Search Cars

Travel & Lifestyle

Harga Sapi Termahal, Bisa Dapet Mobil Apa Saja Sih?

Harga sapi memang tergolong cukup mahal. Jika disetarakan dengan sebuah mobil, kira-kira bisa disamakan dengan mobil apa saja ya?

harga sapi

Harga sapi setiap hari raya Idul Adha memang bisa menyentuh angka fantastis. Hal ini karena sapi dijadikan sebagai salah satu hewan kurban, sehingga permintaannya pun akan meningkat pada masa-masa ini. 

Idul Adha 2022

Untuk hari raya Idul Adha 2022 yang jatuh pada 10 Dzulhijjah 1443 Hijriah ini memang terdapat perbedaan. Pemerintah menetapkan Idul Adha 2022 hari Minggu atau 10 Juli 2022, lalu Muhammadiyah merayakannya pada Sabtu atau 9 Juli 2022.

Alasan yang menyebabkan terjadinya perbedaan menentukan waktu Idul Adha adalah kriteria yang digunakan untuk menentukan bulan baru. Saat ini ada 2 kriteria utama dalam menentukan awal bulan baru di Indonesia yakni kriteria Baru MABIMS dan kriteria wujudul hilal.

Baca juga: 7 Tips Menabung Beli Mobil Baru Buat First Jobber

Kriteria wujudul hilal digunakan Muhammadiyah berdasarkan pada kondisi bulan yang lebih lambat tenggelamnya dibanding matahari. Sedangkan Kriteria MABIMS digunakan oleh pemerintah, sehingga terjadi perbedaan untuk menentukan bulan baru. 

idul adha 2022

Pemerintah Arab Saudi sendiri menetapkan hari raya Idul Adha atau 10 Dzulhijjah jatuh pada Sabtu, 9 Juli 2022. Ada alasan mengapa terjadi perbedaan waktu antara Indonesia dengan Arab Saudi, yaitu karena alasan hilal yang sudah terlihat atau belum. 

Di Arab Saudi hilal akan lebih cepat terlihat karena letaknya lebih dekat dengan bagian barat bumi, sehingga akan merayakan Idul Adha lebih cepat daripada Indonesia.

Selama Idul Adha, sapi menjadi salah satu hewan kurban yang banyak diminati. Bahkan untuk sapi yang premium, bisa mencapai Rp 100 jutaan. 

Baca juga: Mobil Keluarga Terjangkau Rp 250 Jutaan, Dapat Apa Saja?

Nah, dengan uang ratusan juta tersebut kira-kira jika dibelikan mobil kira-kira merk apa yang bakal didapatkan ya? 

harga sapi jokowi

Harga sapi presiden

Sapi dengan harga tinggi tentu tidak sembarangan dikurbankan. Dalam catatan, biasanya Presiden RI dan kalangan selebritis saja yang mampu menyembelihnya.

Untuk hari raya Idul Adha tahun ini, Presiden Joko Widodo juga membeli sapi kurban untuk disumbangkan ke 37 provinsi di Tanah Air selain membelinya secara pribadi. 

Baca juga: Mau Upgrade? Ini Dia Cara Jual Mobil Lamamu Dengan Cepat

Sapi kurban Presiden untuk keluarganya dibeli dari daerah Bantul, Yogyakarta dengan bobot sekitar 1,1 ton. Kisaran harga sapi berjenis Simental yang diberi nama Selamet itu adalah Rp 100 juta.

Dengan uang sejumlah itu, jika dijadikan pembayaran DP Toyota All New Camry dengan harga OTR Jakarta Rp 682.400.000 tentu bisa banget. Cicilannya bahkan cuma Rp 16 jutaan untuk tenor 5 tahun. Gurih banget kan?

Sementara sapi kurban untuk disumbangkan ke masyarakat, tercatat yang terberat adalah jenis sapi Brangus dari Gorontalo, Sulawesi Utara. Sapi hasil kawin silang jenis Brahman dan Aberdeen Angus memiliki bobot 1,1 ton. 

Baca juga: Mobil Taksi Online, Mending Beli Baru atau Bekas?

