Search Cars

Tips & Rekomendasi

Mencampur Oli dengan Minyak Goreng, Apakah Membuat Komponen Mesin Mobil Bersih?

Mencampur oli mesin dengan minyak goreng hanya akan membuat kualitas mesin mobil kamu buruk. Jangan lakukan, ini penjelasannya!

mencampur oli

Belakangan isu mencampur oli mesin dengan minyak goreng kembali mencuat. Banyak orang yang mengaku sudah melakukannya, dan katanya, proses pencampuran ini bisa membuat tarikan dan komponen mesin mobil menjadi lebih bagus dan bersih. Apa iya? 

Sudah jelas, oli mobil memiliki formula khusus yang digunakan untuk melumasi komponen mesin mobil dan kendaraan lain sehingga bisa berjalan dengan lancar. Sementara minyak goreng digunakan untuk memasak makanan. 

Memang, sih, karakter minyak goreng hampir sama dengan oli mesin. Ini bisa dilihat dari sisi warna dan kekentalannya. Tapi apakah mencampur oli mesin dengan minyak goreng boleh dilakukan? 

Salah kaprah mencampur oli dengan minyak goreng

oli mobil listrik

Dikutip Kompas.com, Technical Specialist PT Pertamina Lubricants (PTPL) Brahma Putra Mahayana mengatakan, memang minyak goreng memiliki kesamaan dengan oli mesin, tapi secara karakteristik spesifikasi keduanya berbeda. 

Baca juga: DIY Cara Cek Kondisi Oli Mesin Mobil

“Memang minyak goreng sama halnya seperti senyawa asam lemak lain, memiliki sifat melarutkan atau solvency. Namun bila kita melihat secara keseluruhan fungsi pelumas pada era mesin modern, penggunaan minyak goreng dalam oli mesin bukanlah pilihan yang bijaksana,” terang Brahma.

Bahaya mencampur oli mesin

mobil mogok

Selain itu, menurut Brahma, ada banyak parameter atau indikator yang perlu dipertimbangkan sehingga fungsi pelumasan oli mesin bisa berjalan dengan baik. 

“Misalnya kekuatan terhadap oksidasi, kemampuan menetralkan asam hasil pembakaran, serta kecenderungan membentuk varnish/sludge/insoluble pada komponen oli mesin, dan lainnya,” terang Brahma. 

Baca juga: Viral Ganti Oli Bayar Rp2,7 Juta, Ini Tips Pilih Bengkel yang Tepat

Masih menurut Brahma, di dalam oli mobil ada formula khusus yang dapat membersihkan komponen mesin secara khusus.

“Komponen utama oli mesin yang bertanggung jawab menjaga agar mesin bersih adalah aditifnya. Lebih khusus yaitu detergent dan dispersant. Kedua kandungan aditif tersebut normalnya tidak dimiliki oleh atau terdapat pada minyak goreng,” ujar Brahma lagi. 

Pahami sejumlah bahaya dan efek samping jika nekat mencampur oli dengan minyak goreng. 

Menimbulkan asap yang tak sehat

knalpot mobil

Mencampur oli mesin dan minyak goreng bisa menyebabkan timbulnya asap yang berbahaya bagi kesehatan. 

Baca juga: Kondisi Panas yang Ekstrem Bisa Picu Mobil Terbakar, Apa yang Harus Dilakukan?

Di mana kandungan asapnya adalah senyawa berbahaya seperti benzena dan polutan, yang bila masuk ke paru-paru bisa menyebabkan kerusakan jangka panjang. 

Sebabkan keracunan

Mencampur oli mesin dan minyak goreng juga bisa sebabkan keracunan –bila campuran tertelan atau masuk ke dalam tubuh melalui kontak kulit, mata, atau mulut. 

Campuran ini mengandung logam berat dan senyawa kimia yang dapat merusak organ dalam tubuh, terutama organ hati dan ginjal. 

Mencampur oli dan minyak goreng bahayakan kehamilan

mobil ibu hamil

Asap campuran oli mesin dan minyak goreng membahayakan kesehatan ibu hamil dan janin yang dikandung. Yakni, bisa menyebabkan kerusakan pada sistem saraf janin, meningkatkan risiko kelahiran prematur, dan kematian janin. 

Mencemari air dan tanah

Senyawa kimia pada kedua campuran ini bisa mencemari lingkungan, terutama air dan tanah. Jika campuran dibuang ke dalam sungai atau laut, maka bisa terjadi kerusakan pada ekosistem air dan membunuh ikan dan tumbuhan di sekitarnya.

Mencampur oli sembarangan tingkatkan efek rumah kaca

Asap campuran dapat meningkatkan jumlah gas rumah kaca di atmosfer, yang kemudian menyebabkan pemanasan global dan perubahan iklim yang tidak diinginkan. 

Kerusakan mesin dan boroskan BBM

efek sering ganti BBM

Oli mesin memiliki sifat yang berbeda dengan minyak goreng, seperti yang sudah dijelaskan Brahma sebelumnya. Mencampurkan kedua jenis cairan ini hanya akan menyebabkan mesin menjadi lebih cepat rusak.

Baca juga: Viral Ganti Oli Bayar Rp2,7 Juta, Ini Tips Pilih Bengkel yang Tepat

Selain itu, mesin jadi lebih berisik, karena campuran tersebut tidak mampu meredam suara yang dihasilkan mesin.

Campuran ini mengurangi efisiensi mesin kendaraan, sehingga mesin perlu bekerja lebih keras agar bisa berjalan. Akibatnya, konsumsi BBM pada kendaraan meningkat.

Kerusakan pada sistem pelumas

turbo mesin diesel

Formula khusus pada oli mesin bertujuan melumasi dan melindungi komponen mesin dari gesekan dan panas yang dihasilkan saat mesin beroperasi. Mencampurkannya dengan minyak goreng hanya akan mengganggu sistem pelumas mesin.

Baca juga: AC Mobil Bau Setelah Mudik, Apa yang Harus Dilakukan?

Akibatnya, sistem pelumas jadi terganggu dan mesin jadi lebih rentan terhadap kerusakan. Tidak mau kan, merogoh kocek lebih dalam karena turun mesin?

Kerusakan pada komponen mesin mobil lain

mobil jarang servis

Campuran oli mesin dan minyak goreng menghasilkan senyawa berbahaya dan logam berat yang dapat merusak komponen mesin mobil, seperti pompa oli, filter oli, dan piston. 

Jika kerusakan tersebut tidak segera ditangani, dapat menyebabkan kerusakan yang lebih besar pada mesin kendaraan.

Baca juga: Benarkah Ganti Oli jadi Perawatan Mobil Paling Mudah dan Murah?

Dari penjelasan di atas, maka bisa disimpulkan bahwa mencampur oli mesin dengan minyak goreng sangatlah tidak disarankan. Biasanya alasan orang mencampur oli mesin mobil dengan minyak goreng adalah untuk menghemat biaya. 

Bila ada yang mengatakan mesin mobilnya menjadi lebih tokcer, mungkin hanya di awal saja. Tidak ada yang tahu apa dampak yang akan terjadi pada mobilnya kemudian. 

Yang pasti, mencampur oli mobil dengan minyak goreng sangatlah berbahaya bagi kendaraan kamu. Jangan sampai ikutan melakukannya, ya!

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Jelajahi Layanan SEVA

Mobil Baru

Pilih mobil impian kamu dari berbagai merek dengan jaminan kualitas Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Mobil Bekas

Beli mobil bekas berkualitas dengan pembiayaan dari Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Fasilitas Dana

Solusi untuk kebutuhan dana langsung cair dengan jaminan BPKB mobil

Pelajari Lebih Lanjut

Layanan Surat Kendaraan

Urus surat kendaraanmu dengan mudah dan nyaman

Pelajari Lebih Lanjut

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.