Search Cars

Berita Terbaru

AC Mobil Bau Setelah Mudik, Apa yang Harus Dilakukan?

Pulang mudik AC mobil bau. Cari tahu penyebabnya dan cari cara untuk mengatasinya. Berikut beberapa hal yang bisa kamu lakukan.

AC Mobil Bau

AC mobil bau setelah dibawa mudik Lebaran itu wajar sebenarnya. Yang tak wajar adalah bila kamu membiarkan kondisi ini berlarut-larut. Ini berisiko merusak sistem AC mobil secara keseluruhan. 

Yuk, segera cek kondisi AC dengan melakukan servis AC. Sebisa mungkin melakukannya di bengkel khusus servis AC agar penanganannya lebih detail dan menyeluruh. 

Penyebab AC mobil bau

Melepas filter udara

Tapi sebelum membawa mobilmu ke bengkel, ini beberapa penyebab yang biasanya bikin AC mobil bau. 

Baca juga: AC Mobil Bocor, Kenali Penyebab dan Solusinya

  1. Freon mobil mau habis

Freon mobil adalah senyawa kimia yang berfungsi mendinginkan ruang. Bila freon habis atau berkurang, bisa menimbulkan bau khas pada AC dan menyebabkannya tidak dingin.

  1. Filter AC kotor

Bila filternya kotor maka AC tidak bisa berfungsi dengan baik. Beberapa tandanya, AC tidak bisa mendinginkan kabin. Debu dan kotoran yang menumpuk pada filter AC juga bisa menimbulkan jamur, dan ini yang menyebabkan AC mobil bau.

  1. Jamur pada evaporator

Debu dan kotoran pada filter juga bisa masuk ke dalam sistem AC, terutama ke bagian evaporator. Jadi besar kemungkinan evaporator juga berjamur. Bersihkan bagian ini menggunakan air mengalir secara berkala, ya.

  1. Tangki bensin rusak
cara menghemat bbm

Loh, memang apa kaitannya AC mobil bau dengan tangki bensin yang rusak? Bisa jadi aroma yang kamu cium itu adalah aroma bensin yang keluar dari tutup tangki bensin yang kendur atau tangkinya yang rusak. 

  1. Grill kotor

Grill adalah komponen mobil bagian depan atau dasbor yang bentuknya mirip ventilasi. Fungsinya sebagai filter udara di dalam kabin, jadi bila kotor bisa bikin AC mobil bau saat dinyalakan. 

  1. Merokok selama perjalanan mudik Lebaran

Asap pembakaran tembakau bisa masuk ke ruang AC dan mengotori evaporator. Ini berisiko evaporator berlendir dan memicu penumpukan kotoran. Ingat, evaporator yang berlendir bisa berdampak karat dan kemudian bocor.

  1. Bawa barang dengan bau menyengat

Barang yang biasa dibawa saat pulang mudik Lebaran adalah oleh-oleh. Tak jarang, ada beberapa dari oleh-oleh yang baunya menyengat, seperti durian, ikan asin, kopi, atau bawang putih. 

Baca juga: Sparepart Mobil yang Harus Dicek dan Ganti Usai Perjalanan Mudik Lebaran

Sebenarnya ini tidak akan merusak komponen AC, hanya saja jika menempel di filter baunya jadi sulit dihilangkan dan bisa memperparah udara yang keluar dari filter saat AC dinyalakan. 

Cara mengatasi AC mobil bau

AC mobil bau

Kalau kamu malas mencari tahu penyebab mengapa AC mobil bau, gampang. Bawa saja ke bengkel AC mobil langgananmu. Nanti mekanik mobil akan memeriksa seluruh sistem AC dan membantu kamu memperbaikinya bila memang terjadi masalah. 

Namun bila kamu senang oprek-oprek dan ingin menanganinya sendiri, coba periksa bagian ini:

  1. Bersihkan atau ganti filter kabin

Fungsi filter yang ada di dalam AC adalah untuk menyaring udara kotor dan debu. Tak heran bisa bagian ini jarang kamu bersihkan akan bikin AC mobil bau. Oleh karena itu, bersihkan filter secara berkala, atau bila kondisinya tak lagi layak, ganti saja dengan yang baru. 

