Search Cars

Modifikasi

Gaya Modifikasi Toyota Innova yang Nyaman Buat Harian

Mengubah tampilan dengan modifikasi Toyota Innova bisa dilakukan dengan bujet ringan. Hasilnya tetap nyaman buat harian!

modifikasi toyota innova

Mencari ide modifikasi Toyota Innova sebenarnya gak perlu repot! Biar tampil nyaman dan aman tanpa melanggar aturan, modifikasi bisa dilakukan dengan sederhana tapi tetap ciamik.

Untuk memainkan modifikasi yang sederhana, bisa dimulai dari merombak tampilan luar. Biasanya penggunaan stiker, kaca film, body kit, sampai mengganti velg jadi menu utama modifikasi ringan.

Modif ringan ada juga yang merombak ulang bagian interior, seperti mengganti jok mobil, dasbor hingga mengoprek bagian dapur pacu hingga terkesan sleeper.

Baca juga: Rekayasa Lalu Lintas di Bundaran HI, Bagaimana Aturannya?

Istilah sleeper itu menggambarkan mobil yang tampilan luarnya biasa saja, namun saat melihat kemampuan terutama performa dapur pacunya, punya keunggulan tersendiri. 

Ayo langsung deh, kuliti satu persatu modifikasi Toyota Innova yang sederhana dan tetap nyaman dipakai sehari-harinya.

modifikasi toyota innova

Pemasangan stiker

Modifikasi Toyota Innova dengan stiker tentu dapat disesuaikan dengan selera, misal stiker berbentuk tribal, garis-garis horizontal, atau memblok dengan stiker warna tertentu sehingga menimbulkan kesan dual tone.

Baca juga: Sudah Mulai Gak Dingin, Berapa Sih Biaya Service AC Mobil?

Sebagai saran, modifikasi stiker sebaiknya tidak dilakukan berlebihan dengan merombak total tampilan warna mobil, beda cerita dengan mobil kontes atau hanya keluar sesekali.

Selain menyalahi aturan bila digunakan sehari-hari karena warna tidak sesuai dengan dokumen mobil, penggunaan stiker berlebihan juga bisa mengganggu konsentrasi pengguna jalan lainnya.

Pemasangan stiker berupa tulisan juga harus memperhatikan aspek kepantasan. Apalagi stiker berbentuk kalimat provokatif dan bisa berujung hal yang gak enak loh. Ingat kan, mobil Toyota Innova yang memasang stiker pada bagian kaca belakang bertuliskan, “Ampun Pak Polisi, Uang Kami Habis!” dan langsung ditilang. Ngeri!

Baca juga: Aturan beli Pertalite, Apa Saja Mobil yang Masuk di Dalamnya?

Jadi, baiknya pasang stiker yang wajar-wajar saja ya. Sebagai informasi, harga stiker bodi minimalis, bermotif garis atau tulisan berkisar Rp 200.000. Sementara untuk stiker kustomisasi model tribal harganya lebih mahal, bisa berkisar Rp 600.000 per bagian atau per sisi bodi mobil.

Harga tersebut tergantung pada pemilihan bahan stiker, warna, hingga kesulitan pola. Sedangkan untuk menutup salah satu sisi, misal bagian atap untuk menimbulkan kesan dual tone, harganya antara Rp 1-2 juta.

Mengganti velg

Saat ini banyak beredar velg yang berdesain futuristis, misalnya bermotif palang enam dan delapan. Bagi pemilik Innova yang ingin modifikasi ringan, mengganti velg dengan desain seperti ini bisa mengangkat tampilan mobil. 

Baca juga: Modifikasi SUV Pakai Ban Offroad, Jangan Sembarangan Ya!

Namun harap memperhatikan standar saat ingin mengganti velg mobil. Biasanya, ukuran velg yang masuk kriteria aman adalah 2 nomor di atas velg standar. Jadi jika Innova memakai ukuran standar velg 16 inci atau 17 inci, maka ukuran velg modifikasi yang aman adalah 18 inci dan 19 inci.

Tips, jika ingin tampil keren, dapat mencoba untuk mengganti velg Innova lawas dengan velg milik Toyota Rav4 atau Toyota Harrier dengan harga Rp 7 jutaan untuk satu paket atau 4 ban.

Sementara buat yang ingin punya tampilan berbeda, saat ini di pasaran juga tersedia merek velg lokal yang kualitasnya mendunia dengan harga per paket mulai dari Rp 5 jutaan. Pilihannya, kembali lagi ke selera modifikasi Toyota Innova masing-masing ya.

modifikasi toyota innova

Modif off road

Jika ingin tampil garang ala mobil off road alias ALTO (all terrain off road) , Toyota Innova pun bisa disulap seperti itu. PR pertama jelas memikirkan ukuran velg di atas rata-rata juga masalah kaki-kakinya. 

Baca juga: Upgrade Audio Mobil, Berapa Biayanya?

Untuk kesan gagah, modif bisa dilakukan dengan memakai velg 24 inci, yang juga berakibat harus merombak kaki-kaki. Umumnya pengaplikasian yang cenderung mudah menggunakan kaki-kaki dari Toyota Land Cruiser VX200.

Modifikasi Toyota Innova bergaya ALTO ini biasanya mengganti model penggerak roda menjadi 4WD. Bisa pakai gardan depan dan belakang menggunakan milik Hilux 8:41 biar lebih lebih totalitas dan bisa diajak off road tipis-tipis  

Pemilik mobil juga bisa menambahkan bumper guard depan dan belakang, roof rack serta footstep. Dijamin Innova tampil beda dan lebih sangar di jalanan.

Baca juga: Harga Coating Mobil Sesuai Jenis dan Kelebihannya

Biaya modifikasi off road cukup mahal dan jadi kurang nyaman untuk dipakai harian. Berminat? Siapkan budget dari kaki-kaki, per ulir dan suspensi dimulai Rp 9.000.000 sampai Rp 16.000.000.

Lalu ada lagi ban dan velg yang rata-rata seharga Rp 2.500.000 per buah. Untuk kebutuhan lain seperti aksesoris, mulai Rp 1.000.000 ke atas. Bila ditotal sih bisa seharga Toyota Innova bekas, tergantung seberapa ekstrem ubahan yang dilakukan.

modifikasi toyota innova

Pasang body kit

Ide modifikasi Toyota Innova yang ringan juga bisa hadir lewat pemasangan body kit. Komponen ini biasanya terdiri dari bagian bumper depan dan belakang, side skirt, bonnet dan spoiler.

Baca juga: Budget Modifikasi Mobil yang Nyaman Dipakai Harian

Untuk tampil elegan dan mewah maka bisa memakai body kit Innova lawas seri V Luxury secara full. Pemakaian komponen ini di seluruh body bisa menambah kesan elegan namun tetap terlihat modern karena adanya spoiler di belakang. 

Sebagai tips, jika memiliki dana terbatas pilih saja body kit berbahan fiberglass atau plastik. Bahan ini termasuk bahan dengan harga yang terjangkau dan cocok untuk pakai harian. Sementara jika punya dana berlebih, bisa pilih yang terbuat dari karbon.

Bahan karbon punya keunggulan karena kekuatannya. Biasanya tahan benturan dan anti penyok dalam skala benturan menengah. Selain itu, bahan ini meski kokoh namun punya bobot yang ringan. Keren kan?

Baca juga: 5 Cara Merawat Mesin Diesel Agar Selalu Bertenaga dan Awet

Harga body kit di pasar otomotif bervariasi. Merek lokal seperti Saphire asal Surabaya berkisar Rp 6.500.000 sampai Rp 12.000.000 per set. Sedangkan untuk yang ingin tampil murah meriah, body kit dari plastik dijual mulai Rp 900.000 per set.

