Benarkah Melepas Filter Udara Bisa Menaikkan Tenaga Mesin?

Mitos atau fakta melepas filter udara bisa membantu menambah tenaga akselerasi mobil? Yuk, cari tahu kebenarannya di sini!

melepas filter udara

Melepas filter udara dikatakan dapat membantu menambah tenaga mesin mobil. Benarkah demikian?

Sebelum membahas, kenali fungsi dari komponen filter udara. Apakah benar berhubungan langsung dengan besarnya tenaga mesin?

Filter udara adalah komponen yang berfungsi untuk menyaring udara yang masuk ke ruang bakar. Mengapa udara perlu disaring? Hal ini untuk memastikan udara benar-benar bersih sehingga tidak menyumbat sistem injeksi atau karburator.

Baca juga: Salah Modifikasi dan Aksesoris Bisa Bikin Mobil Boros Bensin, Benarkah?

Sistem penyaringan udara yang berjalan bagus akan membuat proses pembakaran berlangsung lancar. Secara langsung, hal ini dapat menjaga performa tenaga mesin mobil. Jadi benarkah melepas filter udara dapat menambah tenaga? 

filter mobil

Fakta melepas filter udara

Terkait pelepasan penyaring udara mesin untuk menambah performa, hal itu tidak benar. Justru sebaliknya, tanpa komponen ini udara yang dibakar berisiko tidak bersih dan justru mengganggu pembakaran.

Fakta yang tidak dipahami orang awam adalah, ketika saringan udara dilepas maka membuat udara terpecah di dalam kap mesin. Hal itu membuat efek suara sedotan mesin lebih kencang sehingga memberi sugesti tarikan menjadi lebih garang.

Baca juga: Apa Sih Efek Ganti Knalpot Mobil?

Nah, biar paham, kenali sejumlah fakta yang merugikan seputar pelepasan saringan udara pada performa mesin.

Melepas filter udara

Melepas filter udara ganggu suplai udara

Gangguan pertama yang terkait dengan pelepasan saringan udara adalah terganggunya suplai udara. Selain berfungsi menyaring, komponen saringan udara juga punya fungsi mengukur volume udara yang mengalir ke ruang bakar.

Saringan udara akan mengatur aliran udara tetap stabil dan tanpa komponen ini pengukuran volume udara menjadi tidak tepat. Efeknya membuat campuran bahan bakar dan udara tidak sesuai sehingga boros bahan bakar.

Baca juga: Cara Menghemat BBM Mobil untuk Perjalanan Jauh

Selain itu kurangnya pasokan udara membuat kompresi mesin menjadi terganggu dan mengakibatkan berkurangnya tenaga mobil. 

Risiko kerusakan ruang bakar

Pelepasan saringan udara juga akan membuat udara yang masuk ruang bakar tidak tersaring. Akibatnya seluruh material asing seperti debu, kotoran, serpihan daun bahkan kerikil halus yang mungkin beterbangan bisa tidak sengaja terhisap mesin.

Jika material tersebut sampai masuk ruang bakar maka benda asing ini berpotensi merusak komponen mesin terutama pada bagian liner atau dinding ruang bakar dan juga pada klep intake sehingga membuat kompresi mesin jadi bocor.

Baca juga: Berapa Sih Isi Bensin Full Tank Mobil Toyota dan Daihatsu?

Jadi dapat disimpulkan, melepas filter udara justru membuat sejumlah kerugian pada mesin dan tidak berhubungan dengan meningkatnya performa tenaga. Wah, jadi banyak ruginya, kan?

Untuk meningkatkan tenaga pada mesin kendaraan, dapat dilakukan dengan cara merawat bagian filter udara secara rutin. Berikut adalah tips singkat membuat komponen ini berfungsi maksimal.

Melepas filter udara

Tips merawat saringan udara

Filter udara yang bersih dan rutin dirawat akan membantu proses suplai oksigen dan  pembakaran menjadi optimal. Rawatlah filter udara dengan cara sederhana ini.

  • Jenis filter udara mobil dari bahan kertas atau karton dapat dibersihkan dengan menyemprotkan udara bertekanan tinggi menggunakan kompresor.
  • Jenis filter udara mobil dengan bahan spons dan kain, bersihkan dengan cara  mencucinya direndam dengan air dan campuran shampo mobil selama 15 menit.
  • Jangan memeras komponen saringan udara. Mengeringkannya cukup digantung atau diangin-anginkan. 
  • Bersihkan saringan udara setiap menempuh jarak 2 ribu kilometer.
  • Penggantian komponen saringan udara dilakukan setiap jarak 10 ribu kilometer. 

Sekarang kamu sudah mengetahui fakta melepas filter udara ternyata tidak mempengaruhi tarikan dan tenaga mesin. 

Untuk menjaga performa mesin selalu prima, lakukan perawatan rutin, mengganti oli dan periksa fuel pump di bengkel resmi. Jangan malas ya!