pilih bengkel

Viral Ganti Oli Bayar Rp2,7 Juta, Ini Tips Pilih Bengkel yang Tepat

pilih bengkel

Saat pilih bengkel sebaiknya harus dilakukan dengan tepat dan jangan sampai diremehkan karena bisa berpengaruh performa mobil. Seperti yang viral baru-baru ini mengenai konsumen yang mengeluhkan harga saat melakukan ganti oli di sebuah bengkel. 

Konsumen tersebut merasa ditipu yang semula hanya ingin ganti oli motor, tetapi malah diharuskan membayar Rp2,7 juta. Bengkel tersebut berada di kawasan Babakan Madang, Sentul, Bogor, Jawa Barat itu.

Bahkan ketika ingin membatalkan perbaikan tersebut, pemilik motor itu tetap dimintai biaya pemasangan sebesar Rp450 ribu. Hal ini membuat pemilik motor terpaksa meninggalkan bengkel tersebut dengan motor yang belum dirakit menggunakan mobil pick up.

Tips pilih bengkel yang tepat

Agara kejadian salah pilih bengkel tersebut tidak dialami, sebaiknya cari tahu tips dalam memilihnya. Apa saja itu? 

Mengecek kualitas bengkel

bengkel curang

Sebelum pilih bengkel dan menyerahkan kendaraan, calon konsumen sebaiknya harus mengetahui kualitasnya terlebih dahulu. Pedoman ini bisa dengan mudah didapatkan dari internet, media sosial, atau testimoni pelanggan. 

Baca juga: Harga BBM Vivo Mengalami Penyesuaian, Bagaimana Perbandingannya dengan Pertamina?

Atau bisa juga dengan mengeceknya melalui ulasan yang terdapat pada Google Maps. Biasanya terdapat fitur ulasan atau review untuk melihat pengalaman beberapa konsumen sebelumnya.  

Pilih bengkel dengan SOP yang jelas

Standar Operasional Prosedur (SOP) yang jelas juga bisa jadi pertimbangan sebelum memilih bengkel. Jika ragu, kamu bisa memilih bengkel resmi sesuai dengan kendaraan yang digunakan.

Bengkel dengan SOP yang jelas biasanya biasanya melakukan pekerjaannya dengan profesional. Dari pendaftaran, pelayanan, hingga penanganan kendaraannya semua bisa diawasi.

Baca juga: Istilah Phantom Traffic di Jalan Tol, Apa Penjelasan Lengkapnya?

Bengkel berkualitas bisa mengetahui kerusakan dari kendaraan dan memberikan solusi dan komunikasi yang tepat sehingga tidak memberatkan konsumen dan memberi solusi jalan tengah.

Memiliki teknisi yang profesional

pilih teknisi

Bengkel berkualitas dan terpercaya pasti memiliki tenaga teknisi yang profesional dan berpengalaman. Teknisi profesional umumnya suka berdiskusi dengan konsumen mengenai keluhan kendaraan yang didapatkan. 

Para teknisi tersebut juga melaksanakan tugasnya sesuai nomor urut antrean konsumen. Dengan begitu, antrean konsumen yang ingin melakukan perawatan di bengkel juga akan lebih teratur dan tentunya lebih nyaman. 

Pilih bengkel dengan fasilitas lengkap

Bengkel berkualitas biasanya ditunjang dengan fasilitas yang lengkap dan memadai. Dengan begitu keluhan kendaraan dapat tertangani dengan penilaian yang tepat dan akurat.

Baca juga: AC Mobil Bau Setelah Mudik, Apa yang Harus Dilakukan?

Sebuah bengkel berkualitas atau terpercaya biasanya ditunjang fasilitas tambahan yang akan menunjang kebutuhan konsumen. Mulai dari ruang tunggu yang nyaman, toilet, area parker, bahkan menyediakan minuman dan cemilan. 

Memahami harga suku cadang

sparepart mobil

Harga suku cadang kendaraan tentu berbeda antara satu bengkel dengan yang lainnya. Namun bukan tetapi konsumen benar-benar tidak bisa mengetahui mengenai harga yang dipasarkan.

Jangan tergiur harga murah lantas mengorbankan kualitas dan selalu waspada terhadap harga yang terlalu murah. Untuk itu, calon konsumen bisa melakukan survei kecil terhadap komponen atau suku cadang yang hendak digunakan.

Baca juga: Mobil Jadi Korban Banjir Bandang Sumatera Utara, Bagaimana Cara Klaim Asuransinya?

Jadi, jangan sampai salah pilih bengkel ya dan agar bisa lebih aman bisa memilih bengkel-bengkel resmi yang tersedia. Dengan begitu, kondisi mobil akan tetap nyaman dan aman. 

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *