Search Cars

Tips & Rekomendasi

Tips Mengajukan Kredit Untuk Dapatkan Cicilan Mobil Terjangkau

Kamu bisa dapatkan cicilan mobil lebih ringan saat beli mobil baru dengan skema berikut ini. Penasaran kan? Disimak, ya!

cicilan mobil

Ingin beli kendaraan kredit tapi takut tak sanggup membayar cicilan mobil yang tinggi? Tenang, kamu bisa mendapatkan cicilan mobil lebih ringan saat beli mobil kredit dengan mengikuti skema berikut ini. 

Sebelum memulai, pastikan dulu jenis mobil baru apa yang ingin kamu miliki. Pilih yang sesuai kebutuhan dan penghasilanmu, karena nantinya besar cicilan mobil akan mempengaruhi kondisi keuangan kamu setiap bulan. 

Misalnya, jika kamu tinggal di kota besar, memiliki keluarga kecil dengan satu anak balita, sepertinya LCGC model hatchback sangat pas, seperti Toyota Agya atau Daihatsu Ayla

Pastikan rekening aman

Maksudnya, kamu lolos Sistem Layanan Informasi Keuangan (SLIK) OJK atau yang dahulu lebih dikenal dengan BI checking. Dengan kata lain, tidak memiliki tunggakan cicilan di mana pun

Perbesar uang muka cicilan mobil

kredit macet

Berdasarkan Surat Edaran Bank Indonesia Nomor 14/10/DPN, diwajibkan seluruh lembaga perbankan dan pembiayaan mengenakan uang muka (down payment/DP) minimal 25 persen untuk kredit kendaraan bermotor (KKB) roda dua dan 30 persen untuk kredit kendaraan roda empat.

Baca juga:Fantastis, Utang Pinjol Warga Jawa Barat Tembus Rp13 Triliu

Nah, untuk memperkecil biaya saat beli mobil kredit, kamu bisa membayar presentase DP di atas itu. Misalnya, 40-60 persen. Nanti kamu tinggal melunasi sisanya dengan nominal yang jauh lebih rendah bila kamu membayar DP 30 persen saja. 

Pilih tempo cicilan mobil  terpanjang

Umumnya jangka waktu kredit mobil antara 1-5 tahun. Memang, makin lama jangka waktu kredit yang kamu pilih, makin mahal pula harga mobil secara akumulatif. Tetapi, dengan begitu kamu jadi bisa membayar lebih rendah setiap bulannya.

Manfaatkan sistem balloon payment

Standarnya, besaran angsuran dibayarkan flat (tetap) setiap bulannya hingga kredit lunas. Dengan sistem balloon payment, kamu berpotensi membayar cicilan mobil lebih kecil di tahun-tahun pertama, kemudian sisanya dibebankan pada cicilan di tahun berikutnya. 

Pilih asuransi sendiri

asuransi mobil

Biaya cicilan mobil biasanya diakumulasikan bersama dengan beban bunga, asuransi, dan administrasi. Agar jumlahnya jadi lebih ringan, kamu bisa mengakalinya dengan mencari asuransi sendiri. Dengan memilih asuransi sendiri, kamu juga bisa menyesuaikan kebutuhan asuransi dengan kendaraan.

Waktu terbaik untuk cicilan mobil

Misalnya, di momen Tahun Baru atau hari raya keagamaan. Biasanya di momen-momen tersebut dealer mobil Daihatsu atau Toyota menghabiskan sisa produk yang belum terjual dengan memberikan harga murah, bonus potongan DP, hingga cashback.

Baca juga: Cicilan Mobil Terjangkau, Bagaimana Cara Hitungnya?

Atau bisa juga kamu datang ke dealer di akhir bulan, karena di waktu itu biasanya salesman sedang mengejar target penjualan dan mereka memberikan diskon tambahan. 

Lengkapi syarat administrasi 

bunga kredit mobil

Ada beberapa kelengkapan dokumen yang harus dipenuhi calon pembeli mobil. Yaitu: 

  • Kartu identitas (KTP)
  • Kartu Keluarga (KK)
  • NPWP
  • Slip gaji
  • Bukti bayar PBB
  • Rekening listrik, dan air
  • Rekening koran atau tabungan selama 3 bulan terakhir
  • Tagihan kartu kredit selama 3 bulan terakhir (bila punya)
  • Keterangan izin praktik (untuk profesional)
  • Akta Pendirian Perusahaan dan SIUP (untuk pengusaha)

Itulah beberapa tips cara mendapatkan cicilan mobil lebih ringan. Kamu bisa mencari informasi dan melakukan kredit mobil baru dari SEVA, mulai dari BMW, Toyota, Daihatsu dan lainnya. 

Jangan lupa manfaatkan keuntungan dari SEVA seperti fitur Loan Calculator untuk memberi skema cicilan paling terjangkau, lalu fitur Instant Approval yang bisa membantu kamu mendapatkan mobil baru sesuai kemampuan finansial secara cepat dalam hitungan menit.

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Jelajahi Layanan SEVA

Mobil Baru

Pilih mobil impian kamu dari berbagai merek dengan jaminan kualitas Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Mobil Bekas

Beli mobil bekas berkualitas dengan pembiayaan dari Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Fasilitas Dana

Solusi untuk kebutuhan dana langsung cair dengan jaminan BPKB mobil

Pelajari Lebih Lanjut

Layanan Surat Kendaraan

Urus surat kendaraanmu dengan mudah dan nyaman

Pelajari Lebih Lanjut

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.