THR

Hal yang Harus Diperhatikan Saat Beli Mobil Baru Pakai THR

THR

Mendapatkan THR merupakan salah satu hak yang harus didapatkan oleh karyawan. Besarannya adalah satu kali gaji pokok bagi yang sudah bekerja selama 1 tahun dan menyesuaikan bila bekerja kurang dari 1 tahun. 

Oleh beberapa orang, THR ini dimanfaatkan untuk membeli mobil baru. Entah pembayarannya secara tunai (cash) atau kredit (sebagai tambahan DP/down payment). 

Secara fungsional, pembelian mobil ini memang dirasa perlu karena berkaitan dengan kebutuhan mudik dan aktivitas sehari-hari setelah hari raya.

Baca juga: Cara Menghitung THR Sesuai dengan Masa Kerja Karyawan

Tips Menggunakan THR untuk Beli Mobil

terlambat bayar cicilan mobil

Agar THR tidak dihabiskan begitu saja,  ini beberapa hal yang perlu dipertimbangkan bila ingin beli mobil baru: 

Hitung budget

investasi untuk pasangan muda

Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah menghitung berapa budget yang bisa kamu sisihkan untuk beli mobil. Selain THR, dana dari mana lagi yang bisa dikeluarkan untuk keperluan membayar mobil: tabungan atau pinjaman.

Agar tabungan cepat terkumpul, usahakan setiap kali habis gajian langsung alokasikan sejumlah dana untuk tabungan. Selain itu, lakukan kebiasaan menabung ini secara konsisten misalnya menyisihkan 25% dari pendapatan bulanan.

Sebagai contoh, jika kamu memiliki gaji Rp4.000.00 per bulan, maka Rp4.000.000 x 25% = Rp1.000.000. Dalam setahun saja, kamu sudah mendapatkan Rp12.000.000 jika melakukannya secara rutin. Lumayan, bukan?

Pilih mobil

All New Daihatsu Ayla

Dari sekian banyak jenis mobil, pilih yang sesuai dengan kebutuhanmu. Misalnya, mobil yang dapat menunjang kegiatan sehari-hari keluarga beranggotakan 3 orang. 

Baca juga: 11 Tips Memilih Mobil Keluarga Buat Harian dan Jalan Jauh

Untuk kebutuhan ini, mobil-mobil kecil tipe model hatchback atau city car bisa menjadi pilihan. Sementara untuk mobil berkapasitas banyak, kamu bisa pilih SUV atau MPV.

Sesuaikan budget THR

mengatur uang thr

Dengan THR yang dimiliki, pertimbangkan apakah jenis mobil yang kamu pilih sesuai dengan budget. Jangan sampai hanya karena mengikuti keinginan dan gengsi, kamu memilih mobil yang harganya melebihi batas kemampuan.

Ini juga demi menghindari overspending dan pengaturan keuangan yang lebih baik di bulan-bulan selanjutnya. 

Kualitas mobil 

toyota all new agya

Pada saat membeli mobil baru, tentunya kualitas yang akan didapatkan sudah tidak perlu diragukan lagi. Mobil yang masih baru pastinya dalam kondisi yang sangat baik dan sudah sangat siap jika langsung dipakai.

Itulah mengapa harga mobil baru dibanderol lebih tinggi jika dibandingkan harga mobil bekas. Meskipun memang, tetap akan ada risiko kerusakan pada saat produksi tetapi risiko tersebut sangat kecil terjadi karena mobil belum pernah dipakai. 

Beli mobil di tempat terpercaya

apa itu SEVA?

Belilah mobil baru di dealer yang sudah terpercaya untuk mendapatkan pengalaman bertransaksi yang nyaman dan aman. Jangan lupa, sebelum membeli mobil impian kamu bisa mengecek langsung di SEVA. Ada berbagai pilihan mobil yang bisa disesuaikan dengan budget untuk membeli mobil. 

Baca juga: Asuransi Prioritas yang Harus Diutamakan dan Dimiliki Segera

Kalau beli mobil online di SEVA, kamu bisa memanfaatkan fitur Instant Approval. Dengan fitur ini, kamu akan mendapatkan rekomendasi perhitungan kredit mobil baru impian yang menyesuaikan dengan kemampuan finansialmu. 

Yuk bawa pulang mobil impian yang Jelas Dari Awal, sudah pasti belinya di SEVA!

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *