Search Cars

Baru

Jokowi Beberkan 3 Bonus Bagi PNS yang Mau Pindah IKN Nusantara

Ada bonus rumah dinas, biaya perjalanan dan tunjangan lain bagi PNS yang mau dipindahkan ke IKN Nusantara. Apalagi selain itu?

gaji PNS dan bonus

Akan ada bonus khusus bagi para Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang mau dipindah tugaskan ke Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kalimantan Timur. Bonus atau insentif ini akan diberikan langsung oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi). Berupa apakah insentif tersebut? 

Jadi rencananya, IKN Nusantara akan mulai digunakan tahun depan. Dan tentunya akan ratusan hingga ribuan PNS, salah satunya yang bertugas di Jakarta, yang bakal dimutasi ke sana. 

Entah siapa yang mengatakannya, Jokowi mendapat kabar bahwa ternyata banyak PNS yang tak senang jika harus dipindahkan untuk bertugas ke Kalimantan Timur. 

Bonus menanti PNS di IKN

CPNS 2023

“Mengenai IKN, berkaitan perpindahan, artinya bapak ibu sekalian, saya dengar ada yang senang ada yang nggak senang,” kata Jokowi dalam sambutannya di Rapat Koordinasi Kepegawaian Nasional (Rakornas) Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) di Jakarta yang disiarkan virtual, Selasa (3/10).

Baca juga: Jumlah Kendaraan di Indonesia Tembus 152 Juta, Pulau Mana yang Paling Banyak?

Seharusnya, kata Jokowi, sebagai PNS tak perlu khawatir jika diminta untuk pindah ke IKN Nusantara di Kalimantan Timur. Mengapa? Karena pemerintah sudah menyiapkan sederet insentif bagi PNS yang bakal pindah lebih dulu dan tinggal di sana.

Salah satu tujuan bonus tersebut disediakan memang agar para PNS ‘tergiur’ untuk pindah.

“Memulainya di sana perlu namanya ASN pindah, ini masa depan baru. Dan sudah disiapkan insentif. Kalau nggak ada ini, alot pasti,” kata Jokowi.

Baca juga: Jalan Tol Cisumdawu Diresmikan Jokowi, Ini Tarif dan Rutenya

“Memang ini butuh jiwa pionir. Dulu ditempatkan di luar Jawa juga biasa saja, kan? Sekarang kok agak rumit kelihatannya,” tambah Jokowi.

Akhirnya Jokowi membeberkan bonus apa saja yang akan diterima PNS yang mau dipindahkan ke Kalimantan Timur. Pertama-tama adalah bonus rumah dinas, baik dalam bentuk tapak atau apartemen. 

Yang kedua, biaya pindah ke IKN nanti juga akan disiapkan. Bahkan biaya kepindahan untuk pasangan dan anak si pegawai juga akan ditanggung pemerintah. 

Baca juga: Banyak yang Gagal Ujian SIM, Korlantas Bakal Terbitkan Buku Panduan

Dan yang terakhir adalah tunjangan kemahalan juga fasilitas khusus lainnya.

Pemerataan pembangunan dan penduduk

indonesia resesi

Presiden berharap, dengan adanya bonus ini bisa mendorong para abdi negara pindah ke IKN Nusantara. Menurutnya, pindah tugas bagi PNS maupun ASN (Aparatur Sipil Negara) adalah hal yang biasa. 

Lagipula, tambah Jokowi, IKN Nusantara dibangun dengan tujuan mulia. Menurutnya, Indonesia saat ini memiliki 17 ribu pulau. Tapi sayang, meski banyak, hanya satu saja yang banyak dihuni masyarakat, yaitu Jawa. 

Baca juga: 8 Denda Pelanggaran Lalu Lintas di Atas Rp 500 Ribu, Catat dan Jangan Dilanggar

Dan berdasarkan data, saat ini jumlah penduduk yang menempati Jawa mencapai 56 persen dari total 278 juta penduduk Indonesia. Itu artinya,150 juta penduduk Indonesia ada di Jawa.

“Sehingga daya dukung Pulau Jawa sudah tidak kuat. 150-an juta jiwa hidup di Jawa, PDB ekonomi 58 persen itu ada di Jawa,” terang Jokowi.

Jokowi menjabarkan, daya dukung Pulau Jawa dan DKI Jakarta kian waktu kian berat. Hal itu mengacu pada status Jakarta sebagai pusat ekonomi, bisnis, pendidikan, hingga pariwisata di Pulau Jawa.

Baca juga: Arti Indikator ECO yang Sering Ada di Mobil Zaman Now

Melihat kenyataan ini Jokowi miris. Pasalnya, komposisi jumlah penduduk yang terpusat di Jawa justru membuat ekonomi pembangunan hanya menumpuk di pulau tersebut, terutama di Jakarta. Oleh karena itulah, di masa jabatannya ini Jokowi berupaya memindahkan ibu kota negara ke IKN Nusantara. 

IKN

Jokowi menyatakan misi untuk mengangkut ASN dari sejumlah daerah, utamanya yang ada di Pulau Jawa ke IKN Nusantara sebagai langkah mendesak untuk mewujudkan pemerataan ekonomi nasional. Dia menyebut laju pertumbuhan ekonomi dan perputaran uang di Indonesia saat ini terkonsentrasi di Pulau Jawa.

“Tapi saya tidak tahu, kenapa rumit begitu kelihatannya. Tapi kalau sudah ditunjuk, Bapak pindah, Ibu pindah. Semoga semua selesai,” perintah Jokowi. 

Baca juga: Kurangi Polusi Udara, Pemprov DKI Jakarta Diimbau Gunakan Kendaraan Dinas Listrik

Bagi PNS yang ditugaskan ke Kalimantan, segera ambil kesempatan dan bonus ini deh. Gak rugi kan?

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.