Search Cars

Berita Terbaru

Pameran Kendaraan Listrik PEVS 2023, Apa Saja yang Dipamerkan?

Ada banyak hal baru dan menarik di PEVS 2023 ini. Berapa harga tiket pameran? Benarkah ada subsidi mobil listrik di sana?

pevs 2023

Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS 2023) rencananya bakal digelar pada 17-21 Mei 2023 di JIEXpo Kemayoran, dengan khusus memamerkan kendaraan listrik dari berbagai merek, model dan inovasi. 

Dalam ajang PEVS 2023, kendaraan yang dimaksud tidak hanya mobil listrik saja, tapi juga sepeda motor listrik

Pada PEVS 2023 ini sejumlah pabrikan seperti BMW, DFSK, KEVCBU, MAB, MG, Prestige dan Wuling akan turut serta. Sementara merek sepeda motor listrik yang turut serta adalah Bene E-Bike, Benelli, Davigo, Gesits, Kymco Ionex, Rakata, Saige, Selis serta Smart by.

Produk baru di PEVS 2023

BMW iX

Perkumpulan Industri Kendaraan Listrik Indonesia (Periklindo) membocorkan pada ajang PEVS 2023 tersebut, Mobil Anak Bangsa (MAB) akan menghadirkan produk baru berupa mobil double cabin

Baca juga: Yuk Perhatikan 5 Hal ini Sebelum Membeli Mobil Listrik!

Dalam kesempatan yang sama juga meluncurkan motor roda dua dan tiga di mana produknya ini merupakan hasil kerja sama dengan perusahaan Jepang. Bahkan prototipe final angkot listrik Metropod juga disebut-sebut bakal tampil.

Sementara Wuling akan hadir dengan memamerkan delapan unit produknya. Di mana enam di antaranya adalah dua unit Air EV dan empat unit Air EV versi modifikasi. Sementara yang dua unit lagi tak disebutkan, tetapi diduga produk baru.

Sedangkan pabrikan MG disebut bakal berusaha menggencarkan penjualan mobil listrik terbarunya, MG 4 EV pada ajang PEVS 2023.

PEVS 2023 terbuka untuk umum

Pameran PEVS tahun ini akan fokus pada bisnis yang diimplementasikan ke kegiatan B2C, B2B, seminar hingga B2G. Mereka juga berharap, PEVS 2023 bisa dimaksimalkan seluruh peserta sebagai ajang promosi, pengenalan produk, dan edukasi kepada masyarakat.

Baca juga: Bagaimana Sih Aturan Mobil Listrik di Indonesia?

“Selain fokus berpameran, PEVS 2023 tidak hanya menonjolkan kemeriahan pameran otomotif kendaraan listrik, namun memiliki fokus terhadap bisnis yang diimplementasikan melalui acara B2C, B2B, Seminar Talkshow hingga B2G,” kata Presiden Direktur Dyandra Promosindo Daswar Marpaung.

“Acara ini tidak hanya sekedar pameran saja tapi juga membantu dalam membangun dan membina industri kendaraan listrik,” tambah Daswar lagi. 

Ada banyak program baru dan menarik yang akan mewarnai PEVS 2023. Mulai dari Drone Show by FAST, EV Fire Extinguish by FAST, EV Taxi Drift, EV Parade and Catwalk, EV Riding, EV Morning Run, hingga Electric Board & Scooter Ride. 

Baca juga: Kondisi Panas yang Ekstrem Bisa Picu Mobil Terbakar, Apa yang Harus Dilakukan?

Ada juga Formula Student Show Off, PEVS Push Bike Race, Seminar & Talkshow, EV Test Drive, EV Test Ride, EV Taxi Ride, Miss PEVS dan terakhir Closing Ceremony PEVS 2023. Khusus untuk Shuttle Car PEVS 2023 di Mall Senayan City.

Tujuan digelarnya PEVS

BMW iX KTT ASEAN 2023

Melansir laman pevs-id.com, tujuan digelarnya event ini tak lain adalah untuk mempercepat pengembangan ekosistem kendaraan listrik di Tanah Air. Pada acara KTT ASEAN 2023 nanti Indonesia juga menggunakan kendaraan listrik sebagai alat transportasi para tamu kenegaraan.

“Berbicara tentang kendaraan listrik maka berkaitan dengan banyak ekosistem baik dari swasta sampai pemerintah. Periklindo hadir untuk menjaga dan meningkatkan antusiasme masyarakat serta produsen di tanah air dapat bergerak secara simultan,” ujat Moeldoko selaku Ketua Umum Periklindo.

Baca juga: Insentif Mobil Listrik Rp 80 juta Dari Pemerintah, Bagaimana Skemanya?

Pameran kendaraan listrik ini juga menekankan pada edukasi terhadap masyarakat soal mobilitas ramah lingkungan. Salah satunya mengenai baterai mobil listrik sebagai komponen penting dalam bahan bakar kendaraan listrik.  

“Kami sosialisasi untuk menjawab isu baterai mobil listrik dan motor listrik, seperti kemasukan air aman atau tidak, terbakar atau tidak, chargingnya bagaimana, jarak tempuhnya bagaimana, dan sebagainya.”

Moeldoko berharap, masyarakat bisa semakin tercerahkan wawasannya mengenai kendaraan listrik, utamanya penambahan daya melalui baterai mobil listrik yang masih banyak dipertanyakan masyarakat.

Apakah subsidi mobil listrik sudah berlaku?

charger mobil listrik

Ternyata subsidi mobil listrik dari pemerintah belum bisa diterapkan di PEVS 2023. Hal ini disampaikan langsung oleh Moeldoko, Jumat (5/5).

Baca juga: Alasan Mobil Hybrid Tidak Mendapatkan Insentif Kendaraan Listrik

“Sekarang itu masih belum final bagaimana mekanismenya, tapi secepatnya akan direalisasikan agar tidak mengganggu flow dari penjualan,” terang Moeldoko kepada awak media.

Moeldoko mengatakan penggunaan subsidi mobil listrik masih belum lancar hingga saat ini, baik untuk pembelian mobil ataupun motor listrik. “Sepertinya belum berjalan lancar, saya belum cek seperti apa di lapangan, tapi yang jelas mekanismenya ini masih ditata,” katanya lagi.

Tapi Moeldoko berharap, insentif untuk masyarakat yang membeli kendaraan listrik ini bisa segera diberikan secara langsung. 

Baca juga: Tahun 2025 Kendaraan Listrik Bakal Bebas PKB dan BBNKB

Seperti diketahui, beberapa waktu lalu pemerintah sudah menetapkan insentif kendaraan listrik baik mobil juga motor. Untuk motor dapat subsidi sebesar Rp7.000.000 sementara subsidi mobil listrik mendapatkan diskon Pajak Pertambahan Nilai (PPN) sebesar 10 persen. 

Bila kamu tertarik melihat sejauh mana teknologi mobil listrik di Tanah Air, kamu bisa mendatangi PEVS 2023 yang dibuka pukul 10.00 sampai 20.00 WIB. Tiap pengunjung yang hadir dikenakan tiket pameran. 

Harga tiket pameran per orang Rp100.000 khusus untuk tanggal 17 Mei. Sementara tiket pameran untuk hari lainnya hanya seharga Rp50.000. Yuk, luangkan waktu dan jadi saksi deretan mobil listrik ramah lingkungan di sana.

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Jelajahi Layanan SEVA

Mobil Baru

Pilih mobil impian kamu dari berbagai merek dengan jaminan kualitas Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Mobil Bekas

Beli mobil bekas berkualitas dengan pembiayaan dari Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Fasilitas Dana

Solusi untuk kebutuhan dana langsung cair dengan jaminan BPKB mobil

Pelajari Lebih Lanjut

Layanan Surat Kendaraan

Urus surat kendaraanmu dengan mudah dan nyaman

Pelajari Lebih Lanjut

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.