Search Cars

Berita Terbaru

Destinasi Liburan, Ini Daftar Kawasan Ekonomi Khusus Sektor Pariwisata di Indonesia

Yuk, kunjungi kawasan ekonomi khusus ini saat kamu liburan bersama keluarga. Pesonanya pasti bikin melancong semakin seru.

kawasan ekonomi khusus

Sudah tahukah kamu jika pemerintah membangun beberapa kawasan ekonomi khusus untuk meningkatkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif (Parekraf)? 

Kawasan ekonomi khusus ini dibangun pemerintah di berbagai wilayah Indonesia. Dua di antaranya Tanjung Lesung di Pandeglang dan Mandalika yang ada di Nusa Tenggara Barat.

Aturan Kawasan Ekonomi Khusus

Mengenai kawasan ekonomi khusus ini sudah diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) RI Nomor 2 Tahun 2011 tentang Penyelenggaraan Kawasan Ekonomi Khusus. 

Baca juga: Wisata Sambil Camping di Mobil, Dimana Saja Lokasinya?

Pasal 1 ayat 1 disebutkan, “Kawasan Ekonomi Khusus yang selanjutnya disebut KEK adalah kawasan dengan batas tertentu dalam wilayah hukum Negara Kesatuan Republik Indonesia yang ditetapkan untuk menyelenggarakan fungsi perekonomian dan memperoleh fasilitas tertentu.”

Maka sesuai dengan aturan di atas, maka kawasan ekonomi khusus ini memang diperuntukkan kegiatan usaha pariwisata untuk mendukung penyelenggaraan hiburan, rekreasi, pertemuan, pameran, juga lainnya. 

Dampaknya kemudian, diharapkan bisa berkontribusi pada pertumbuhan pariwisata dan ekonomi daerah dan juga negara

Baca juga: Tidak Gratis Lagi, Ini Tarif Khusus Penumpang Bus BTS

Area ini juga dibangun sebagai upaya memajukan daerah-daerah lain di Indonesia yang juga memiliki kekayaan alam dan budaya yang tak kalah indahnya dengan Bali atau kota wisata lain yang umum disinggahi sebagai destinasi liburan. 

Seperti diketahui, Bali kerap dipilih masyarakat umum di Indonesia sebagai tempat liburan keluarga. Nah, dengan dikembangkannya area ini, selain Bali, masyarakat bisa menikmati tempat liburan keluarga dengan suasana yang berbeda. 

Ini dia 6 area yang sangat direkomendasikan sebagai destinasi liburan kamu pertengahan tahun ini: 

Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika

Mandalika merupakan kawasan wisata yang ada di salah satu kabupaten di Nusa Tenggara Barat. Posisinya destinasi liburan yang menghadap ke Samudera Hindia ini merupakan lokasi pariwisata di Indonesia yang sangat potensial.

Baca juga: Wisata Jawa Tengah, Siapkan e-Money Tarif Tol Jakarta Semarang

Ini berkat kekayaan bahari yang luar biasa, juga ragam budayanya yang sangat menarik wisatawan. Seperti upacara Bau Nyale atau ritual mencari cacing laut (yang katanya) jelmaan dari Putri Mandalika.

Di sana juga sirkuit bertaraf internasional dibangun, dan rencananya akan dipakai untuk ajang balap dunia MotoGP Oktober 2023 nanti. Dengan dibangunkan kawasan ekonomi khusus Mandalika, pemerintah berharap bisa menarik investor sebesar Rp40 triliun dan menyerap 587.000 tenaga kerja hingga tahun 2025.

Tanjung Kelayang

Lahan Tanjung Kelayang memiliki keunggulan karena objek wisata baharinya yang sangat indah, pasir putihnya yang mempesona dan tebing batunya yang eksotis. Lokasinya juga geostrategis karena berdekatan dengan negara-negara ASEAN. Negara-negara itu juga yang menjadi target captive market-nya.

Baca juga: Kecelakaan Bus Pariwisata di Guci, Benarkah Rem Parkir Mudah Dilepas Anak-anak?

Tema yang diusung kota pariwisata ini adalah “Socially and Environmentally Responsible Development and Cultural Preservation”. Dan area yang ada di Kepulauan Bangka Belitung tersebut masuk dalam daftar 10 Destinasi Pariwisata Prioritas. 

