Search Cars

Keuangan

Tips Mengatur Keuangan Usai Lebaran dan Perjalanan Mudik Agar Tidak Boncos

Cara mengatur tips keuangan setelah Lebaran ternyata cukup mudah untuk dilakukan. Agar kondisi finansial aman, apa saja caranya?

tips mengatur keuangan

Ada banyak tips mengatur keuangan agar tidak boncos usai Lebaran yang bisa dilakukan. Apalagi saat ini, ada banyak informasi yang bisa dengan mudah ditemukan melalui internet atau media sosial. 

Pada saat momen Lebaran seperti saat ini, biasanya kondisi keuangan sering tidak terkontrol. Hal ini tentunya bisa sangat merugikan karena tentunya tetap ada kebutuhan-kebutuhan rutin yang tetap harus dipenuhi. 

Biaya buka bersama, membeli baju baru, agenda mudik 2023, biasanya menjadi pengeluaran dengan biaya besar. Meskipun ada Tunjangan Hari Raya (THR), bukan berarti bisa dihabiskan begitu saja. 

Tips mengatur keuangan setelah Lebaran

uang pesangon

Setelah libur Lebaran, lakukan beberapa tips mengatur keuangan seperti berikut ini agar kondisi finansial tetap aman. Lantas, apa saja yang bisa dilakukan untuk mengatur penghasilan yang didapatkan agar tidak sampai boncos setelah Lebaran?

Evaluasi pengeluaran selama Lebaran

Tips mengatur keuangan yang pertama adalah dengan mencatat pengeluaran biaya yang sudah dilakukan. Catat semua pengeluaran yang berhubungan dengan Ramadan serta Lebaran lalu catat berapa sisa dana yang masih ada. 

Baca juga: Abis Healing Anti Pusing, Begini Tips Atur Keuangan Usai Liburan

Setelah itu lakukan evaluasi mengenai pos keuangan mana saja yang menyebabkan pengeluaran tertinggi. Apakah biaya buka bersama, biaya perjalanan di awal arus mudik lalu, atau THR untuk anggota keluarga terdekat. 

Susun rencana keuangan dan prioritaskan kebutuhan pokok

kebutuhan pokok

Susun kembali rencana keuangan yang sesuai dengan kondisi keuangan terkini dan atur pos keuangan sesuai dengan prioritas. Buat daftar apa saja kebutuhan yang paling dibutuhkan dan urutkan mulai dari yang paling utama. 

Baca juga: Perbedaan Perawatan Mobil Baru dan Mobil Bekas Saat Kamu Membelinya

Batasi dan kurangi pengeluaran harian atau bulanan yang sifatnya tersier atau konsumtif. Dengan begitu, kamu bisa menyesuaikan diri dengan kondisi keuangan yang ada saat ini.

Sisihkan untuk menabung dan investasi

kelebihan investasi emas

Tips mengatur keuangan yang ketiga adalah dengan menyisihkan sebagian pemasukan untuk menabung dan investasi. Meskipun setelah dihitung sisa uang yang masih ada tidak banyak, tetapi usahakanlah untuk tetap menabung. 

Baca juga: 5 Tips Keuangan Karyawan Biar Lepas Dari Masalah Finansial

Meskipun sedikit, dana tersebut akan terkumpul jika kamu melakukannya secara rutin setiap bulannya. Uang tabungan tersebut nantinya bisa digunakan untuk berbagai keperluan atau saat kondisi darurat.

Utamakan membayar utang

tips mengatur keuangan

Tips mengatur keuangan selanjutnya adalah utamakan untuk membayar utang dan meringankan cicilan. Coba cek cicilan atau utang apa saja yang belum dibayar atau harus segera dibayar. 

Dahulukan untuk membayar yang jatuh temponya lebih dekat sehingga tidak ada risiko mengalami telat bayar. Dengan membayar utang terlebih dulu, tentunya kondisi finansial akan menjadi lebih tenang. 

Baca juga: Pertimbangan Keuangan Sebelum Kamu Kredit Mobil Baru

Meskipun tips-tips tadi mudah dilakukan, usahakan untuk selalu menerapkannya secara disiplin. Hal ini dilakukan agar kondisi keuanganmu bisa kembali pulih dan tidak ada lagi risiko masalah finansial setelah mudik Lebaran. 

Perlu diingat juga bahwa semakin kamu disiplin menggunakan uang, semakin cepat pulih dari krisis setelah Lebaran. Dengan begitu, tidak lagi istilah bokek atau boncos usai Ramadan atau Lebaran tahun depan.

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Jelajahi Layanan SEVA

Mobil Baru

Pilih mobil impian kamu dari berbagai merek dengan jaminan kualitas Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Mobil Bekas

Beli mobil bekas berkualitas dengan pembiayaan dari Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Fasilitas Dana

Solusi untuk kebutuhan dana langsung cair dengan jaminan BPKB mobil

Pelajari Lebih Lanjut

Layanan Surat Kendaraan

Urus surat kendaraanmu dengan mudah dan nyaman

Pelajari Lebih Lanjut

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.