Search Cars

Keuangan

Keuntungan Kredit Balloon Payment untuk Kredit Mobil Baru

Ingin beli mobil baru dengan cara kredit balloon payment? Ketahui dulu bagaimana sistem kreditnya serta keuntungan menggunakannya.

kredit balloon payment

Ada yang tahu dengan istilah kredit balloon payment? Mungkin kamu perlu mengetahui istilah tersebut beserta keuntungannya.

Ketika membeli mobil baru, ada beragam metode pembayaran yang bisa kita pilih seperti tunai dan kredit. Tetapi yang umum digunakan masyarakat adalah dengan kredit.

Baca juga: Apa Saja Syarat Kredit Mobil Baru yang Harus Disiapkan?

Membeli mobil dengan cara kredit pun juga memiliki beberapa skema, seperti kredit balloon payment yang semakin memberikan kemudahan pembiayaan bagi yang ingin punya mobil namun budget-nya terbatas.

Lantas, apa itu balloon payment dan keuntungan menggunakan sistem pembayaran kredit ini? Berikut penjelasannya.

kredit balloon payment

Apa itu balloon payment

Balloon payment merupakan cara kredit yang dilakukan dengan sistem pembayaran ringan di depan dan pelunasan lebih di belakang. Biasanya, cara kredit ini bisa digunakan pada saat kredit mobil atau motor.

Hal ini berbeda dengan pembayaran cicilan kredit yang biasanya dibayarkan dengan jumlah yang sama setiap bulannya sampai masa kredit berakhir.

Baca juga: Pilih Mana, Asuransi Mobil All Risk atau TLO?

Sebagai contoh, kamu ingin membeli mobil dengan harga Rp 200 juta. Lalu, kamu harus membayar uang muka atau DP sebesar 30 persen dari harga mobil atau sekitar Rp 75 juta.

Selanjutnya, cicilan harus dibayarkan hanya dikenakan sebesar 20 persen dari harga mobil atau sekitar Rp 40 juta untuk dua sampai tiga tahun pertama sesuai perjanjian dengan pihak bank atau leasing

Apabila dibagi ke dalam tiga tahun, artinya cicilan per bulannya kurang lebih sekitar Rp 1,1 juta. Setelah tiga tahun, sisa yang harus dibayarkan adalah 50 persen.

kredit balloon payment

Keuntungan kredit balloon payment

Sistem kredit ini memiliki sejumlah keuntungan bagi yang ingin mengajukan kredit mobil baru. Apa saja?

Cicilan ringan di awal

Keuntungan kredit balloon payment adalah cicilan awalnya yang ringan selama dua sampai tiga tahun pertama, tergantung kebijakan dari lembaga pembiayaan yang kamu pilih.

Baca juga: Step by Step Cara Beli Mobil Online

Tentunya, hal ini menguntungkan bagi yang memiliki budget terbatas untuk melunasi kredit mobil di 2-3 tahun pertama, sebab biaya yang harus dibayarkan per bulan tidak terlalu besar.

Namun, memang pembayaran sisanya akan lebih berat karena biayanya cukup besar. Ada baiknya pada saat masa cicilan ringan, kamu mengumpulkan dana untuk 50 persen sisanya.

Pembayaran sisa 50 persen tersebut umumnya harus dibayarkan menggunakan tunai. Tetapi, kamu bisa mengajukan cicilan kembali.

Bisa jual mobil dengan sistem over kredit

Keuntungan lain dari menggunakan balloon payment adalah pada kondisi darurat yang membuat kamu harus menjual mobil dengan sistem over kredit, kerugian yang dialami tidak terlalu besar.

Baca juga: Apa Itu BI Checking dan Bagaimana Cara Ceknya

Kenapa begitu? Karena selama mobil masih berada di tangan, kamu tidak mengeluarkan biaya yang banyak sehingga memungkinkan kamu tetap mendapat keuntungan saat over kredit.

kredit balloon payment

Tips menggunakan balloon payment

Bagi yang ingin membeli mobil baru dengan menggunakan sistem kredit ini, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar tidak mengalami hambatan saat kredit. Berikut penjelasannya.

Punya perencanaan keuangan yang baik

Berdasarkan penjelasan di atas, dalam sistem balloon payment kamu harus membayar sisa cicilan yang lebih besar di akhir masa cicilan. 

Baca juga: Hal yang Harus Diperhatikan Saat Test Drive Mobil Baru

Dengan besarnya sisa cicilan, tentunya kamu harus menyiapkan dana yang banyak. Untuk itu, penting untuk punya perencanaan keuangan yang baik.

Misalnya, dengan mengurangi pengeluaran yang kurang penting setiap bulannya dan mengalihkannya ke tabungan atau investasi.

Bayar cicilan tepat waktu

Setiap mengambil kredit atau pinjaman termasuk balloon payment, biasakan untuk membayar cicilan tetap waktu. Apalagi kamu sudah mendapat keringanan cicilan di masa awal kredit.

Sebab apabila menunggak cicilan, kamu akan dikenakan denda dan justru akan menambah beban dalam membayar cicilan.

Baca juga: Rekomendasi Mobil Baru 2022 Untuk Dimiliki Pasangan Muda

Kira-kira apakah kamu tertarik mencoba kredit balloon payment untuk pembelian mobil baru? Apa pun sistem kredit yang kamu ambil, pastikan sudah memahami ketentuan dan mengetahui segala risikonya, ya!

Mau beli mobil baru dengan kredit bisa lewat Seva.id, lho. Kamu bisa menggunakan fitur Instant Approval untuk mengetahui peluang pengajuan kredit mobil.

Dengan begitu, kamu tak hanya mendapat gambaran cicilan mobil tetapi juga tahu apakah pengajuan kredit mobil mudah disetujui atau tidak.

Yuk, beli mobil di Seva.id!

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.