Targetnya area Tanjung Kelayang ini bisa menciptakan lapangan kerja untuk 5.000 orang pada 2036 nanti serta menarik investasi sebesar Rp10,3 triliun.

Kawasan Ekonomi Khusus Likupang

Letaknya ada di Kabupaten Minahasa Utara, Sulawesi Utara. Pemerintah fokus membangun area Likupang dengan konsep premium di mana ada banyak resor kelas atas dan menengah yang dibangun di sana. Selain itu, konsep wisata budaya (cultural tourism) untuk para turis domestik dan mancanegara dengan dikembangkannya Wallace Conservation Center. 

Baca juga: Dukung Wisata Danau Toba, Toyota Hadirkan Mobil Listrik

Lokasi pariwisata Likupang sangat dekat dengan Bandara Internasional Sam Ratulangi dan juga Pelabuhan Belitung.

Tanjung Lesung

Kamu mungkin tidak asing dengan nama lokasi ini. Ya, Tanjung Lesung berada di Pandeglang, Banten, Jawa Barat. Banyak warga Jakarta dan sekitarnya yang memutuskan liburan keluarga ke sini karena jaraknya yang dekat. 

Luasnya ini sekitar 1.500 Ha dengan potensi pariwisata yang banyak sekali. Mulai dari pantai, flora dan fauna yang sangat beragam juga kekayaan budaya yang eksotis.

Kawasan Ekonomi Khusus Singhasari

Liburan keluarga ke Singasari akan jadi liburan yang unik banget karena konsepnya heritage dan historical tourism. Di sini kamu bisa menikmati banyak sekali situs-situs sejarah dan belajar tentang kerajaan-kerajaan di Indonesia. 

Baca juga: Rekomendasi Mobil 300 Jutaan Buat Wisata Pegunungan

Kawasan ekonomi khusus ini juga sering disebut sebagai pusat pengembangan ekosistem digital dan ekonomi kreatif. Lokasinya ada di Kabupaten Malang, dan dekat dengan Bandara Internasional Juanda Surabaya, Pelabuhan Tanjung Perak, juga langsung terkoneksi dengan ruas tol Pandaan-Malang. Memungkinkan kamu berwisata ke daerah di sekitarnya jadi lebih mudah. 

Morotai

Morotai ditetapkan sebagai kawasan khusus sejak tahun 2014. Posisinya ada di Maluku Utara, tepatnya di pulau terluar sisi timur laut Indonesia. Sangat geostrategis, karena dekat dengan negara-negara ASEAN dan Asia Timur. Hal ini juga yang menyebabkan Morotai jadi salah satu kawasan yang menjanjikan.

Selain wisata bahari, kawasan Morotai diharapkan menjadi negara produksi ikan keenam dunia. 

Baca juga: Doyan Wisata Pantai? Nih Rekomendasi Mobil yang Cocok!

Apakah di Bali tidak ada daerah yang dijadikan kawasan ekonomi khusus? Ada kok, yaitu di Sanur. Lantas wilayah mana lagi di Indonesia yang dijadikan kawasan tersebut? Itu adalah Sei Mangkei (Medan), Maloy Batuta Trans Kalimantan, Palu (Siulawesi Tengah), Bitung (Sulawesi Utara), Sorong (Papua), Arun Lhokseumawe(Aceh), Galang Batang (Riau), Kendal (Jawa Tengah), Nongsa (Batam), Batam Aero Technic, Lido (Jawa Barat), Gresik (Jawa Timur), Kura-kura Bali (Denpasar).

Itulah destinasi liburan di kawasan ekonomi khusus di Indonesia yang bisa kamu kunjungi saat liburan keluarga. Yuk, atur jadwal untuk bisa mengunjungi semua tempat-tempat tadi!

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Jelajahi Layanan SEVA

Mobil Baru

Pilih mobil impian kamu dari berbagai merek dengan jaminan kualitas Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Mobil Bekas

Beli mobil bekas berkualitas dengan pembiayaan dari Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Fasilitas Dana

Solusi untuk kebutuhan dana langsung cair dengan jaminan BPKB mobil

Pelajari Lebih Lanjut

Layanan Surat Kendaraan

Urus surat kendaraanmu dengan mudah dan nyaman

Pelajari Lebih Lanjut

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.