Berita Utama Otomotif

Pemerintah Berencana Menaikkan Pajak LCGC 5%, Mending Beli Sekarang Yuk

Pajak LCGC yang dikenal murah, akan dinaikan oleh pemerintah dalam waktu dekat. Kapan diberlakukan? Harga mobil apa yang naik?

pajak LCGC

Pajak LCGC (Low Cost Green Car) alias mobil-mobil murah dan ramah lingkungan akan segera dinaikkan oleh pemerintah. Apa dasar dari dikeluarkannya kebijakan tersebut?

Menurut Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita, aturan LCGC baru tersebut diputuskan seiring dengan perkembangan kondisi industri dan banyaknya masukkan dari produsen terkait agar menumbuhkan pasar mobil LCGC.

“Saya sampaikan di sini bahwa pemerintah dalam waktu dekat ini, akan melakukan penyesuaian pajak LCGC,” ucap Agus dikutip Kompas. Faktor lain yang mempengaruhi adalah penyesuaian kenaikan harga logistik dan bahan baku industri.

Baca juga: 5 Kelebihan Beli Mobil Baru Dibanding Mobil Bekas

Jika benar aturan LCGC baru akan diberlakukan maka harga mobil LCGC seperti Toyota Calya, Daihatsu Sigra, Toyota Agya, Daihatsu Ayla, Honda Brio Satya, dipastikan alami kenaikan. 

Pajak LCGC

toyota all new agya

Aturan LCGC dimulai tahun 2013 saat pemerintah memberi kelonggaran pajak (bebas pajak) pada mobil-mobil ramah lingkungan. 

Kemudian aturan ini disesuaikan kembali pada tahun 2022 karena penghapusan PPnBM sebagaimana tertuang dalam PP 74/2021. Pemerintah mengubah pajak dari nol persen jadi 3 persen. 

Baca juga: Peta Lengkap Daftar Rest Area Tol Trans Jawa Buat Panduan Mudik

Menurut Agus, kenaikan pajak LCGC ini nantinya berkisar di angka 5% namun belum bisa diputuskan karena masih tahap pembahasan. “Penyesuaian harga ini harus dihitung betul. Yang pasti, komponen perhitungan adalah daya beli masyarakat dan inflasi,” ucap Agus.

Pemerintah berharap dengan pajak baru nanti, akan semakin membuat industri mobil LCGC lebih bergairah. Tentunya, diharapkan juga akan semakin banyak produsen mobil yang ikut ambil bagian memproduksi kendaraan ramah lingkungan bagi masyarakat.

All New Daihatsu Ayla

Wakil Presiden Direktur Toyota Astra Motor (TAM) Henry Tanoto menyambut baik usulan pemerintah tersebut. Ia yakin kenaikan ini tidak berpengaruh banyak ke pasar mobil LCGC.

Baca juga: Jangan Panik! Ini 4 Cara Melacak Mobil Hilang dengan Mudah

“Kami berterima kasih ke pemerintah terkait penyesuaian ini. Harapan tidak berpengaruh (kepada permintaan pasar) karena penyesuaiannya itu dijanjikan akan di bawah inflasi. Jadi saya rasa ini penyesuaian cost yang naik saja,” tambah Henry dikutip Kompas.

Mobil LCGC laris manis

All New Daihatsu Ayla

Dalam data rilisan Gaikindo, kendaraan ramah lingkungan seperti Toyota Calya, Daihatsu Sigra, Toyota Agya, Toyota Ayla, Honda Brio Satya selalu mendominasi penjualan sebagai kendaraan terlaris pilihan konsumen.

Misalnya mobil Toyota Calya, laris diborong konsumen pada November 2022 sebanyak 3.359 unit, kemudian pada bulan Desember terjual pada konsumen sebanyak 3.869 unit. Sementara di awal tahun 2023, penjualannya tercatat 3.680 unit.

Baca juga: 20 Mobil Terlaris Januari 2023, Toyota dan Daihatsu Kuasai Daftarnya

Penjualan laris juga diraih Daihatsu Ayla yang meraih 2.429 unit selama November, lalu 3.365 unit di Desember 2022. Jumlahnya menurun jadi 2.235 unit pada Januari 2023 namun tetap membawanya masuk peringkat 13 dari daftar 20 mobil terlaris bulan tersebut. 

kelebihan Daihatsu Sigra

Daihatsu Sigra pun demikian, unitnya laris dibeli sebanyak 6.830 unit selama November dan sebanyak 6.735 unit di bulan Desember 2022. Pada bulan Januari 2023, penjualannya 6.644 unit membawanya duduk di posisi kedua daftar 20 mobil terlaris awal tahun.

Hal serupa pada mobil Toyota Agya yang meraih penjualan 1.389 unit pada November dan 1.674 unit pada Januari 2023.

Baca juga: Keuntungan Menabung Dolar di Bank Sebagai Investasi Masa Depan

Mobil LCGC Honda Brio Satya terjual 5.373 unit di November, lalu pada Desember 2022 jumlahnya meningkat 5.896 unit. Penjualannya kemudian meningkat di Januari 2023 dengan torehan 7.327 unit dan merajai 20 mobil terlaris awal tahun.

Harga mobil LCGC

mobil baru cicilan 3 jutaan

Sebelum alami kenaikan harga akibat pajak LCGC baru nanti, saatnya kamu pertimbangkan membeli unitnya sekarang. Berikut harga mobil LCGC yang dapat kamu simak sebagai referensi sebelum membeli.

Toyota New Calya bisa dibeli dengan uang muka Rp16,2 juta, dicicil 5 tahun Rp4,32 juta sebulan. Toyota New Agya bisa dicicil 5 tahun dengan bayar Rp4,3 juta perbulan. Kamu hanya membayarkan uang muka Rp16 juta saja. Terjangkau bukan?

Baca juga: Step by Step Cara Mengurus STNK Hilang dan Biayanya

Untuk mobil Daihatsu New Ayla, siapkan uang muka ringan Rp11,6 juta saja dan cicilan per bulan Rp3,13 juta selama 5 tahun. Lalu untuk Daihatsu Sigra, kamu cukup siapkan uang muka Rp13,3 juta dan cicil Rp3,59 juta selama 5 tahun. 

Beli mobil LCGC idamanmu melalui SEVA, karena ada Loan Calculator yang akan memberikan perhitungan skema cicilan paling terjangkau. Setelah itu, wujudkan unitnya dengan Instant Approval, yang memberi persetujuan kredit cuma hitungan menit.

Semua proses pembelian mobilmu dijamin aman dan #JelasDariAwal. Tunggu apalagi, beli mobil LCGC sekarang sebelum harganya naik.

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi