jumlah kendaraan di indonesia

Jumlah Kendaraan di Indonesia Tembus 152 Juta, Pulau Mana yang Paling Banyak?

jumlah kendaraan di indonesia

Saat ini jumlah kendaraan di Indonesia mengalami peningkatan yang cukup pesat. Bahkan pada Januari 2023 tercatat sudah ada 152.565.905 unit kendaraan atau bisa dibilang sudah lebih dari setengah populasi penduduk Indonesia saat ini. 

Jumlah tersebut bersumber dari Korlantas Polri berdasarkan jumlah kendaraan bermotor yang melakukan registrasi sampai tanggal 3 Januari 2023. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) di periode yang sama jumlah penduduk di Indonesia saat ini terdapat 276 juta jiwa. 

Baca juga: Step by Step Cara Beli Mobil Online

Penjualan kendaraan bermotor itu terlihat eksponensial jika dibandingkan dengan data yang sama pada tahun 2020 lalu. Pada tahun 2020 tercatat ada 136.137.451 unit atau pertumbuhannya mencapai 16 juta unit dalam 2 tahun. 

Rincian jumlah kendaraan di Indonesia

tarif tol trans jawa

Jumlah penjualan kendaraan bermotor di Indonesia tersebar di berbagai daerah, di pulau mana yang paling banyak?

Pulau Jawa menjadi yang paling banyak

Berdasarkan data yang dilansir oleh Korlantas Polri dari jumlah angka kendaraan bermotor di Indonesia saat ini, Pulau Jawa menjadi yang terbanyak dengan angka 91.085.251 unit. 

Posisi kedua ada Pulau Sumatera yang memiliki data registrasi kendaraan sebanyak 31.453.504 unit. Selanjutnya adalah data data kendaraan bermotor di Pulau Kalimantan yang berjumlah 10.998.291 unit. 

Baca juga: Cara Gadai BPKB Mobil Baru dan Bekas Online, Prosesnya Cepat!

Kemudian untuk data kendaraan bermotor di Pulau Sulawesi berjumlah 9.252.464 unit. Selanjutnya untuk Pulau Bali berjumlah 4.714.807 unit dan Nusa Tenggara sebanyak 3.087.927 unit.

Sementara untuk Pulau Papua terdata jumlah kendaraannya sebanyak 1.283.351 unit dan terakhir ada Pulau Maluku serta Maluku Utara yang memiliki jumlah kendaraan per Januari 2023 sebesar 690.310 unit.

Sepeda motor masih yang terbanyak

jumlah kendaraan di indonesia

Dari jumlah penduduk di Indonesia saat ini, sepeda motor menjadi jenis kendaraan yang paling banyak digunakan. Berdasarkan data Korlantas Polri tersebut, sepeda motor digunakan yang digunakan sebanyak 127.082.370 unit. 

Baca juga: Banyak yang Gagal Ujian SIM, Korlantas Bakal Terbitkan Buku Panduan

Jumlah tersebut berbanding terbalik dengan jumlah mobil penumpang sebesar 19.278.023 unit.Kemudian untuk mobil barang memiliki jumlah yang teregistrasi pada sistem Polri sebanyak 5.759.709 unit. 

Lalu untuk jumlah kendaraan bus sebanyak 212.742 unit dan yang terakhir untuk jumlah kendaraan khusus berjumlah 84.385 unit. 

Destinasi wisata di Indonesia

wisata yogyakarta

Terdapat alasan mengapa Pulau Jawa menjadi salah satu daerah dengan penjualan kendaraan bermotor terbanyak di Indonesia. Selain memang padat penduduk, banyak destinasi wisata juga menjadi salah satu alasannya. 

Baca juga: 8 Denda Pelanggaran Lalu Lintas di Atas Rp500 Ribu, Catat dan Jangan Dilanggar

Berbagai destinasi wisata tersebut tidak semuanya memiliki sarana transportasi publik yang memadai sehingga menggunakan mobil pribadi menjadi pilihan. 

Dengan jumlah penduduk di Indonesia yang sangat banyak tersebut Pulau Sumatera, Pulau Kalimantan, dan Pulau Sulawesi juga sering menjadi tempat yang dituju bagi masyarakat yang ingin berlibur.  

wisata bali

Pulau Sumatera, Pulau Kalimantan, dan Pulau Sulawesi sendiri menjadi daerah yang banyak memiliki tempat wisata. Meskipun memang masih kalah populer dengan berbagai destinasi wisata yang ada di Pulau Jawa. 

Baca juga: Arti Indikator ECO yang Sering Ada di Mobil Zaman Now

Buat kamu yang tertarik membeli mobil, yuk cek langsung di SEVA yang bisa membantu beli mobil impianmu. Jangan lupa juga untuk menggunakan fitur-fitur unggulan yang terdapat di dalamnya. 

Mulai dari Loan Calculator yang bisa membantu untuk menghitung DP mobil serta cicilannya sehingga bisa disesuaikan dengan kondisi finansialmu. Serta fitur Instant Approval yang bisa memberikan kepastian dalam pembelian mobilmu.

Untuk itu, pilih SEVA yang memberikan kenyamanan pada saat membeli mobil baru. Tunggu apalagi, pilih yang #JelasDariAwal hanya di SEVA

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *