Search Cars

Berita Terbaru

Cek 8 Komponen Mobil Saat Suhu Panas Ekstrem Melanda Jakarta

Untuk menjaga performa mobilmu tetap baik saat cuaca panas ekstrem, periksa 8 komponen mobil berikut ini. Apa saja yang dicek?

komponen mobil

Jakarta masih dilanda cuaca panas yang ekstrem belakangan ini. Hal ini tentu wajib diwaspadai pemilik kendaraan dengan rutin mengecek komponen mobil yang terdampak.

Waspada ya! Cuaca panas jelas berdampak pada beberapa komponen mobil. Bahkan suhu ini bisa jadi pemicu kebakaran pada kendaraan, seperti yang sudah terjadi di beberapa tempat.

Yuk, jangan anggap remeh kondisi ini, segera cek kendaraanmu, terutama komponen mobil yang riskan rusak akibat suhu panas bumi. Berikut 8 hal penting dari kendaraan yang harus kamu periksa segera. 

Komponen pendingin mesin

waktu buka puasa
open radiator cap for coolant level checking

Mesin mobil membutuhkan sistem pendingin yang baik agar bisa bekerja secara optimal dan tahan lama. 

Baca juga: APAR Khusus Mobil Listrik, Benarkah Berbeda Jenis dan Harganya?

Bila suhu mesin terlalu tinggi, itu bisa membuat kinerjanya turun, bahkan memicu overheat. Bila kondisi ini kerap terjadi dan kamu biarkan, bisa berbahaya dan membuat mesin jebol.

Mesin mobil tidak hanya akan panas bila dihidupkan. Komponen mobil ini juga bisa panas bila terpapar dengan suhu lingkungan yang juga panas. Semakin panas mesin, maka sistem pendinginan mesin akan bekerja lebih keras. 

Cara untuk mengatasinya, rutinlah memeriksa takaran cairan pendingin dan pastikan tak ada kebocoran. Cek bagian tutup dan kipas radiatornya juga, apakah bekerja dengan baik atau tidak. 

Rutin cek komponen oli mobil

mobil kekurangan oli

Salah satu fungsi oli mobil adalah menyerap panas dari mesin sehingga kinerjanya optimal. Kerja komponen mobil ini akan semakin berat bila suhu mesin meningkat. Jadi pastikan oli mobil kamu selalu dalam kondisi terbaik dengan menggantinya secara berkala.

Air conditioner (AC)

nyalakan ac mobil

Agar suhu di kabin mobil tetap nyaman, kamu perlu AC yang mumpuni. Oleh karena itu, cek komponen AC dan segera bawa ke bengkel bila suhunya tidak dingin saat dinyalakan. 

Baca juga: Mitos atau Fakta, Matikan AC Mobil saat Macet Bisa Bikin BBM Lebih Hemat?

Periksa juga bagian filter udara agar sirkulasi pada AC tetap bersih guna mencegah penyakit infeksi saluran pernapasan akut (ISPA).

Parkir mobil di tempat teduh

garasi mobil

Untuk menghindari suhu panas ekstrem, kamu juga disarankan untuk parkir mobil di tempat yang teduh. Bila tak memungkinkan parkir indoor pada siang hari, minimal pilih parkir di bawah pohon yang rindang. 

Dengan parkir mobil di tempat yang jauh dari paparan sinar matahari langsung, kamu sudah membantu menjaga suhu di dalam kabin tidak terlalu tinggi. Ini kemudian juga berdampak pada penggunaan AC, di mana AC tidak perlu bekerja keras ketika dinyalakan nanti.

Baca juga: Tips Mengemudi Aman di Jalan saat Cuaca Ekstrem Jakarta

Sinar matahari juga dapat membuat bodi mobilmu dan bagian dalam kabin lekas kusam.

Komponen kaca film mobil

Komponen kaca film mobil yang berperan efektif mengurangi panas masuk ke dalam kabin juga perlu dicek. Sering terpapar panas di cuaca ekstrem bisa membuat usia kaca film berkurang. Tandanya warna memudar, timbul gelembung udara dan kabin mudah panas.

Tekanan udara pada ban 

umur ban mobil

Bayangkan akan seperti apa jadinya ban mobil bila bersinggungan dengan aspal yang super panas. Suhu panas juga bisa mempengaruhi tekanan udara pada ban mobil. Belum lagi bila kamu mengendarai mobil dengan kecepatan tinggi. 

Baca juga: Fakta Ban Mobil Listrik, Benarkah Teknologinya Berbeda?

Udara yang panas akan masuk ke dalam ban dan membuat tekanan udara di dalamnya naik. Kondisi ini bisa memicu ban meletus atau pecah, terutama bila mobil melaju di jalan yang rusak

Keluarkan barang mudah terbakar

minum di mobil

Periksa seluruh dasbor, laci dan bagian kabin lain, apakah ada barang yang mudah terbakar bila bersentuhan dengan suhu panas. Misalnya, botol minum kemasan, charger ponsel, korek api, powerbank atau lainnya.

Komponen mobil peredam panas

mesin overheat

Untuk mencegah mobil terbakar, perhatikan sistem peredam panas di dalam mobil ada yang terbuat dari bahan aluminium, insulator hood atau wool fibre

Peredam panas ini bila tidak terpasang dengan baik atau mungkin lapuk karena berumur bisa berubah menjadi kering dan tipis sehingga lebih mudah terbakar

Itulah beberapa komponen mobil yang perlu kamu periksa di saat suhu cuaca ekstrem seperti ini. Jika ragu bagaimana cara mengeceknya, segera bawa ke bengkel resmi untuk mendapatkan bantuan mekanik berpengalaman.

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Jelajahi Layanan SEVA

Mobil Baru

Pilih mobil impian kamu dari berbagai merek dengan jaminan kualitas Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Mobil Bekas

Beli mobil bekas berkualitas dengan pembiayaan dari Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Fasilitas Dana

Solusi untuk kebutuhan dana langsung cair dengan jaminan BPKB mobil

Pelajari Lebih Lanjut

Layanan Surat Kendaraan

Urus surat kendaraanmu dengan mudah dan nyaman

Pelajari Lebih Lanjut

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.