Search Cars

Travel & Lifestyle

Nikmati 4 Tempat Romantis di Bandung Ala Dilan dan Milea

Ingin liburan romantis di Bandung? Yuk intip 4 lokasi syuting serial film Dilan berikut ini.

dilanSetelah sukses besar dengan 2 film sebelumnya, seri ketiga Dilan kini dilanjutkan dengan judul Miliea: Suara dari Dilan, yang tayang pada Kamis, 13 Februari lalu. Film ini merupakan sekuel terakhir dari Dilan 1990 dan Dilan 1991 yang diadaptasi dari buku karangan Pidi Baiq.

 

Bandung pun kembali menjadi setting dari film ketiganya.

 

Berkat serial film ini, kini Bandung memiliki citra yang romantis. Banyak pasangan ingin mengunjungi Bandung untuk sekedar melihat tempat Dilan dan Milea beradu akting.

 

Apakah kamu salah satunya? Bila iya, Ini dia tempat yang wajib kamu kunjungi untuk menikmati romantisnya Kota Kembang ala Dilan dan Milea.

Caringin Tilu hingga Puncak Bintang

Pada Film Dilan 1991, Dilan sempat mengajak Milea menuju sebuah dataran tinggi untuk melihat gemerlap lampu Kota Bandung. Meski tak ada penjelasan yang jelas mengenai lokasi tersebut, namun tempat ini memiliki banyak spot untuk menikmati cantiknya lampu kota Bandung.

 

Salah satu yang paling populer adalah Caringin Tilu (Cartil) dan Puncak Bintang. Caringin Tilu berada di kawasan Bandung Utara, tepatnya di Jalan Terusan Padasuka, Desa Cimenyan, Bandung, Jawa Barat.

 

Terdapat banyak restoran dan saung yang dapat dikunjungi untuk menikmati dinner, ditemani indahnya pemandangan Kota Kembang di sana. Tak jauh dari Caringin Tilu, ada Puncak Bintang yang bisa kamu kunjungi untuk menikmati indahnya Bandung saat malam.

 

Baca Juga : 5 Rekomendasi Tempat Makan Seblak Terenak di Bandung, Raos Pisan Euy!

 

Tak hanya romantis, di tempat ini kamu juga bisa menemukan banyak spot foto menarik untuk mengabadikan momen bersama pasangan

 

Jalan Asia Afrika

Kalau yang satu ini memang sudah menjadi salah satu ikon Bandung. Di jalan bersejarah ini terdapat Gedung yang merupakan tempat dilangsungkannya Konferensi Asia Afrika (KAA), yaitu Gedung Merdeka.

 

Dalam film Miliea: Suara dari Dilan, Dilan kerap mengajak Milea berkeliling menyusuri Jalan Asia Afrika yang merupakan kawasan kota tua milik Bandung.

 

Dalam adegan-adegan tersebut, Dilan memboncengkan Milea dengan motor birunya sambil menampilkan suasana Jalan Asia-Afrika di malam hari.

 

Kamu bisa menemukan beragam bangunan tua yang unik bergaya Eropa di Asia Afrika. Kamu juga akan menemukan banyak spot foto menarik untuk diabadikan bersama pasangan.

 

Baca juga: 5 Cafe Instagramable yang Cocok Jadi Tempat Singgah One Day Trip to Bandung Kamu

 

Tak jauh dari jalan ini, ada pula Jalan Braga yang tak kalah keren. Kamu akan menemukan banyak tempat menarik untuk berwisata kuliner atau sekedar nongkrong bersama teman di Braga.

 

Taman Budaya Dago Tea House

Ibu Dilan bersama dengan Milea mengundang Dilan untuk membicarakan keterlibatannya dalam sebuah penyerangan antar geng motor di taman ini.

 

Adegan ini juga menjadi momen terakhir Milea berjumpa dengan Dilan hingga akhirnya benar-benar memutuskan untuk berpisah.

 

Meski bukanlah adegan romantis, Taman Budaya Dago Tea House wajib kamu kunjungi jika kamu penasaran dengan lokasi yang digunakan sebagai latar dalam film ini.

 

Taman Budaya Dago Tea House sendiri berada di wilayah Bandung Utara, tepatnya di Jalan Bukit Dago Selatan nomor 53 A, Bandung.

 

Tempat ini merupakan salah pusat kebudayaan di Jawa Barat dan menjadi etalase kesenian Kota Bandung. Tak hanya itu, Taman Budaya Dago Tea House juga merupakan tempat nongkrong dan objek wisata populer Bandung yang telah ada sejak zaman Belanda.

 

Baca juga : Jarang Diketahui, Ini Tempat Nongkrong Unik dan Romantis di Bandung

 

Sebagai informasi, taman budaya ini sudah didirikan sejak zaman Belanda, yang bermula dari kebiasaan minum teh orang-orang Belanda pada zaman dahulu.

 


Jalan Banteng


Dalam salah satu adegan, Dilan mengajak Milea berkeliling di sepanjang Jalan Banteng dan berhenti sejenak untuk menyantap semangkuk bubur ayam. Faktanya, nama asli jalan Banteng sebenarnya adalah Jalan KH. Ahmad Dahlan yang terletak di kawasan Lengkong.

 

Memang, banyak pedagang yang menjajakan kuliner khas Bandung di sana. Beragam santapan dapat kamu temui di sepanjang jalan ini, mulai dari sate kuda, lotek, nasi goreng, soto, es campur oyen, hingga yang paling terkenal adalah Mie Kocok Mang Dadeng.

 

Baca Juga : Mau Ke Bandung Makin Murah? Jalan Bareng Sejalan Aja, Yuk!

 

Bagaimana? Sudah tak sabar ingin menikmati romantisnya Bandung ala Dilan dan Milea? Untuk menemani perjalanan romantismu, Sejalan siap antar kamu.

 

Jadi, jangan lupa download Sejalan, ya! Ada banyak promo yang bisa bikin perjalanan kamu makin menyenangkan.

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.