Search Cars

Review Otomotif

Review Lexus LM 350 Hybrid dari Ridwan Hanif, Lebih Nyaman dari Toyota Alphard?

Dari segi kenyamanan, Ridwan memilih Lexus LM 350 Hybrid yang harganya lebih mahal Rp400 juta dari Alphard HEV. Ini alasannya.

lexus lm

Lexus LM 350 Hybrid bersaing ketat dengan Toyota New Alphard 2.5 HEV di segmen minivan kelas premium. Keduanya sering dibilang mirip, padahal memiliki banyak sekali perbedaan. Manakah yang lebih baik dari antara keduanya?

Secara khusus pengamat otomotif Ridwan Hanif membuat ulasannya di kanal Youtube-nya Ridwan Hanif Rahmadi. Dalam video berjudul Lexus LM 350 Hybrid 7 Seater: Lebih Nyaman dari Alphard? yang diunggah 7 Desember 2023, Ridwan memilih salah satu sebagai yang dianggapnya paling nyaman.

Simak penjelasan Ridwan Hanif berikut ini, yuk.

Spesifikasi mesin Lexus LM

Mobil premium ini menggunakan platform TNGA-K dan dilengkapi Rear Seat Comfort untuk menyesuaikan performa suspensi dan distribusi torsi guna mempertahankan postur pengendara saat berkendara.

Baca juga: The All New Lexus LM Hybrid Diluncurkan pada Ajang GIIAS 2023

Untuk pasar Indonesia mobil ini dilengkapi dengan mesin tangguh 3.456 cc, 6 cylinder V, 24-Valve, DOHC, VVT-I, dengan transmisi Direct Shift 8-AT. Tenaga yang dihasilkan dari mesin ini adalah 297 Hp per 6.600 rpm dan torsi 361 Nm per 4.7000 rpm.

Sementara Toyota All New Alphard 2.5 HEV –yang kerap disamakan dengan Lexus LM 350 Hybrid– dilengkapi mesin A25A-FXS, 3.456 cc, transmisi CVT. Mesin ini mencatatkan torsi sebesar 239 Nm per 24.4 kgm dan tenaga sebesar 140 KW/190 PS.

Mobil ini diklaim dapat melaju dengan kecepatan hingga 180 kpj. Catatan waktu akselerasinya hanya 8,3 detik untuk mencapai 0-100 kpj. Kurang lebih sama dengan New Alphard 3,5Q (8,9 detik).

Baca juga: Review Lexus LM Hybrid Oleh Ridwan Hanif, Lebih Mewah dari Toyota Alphard

Dalam hal efisiensi konsumsi bahan bakar, perbedaannya sangat signifikan. Lexus LM 350 menghabiskan 1 liter untuk jarak 13,3 kilometer (rute campuran). Sementara Alphard lebih boros dengan jarak tempuh 10-12 kilometer per liter. 

Eksterior Lexus LM 350 Hybrid

all new lexus LM

MPV Lexus LM 350 memiliki desain eksterior yang sangat elegan dan modern. Meski dimensinya sangat besar, tapi bentuknya tetap proporsional. 

Grill pada kendaraan ini sangat khas dengan emblem L di tengahnya. Ada aksen chrome pada desain grille dengan teknik painting Satin-Effect Hot Stamping, ditambah Slim Triple-Beam LED.

Baca juga: Mobil Mewah Lexus LM, Mana Varian yang Lebih Banyak Dipilih?

Di bagian samping, desain tiga dimensi pada pelek Distinctive Luxury Wheels ukuran 19 inci terlihat begitu mencolok. Pelek ditampilkan dengan menggunakan finishing Physical Vapor Deposition (PVD). Dan bagian belakangnya menggunakan Limitless L-shaped Light Bar dan Unified Lexus Logo.

Dimensi Lexus LM 350 adalah 5.040 milimeter x 1.850 milimeter x 1.895 milimeter, sedikit lebih besar dari New Alphard (5.010 milimeter x 1.850 milimeter x 1.945 milimeter). Sementara ground clearance dan wheelbase keduanya sama, yaitu 160 milimeter dan 3.000 milimeter.

Tampilan interior 

fitur lexus lm

Bagian jok dibekali material kulit sintetis berkualitas tinggi, yaitu L-Aniline Leather yang sangat mewah. Ini adalah kulit sintetis ramah lingkungan karena tidak menggunakan kulit hewan asli. Joknya juga dilengkapi power adjustment, heating, ventilasi, dan air lumbar support system.

Baca juga: Mau Ganti Cat Mobil? Cek Dulu Estimasi Biayanya

Di dasbor tengah atas terdapat layar 13,3 inci. Semua pilar-pilarnya soft touch. Mewah banget. 

Steering jauh lebih enak, radius putarnya juga oke, larinya juga lumayan. Kalau dibilang hybrid itu lebih irit, nggak juga sih ya. Mobil ini juga dilengkapi dengan kamera 360. Tarikan mesinnya enteng banget,” terang Ridwan saatmenjajal mengendarai mobil ini. 

Oh iya, mobil ini punya kursi pijat pada baris tengahnya, loh, Kamu bisa mengubah mode pijatan seseuai kebutuhan. Dan fitur ini bisa kamu intergrasikan melalui smartphone-mu, berikut dengan audio, rear seat entertainment, sunshades dan lainnya.  

Baca juga: Aturan Beli BBM Subsidi Diperluas, Ini Syarat dan Caranya

“Seru sih. Tapi memang kalau kita mau menikmati (Lexus) LM itu bukan di depan (sebagai pengemudi) tapi di belakang (sebagai penumpang).”

Harga Lexus LM 350 Hybrid dibanderol sekitar Rp2.049.000.000. Sedangkan Toyota All New Alphard adalah Rp1.657.000.000, ada selisih sekitar Rp400 jutaan. 

Kesimpulannya, setelah Ridwan merasakan sendiri berkendara dengan Lexus LM 350 Hybrid yang 7 seater, harganya yang beda Rp400 jutaan dengan Alphard HEV sangat sepadan. “Image dan penambahan fitur sepadan lah. Dan yang paling gua suka dari mobil ini, populasinya nggak akan sebanyak Alphard, jadi kita punya kesannya eksklusif.” 

Hmm, kamu setuju dengan Ridwan nggak nih?

Tertarik Beli Mobil di SEVA??

Yuk isi informasi kamu dan langsung ngobrol dengan agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Jelajahi Layanan SEVA

Mobil Baru

Pilih mobil impian kamu dari berbagai merek dengan jaminan kualitas Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Mobil Bekas

Beli mobil bekas berkualitas dengan pembiayaan dari Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Fasilitas Dana

Solusi untuk kebutuhan dana langsung cair dengan jaminan BPKB mobil

Pelajari Lebih Lanjut

Layanan Surat Kendaraan

Urus surat kendaraanmu dengan mudah dan nyaman

Pelajari Lebih Lanjut

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.