Sapi yang dinamai Hercules itu berusia 4 tahun, punya tinggi 1,5 meter dan panjang 2 meter. Harganya ditaksir sekitar Rp 110 juta. 

Dengan uang tersebut, bisa dijadikan DP mobil SUV Hybrid macam Toyota All New C-HR dengan harga OTR Jakarta Rp 582.700.000. Cicilannya gak sampai Rp 15 juta untuk masa 4 tahun. Mobil ramah lingkungan sekaligus ramah di kantong. 

harga sapi wapres

Sapi kurban wapres

Tidak ketinggalan kurban dari Wakil Presiden, KH. Ma’ruf Amin. Pada Idul Adha kali ini menyumbangkan 6 sapi dari jenis Limousine, Brahman dan Simental dengan bobot 800 kg sampai 1 ton.

Baca juga: Cicilan Lunas, Ini Cara Mengambil BPKB Mobil Baru

Dengan harga maksimum sampai Rp 100 juta, sapi-sapi pilihan Wapres dibeli langsung dari peternak lokal dan terjamin bebas dari penyakit sebelum disembelih. 

Uang segitu bisa banget dijadiin DP Toyota All New Corolla Altis yang punya harga OTR Jakarta sekitar Rp 471.900.000. Cicilannya cuma Rp 11 juta selama 5 tahun! 

Sapi artis

Selain Presiden RI, sejumlah artis juga turut menyumbangkan hewan-hewan kurban berbobot besar. Sebut saja Atta Halilintar yang menyumbangkan seekor sapi bernama Megalodon dengan bobot 1,19 ton!

Baca juga: Selisih Dikit, Mending Toyota Corolla Altis atau Toyota Corolla Cross?

Sapi yang disebut sebagai sapi terbesar di Jawa Barat itu diperkirakan seharga Rp 100 jutaan. Jumlah uang tersebut bisa digunakan sebagai DP mobil baru, lho. 

Publik figur lain yang juga disorot saat Idul Adha kali ini adalah Baim Wong. Ia membeli sejumlah sapi dan kambing untuk dikurbankan ke kampung halamannya. Baim membeli sapi berbobot 1,4 ton jenis Simental dari Ujung Berung, Bandung.

Harganya? Kalau dilihat dari jenis dan bobotnya, sapi pilihan Baim bisa menyentuh harga maksimal Rp 120 juta! Dijadiin DP mobil dapet apa? Bisa dong buat DP Daihatsu All New Terios R AT Custom sebagai varian tertinggi loh! Cicilan cuma Rp 6.360.000 sebulan dengan tenor cuma 3 tahun!

Baca juga: Harga Busi Mobil Avanza dan Xenia Mahal, Benarkah?

Selain Baim, ada juga selebgram Ria Ricis yang disorot karena menyiapkan hewan kurban dengan bobot gak kalah fantastis. Ria membeli sapi seberat 1,2 ton dengan jenis PO (Peranakan Ongole) dan satu lagi jenis Limousine juga dengan bobot sama.

Kalau dihitung, harga satu sapinya bisa Rp 120 jutaan, berarti Ria Ricis menghabiskan kurang lebih Rp 240 juta untuk Idul Adha tahun ini. 

Dengan jumlah itu, jika dibayarkan buat DP Toyota New Alphard dengan harga OTR Jakarta Rp 1.150.000.000 bisa banget. Cicilan bulanan cuma Rp 26 juta lebih dikit, bayar selama 5 tahun saja!

Baca juga: Gaya Modifikasi Toyota Innova yang Nyaman Buat Harian

Nah, sudah tahu kan harga-harga sapi bisa setara dengan mobil apa saja? Kalau mau beli mobil, jangan lupa untuk membelinya melalui SEVA ya karena ada berbagai kemudahan yang bisa diberikan. 

Salah satunya adalah fitur unggulan Instant Approval yang bisa membuat pembelian mobil menjadi lebih mudah, aman, dan nyaman karena semuanya bisa dilakukan secara online. 
Jadi, tunggu apalagi karena Anak Kecil Aja Tau kalau mau beli mobil harus pilih yang Jelas dari Awal hanya di SEVA!

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.