Ganti jok

Modif ringan berikutnya bisa dengan mengganti jok barisan depan dengan jok mobil model elektrik milik BMW Seri 7 atau Seri 3. Penggantian ini dijamin langsung bikin kabin mobil Innova terasa mewah!

Untuk biaya, termasuk ongkos, maka sepasang jok elektrik tersebut dihargai mulai Rp 10.500.000 hingga maksimal Rp 15.000.000. 

Baca juga: Jenis Bahan Jok Mobil Masa Kini dan Perawatannya

Sementara untuk jok baris kedua, bisa pula diaplikasikan pemasangan jok kustomisasi captain seat yang dilengkapi arm rest. Biayanya terbilang murah, sekitar Rp 6.500.000 termasuk perombakan, pembuatan dan ongkos pasang.

Jika terbentur masalah dana, perombakan jok bisa dengan menambahkan kustomisasi sarung jok. Tentu saja biaya akan lebih murah, kisaran Rp 2.000.000 untuk merek Mbtech. Sedangkan merek Myo harga juga bervariasi mulai Rp 1.500.000. Silahkan pilih mana yang sesuai anggaran dan selera.

modifikasi toyota innova

Rombak mesin

Modifikasi Toyota Innova yang sederhana dan nyaman dipakai harian bisa juga dengan mengubahnya menjadi sleeper. Untuk memperoleh kesan Innova sleeper, maka perombakan dapur pacu menjadi salah satu kuncinya.

Baca juga: Remap ECU Mobil, Apa Manfaat dan Dampaknya?

Merombak dapur pacu bisa dengan cara mengganti blok mesin. Misalnya yang bisa dilakukan adalah mengganti Innova 2.5 V bermesin diesel 2KD-FTV, dengan mesin 1KD-FTV berkapasitas 3.000 cc. Pemasangan juga tinggal plug and play saja, karena semua dudukan pada ruang mesin terbilang pas.

Sementara untuk yang tidak sabaran dan hanya punya dana pas-pasan, bisa menempuh cara remap ECU Innova. Biaya untuk proses ini berkisar Rp 4.000.000 dan dapat mengupgrade daya cukup signifikan. Meski tidak segarang tenaga oprekan lainnya, namun masih bisa membuat Innova ngebut.

Jadi pada dasarnya, modifikasi harian itu berkonsep sederhana dan tidak memerlukan budget yang terlampau besar. Mengingat fungsinya, modif sederhana ini seharusnya cukup untuk memberi nilai tambah dan membedakan tampilan mobil kamu dengan yang lainnya.

Setelah mengetahui kisaran modifikasi Toyota Innova yang cocok untuk dipakai harian di atas, mana yang kira-kira mau kamu ikuti?

Tertarik Beli Mobil di SEVA??

Yuk isi informasi kamu dan langsung ngobrol dengan agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.
Agen kami akan segera menghubungi kamu dalam 1x24 jam.
Mohon maaf, terjadi kendala jaringan. Silakan coba kembali.
Kamu sudah meminta OTP. Mohon tunggu beberapa saat sebelum meminta OTP baru.
Verifikasi Nomor Kamu
Terlalu banyak percobaan OTP. Silahkan ulangi beberapa saat lagi.
Mohon tunggu 2:00 detik untuk kirim ulang.
Belum menerima kode verifikasi?
Kirim ulang

Jelajahi Layanan SEVA

Mobil Baru

Pilih mobil impian kamu dari berbagai merek dengan jaminan kualitas Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Mobil Bekas

Beli mobil bekas berkualitas dengan pembiayaan dari Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Fasilitas Dana

Solusi untuk kebutuhan dana langsung cair dengan jaminan BPKB mobil

Pelajari Lebih Lanjut

Layanan Surat Kendaraan

Urus surat kendaraanmu dengan mudah dan nyaman

Pelajari Lebih Lanjut

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.