjut

Layanan Surat Kendaraan

Urus surat kendaraanmu dengan mudah dan nyaman

Pelajari Lebih Lanjut

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.