Search Cars

Berita Utama Otomotif

Jika Ingin Lapor Jalan Rusak, Masyarakat Bisa Langsung Hubungi Kemana?

Lapor jalan rusak ternyata bisa dilakukan langsung oleh masyarakat demi kenyamanan saat berkendara. Bisa hubungi kemana?

lapor jalan rusak

Lapor jalan rusak bisa dilakukan dan caranya juga cukup mudah, apalagi setelah viral di media sosial beberapa waktu lalu. Presiden Joko Widodo bahkan meninjau langsung jalanan Lampung yang rusak dan viral beberapa waktu lalu. 

Bahkan karena terlalu parah kerusakannya, mobil rombongan Menteri BUMN PUPR Basuki Hadimuljono sempat tersangkut di jalan yang rusak. Usai peninjauan, Jokowi mengatakan pemerintah pusat akan mengambil alih perbaikan jalan tersebut. 

Buruknya kondisi jalan di Indonesia yang sering kita lalui tentu membuat pengalaman berkendara menjadi tidak mengenakan. Kondisi ini  membuat waktu tempuh berkendara menjadi lama, kendaraan menjadi terancam rusak, hingga meningkatkan resiko kecelakaan.

Cara lapor jalan rusak 

Bagi masyarakat yang ingin lapor jalan rusak, bisa langsung melakukannya dengan mudah. Apa saja caranya? 

Lapor ke Twitter @jokowi

jalan rusak

Sebelum meninjau Lampung, Presiden Jokowi sempat melontarkan cuitan di akun Twitter miliknya. Presiden meminta masyarakat agar melaporkan jalan rusak di wilayahnya ke akun sosial medianya.

Baca juga: Toyota New Yaris 2023 Tampil Lebih Sporty, Cocok Bagi yang Berjiwa Muda

Baik Twitter, Instagram, dan Facebook milik Jokowi, semua aduan masyarakat dapat diterima terbuka oleh presiden melalui kolom komentar ataupun pesan langsung.

Masyarakat juga menyampaikan laporan soal kerusakan jalan, dengan cara melengkapi foto, video, dan kategori jalan. Namun, penting sang pelapor juga dapat menambahkan detail laporan di kolom catatan sebelum mengirimkannya.

Lapor jalan rusak ke website lapor.go.id

jalan alternatif yogyakarta

Masyarakat juga dapat melakukan lapor jalan rusak pada website resmi seperti lapor.go.id

Website lapor.go.id ini merupakan sebuah situs resmi untuk menyampaikan aspirasi dan pengaduan dari masyarakat ke pemerintah.

Baca juga: Efek Kerusakan Mesin Diesel Diisi Bensin, Berapa Biaya Servisnya?

Langkah pelaporannya pun cukup mudah, pelapor cukup disuguhkan form sederhana yang perlu diisi. Form tersebut berisi permasalahan yang ingin dilaporkan yang disertai dengan lokasi dan foto atau video keadaan jalanan rusak yang diadukan.

Aplikasi Jalan Kita

jalan berlubang

Selain melalui kedua cara di atas, masyarakat juga bisa menyampaikan aduan terkait kerusakan jalan ke aplikasi Jalan Kita. Kementerian PUPR melalui Direktorat Jenderal Bina Marga telah menyediakan aplikasi Jalan Kita untuk melaporkan kerusakan jalan nasional.

Dalam aplikasi tersebut seseorang tinggal membuat akun dengan melengkapi data diri. Setelah itu, pelapor tinggal membuat laporan, masyarakat perlu melampirkan media berupa foto atau video jalan rusak.

Berbagai jenis jalan di Indonesia

Di Indonesia terdapat beberapa jenis jalan yang ada dan tentunya memiliki perbedaan setiap masing-masingnya. Bagaimana penjelasannya?

1. Jalan nasional 

jalan nasional

Jalan nasional adalah jalan yang menjadi penghubung antar ibu kota provinsi. Status jalan nasional juga diberikan pada jalan strategis nasional dan jalan tol dengan ciri-cirinya yaitu memiliki marka membujur berwarna kuning di tengah jalan. 

2. Jalan provinsi 

Penjelasan jalan provinsi adalah jalan yang menghubungkan ibu kota provinsi dengan ibu kota kabupaten/kota. Jalan provinsi juga penghubung antar ibu kota kabupaten/kota, serta jalan strategis provinsi.

Baca juga: Pameran Kendaraan Listrik PEVS 2023, Apa Saja yang Dipamerkan?

Marka jalan provinsi berwarna putih berbentuk membujur, baik garis putus-putus maupun tak terputus. Umumnya, jalan provinsi memiliki ukuran yang cukup lebar bahkan sama dengan jalan nasional.

3. Jalan kabupaten/kota 

jalan kota

Jalan kabupaten/kota adalah jalan yang menghubungkan ibu kota kabupaten/kota dengan ibu kota kecamatan. Kemudian ibu kota kabupaten/kota dengan pusat desa, antar ibukota kecamatan, ibu kota kecamatan dengan desa, dan antar desa. 

Ciri warna marka jalan kabupaten sama dengan jalan provinsi, yaitu hanya berwarna putih, baik terputus maupun garis tanpa putus. 

Baca juga: Cek Status Kendaraan Menggunakan Pelat Nomor, Bagaimana Caranya?

Perbedaannya, jalan kabupaten/kota memiliki lebar lebih kecil dari jalan provinsi. Selain itu, jalan kabupaten/kota juga biasanya hanya berupa aspal atau beton tanpa marka jalan.

4. Jalan desa 

Pengertian dari jalan desa adalah jalan terkecil yang menjadi penghubung suatu kawasan atau permukiman. Jalan desa memiliki ukuran relatif kecil dengan panjang hanya sampai batas desa.

Namun lapor jalan rusak sebetulnya tidak perlu tunggu pemerintah setempat. Kamu dapat melaporkan langsung aduan kepada pemerintah melalui platform-platform yang sudah banyak tersedia saat ini ya. 

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Jelajahi Layanan SEVA

Mobil Baru

Pilih mobil impian kamu dari berbagai merek dengan jaminan kualitas Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Mobil Bekas

Beli mobil bekas berkualitas dengan pembiayaan dari Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Fasilitas Dana

Solusi untuk kebutuhan dana langsung cair dengan jaminan BPKB mobil

Pelajari Lebih Lanjut

Layanan Surat Kendaraan

Urus surat kendaraanmu dengan mudah dan nyaman

Pelajari Lebih Lanjut

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.