  1. Cek kebocoran freon mobil

Komponen pada AC mobil ini bisa mengalami kebocoran, dan kebocoran sudah pasti menyebabkan AC mobil bau. Tapi untuk mengeceknya, ada baiknya kamu bawa ke bengkel servis AC mobil untuk minta bantuan mekanik.

  1. Ganti parfum mobil

Ternyata parfum mobil yang sudah habis dan dibiarkan tergantung di mobil bisa menyebabkan bau tak sedap pada mobil juga, loh. Segera ganti parfum mobilmu dengan jenis parfum yang kandungan alkoholnya tidak terlalu tinggi.  

Perawatan untuk hilangkan bau

bengkel ac mobil

Perawatan utama agar AC mobil tidak bau sudah pasti perawatan secara berkala! Ini sudah tak terbantahkan. Namun, ada hal lainnya yang juga wajib kamu perhatikan agar udara yang keluar dari AC selalu segar. 

Baca juga: Harga BBM Pertamina Turun per 1 Mei 2023, Apa Saja Jenisnya?

  1. Jaga kebersihan kabin

Rajin-rajin membersihkan debu dan kotoran di dalam kabin dengan mengelap seluruh interior di dalamnya. Jika tidak, debu-debu itu akan terbang hingga di AC dan menyebabkannya mengeluarkan aroma tak sedap.

  1. Jangan buka kaca saat berkendara

Mengapa? Karena memungkinkan debu dan kotoran dari jalanan masuk ke dalam kabin. Udara kotor hanya akan membuat kerja AC semakin berat saat mendinginkan kabin.

  1. Jangan merokok di dalam mobil

Bau nikotin yang menempel di dalam kabin akan sulit hilang. Belum lagi asap itu juga berpotensi merusak sirkulasi udara pada AC mobil dan membuat aroma di dalam kabin jadi tidak sedap. 

Biaya servis AC mobil

ac mobil kurang freon

Biaya servis AC mobil sangat bervariasi, tergantung dari jenis kendaraan dan nama besar bengkel servis AC tersebut. Belum lagi bila ada beberapa komponen yang harus diganti.

Baca juga: Mitos atau Fakta, Matikan AC Mobil saat Macet Bisa Bikin BBM Lebih Hemat?

Untuk mobil jenis MVP (multi purpose vehicle) umumnya mulai dari Rp800.000 hingga Rp1,5 juta. Sementara untuk biaya servis AC mobil jenis LCGC (low cost green car) biasanya lebih murah dari itu. 

Harga ini sudah meliputi bongkar pasang, pembersihan, isi oli kompresor dan freon, serta penggantian beberapa sparepart seperti seal, filter kabin, filter silika untuk menyaring freon, dan lainnya. 

Tapi jika di bengkel servis AC kamu hanya menjalani pembersihan AC saja, biayanya hanya sekitar Rp400.000-Rp500.000 saja. 

Baca juga: Nyalakan AC Mobil Setelah Terkena Terik Matahari, Apa Bahayanya?

Harga segini mahal atau murah menurut kamu? Intinya, bila tak ingin mengeluarkan lebih banyak uang lagi, usahakan menjaga AC mobilmu dengan melakukan servis berkala dan selalu menjaga kebersihan kabin.

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Jelajahi Layanan SEVA

Mobil Baru

Pilih mobil impian kamu dari berbagai merek dengan jaminan kualitas Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Mobil Bekas

Beli mobil bekas berkualitas dengan pembiayaan dari Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Fasilitas Dana

Solusi untuk kebutuhan dana langsung cair dengan jaminan BPKB mobil

Pelajari Lebih Lanjut

Layanan Surat Kendaraan

Urus surat kendaraanmu dengan mudah dan nyaman

Pelajari Lebih Lanjut

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.