Search Cars

Tips & Rekomendasi

Fungsi dan Cara Menggunakan Paddle Shift yang Benar

Ketahui cara menggunakan paddle shift yang benar untuk membantu pengemudi saat berkendara. Lantas apa saja fungsi utamanya?

cara menggunakan paddle shift

Cara menggunakan paddle shift mungkin belum banyak diketahui oleh para pengendara mobil. Fitur ini pada awalnya disematkan pada mobil-mobil dengan transmisi otomatis pada mobil-mobil premium, tetapi saat ini sudah cukup banyak mobil yang memiliki fitur ini. 

Secara umum, paddle shift ini berguna untuk menaikkan atau menurunkan transmisi tanpa  harus melepaskan kemudi pada mobil-mobil matic. Fitur ini pada awalnya hanya ditemukan pada mobil balap Formula 1. 

Namun seiring dengan perkembangan teknologi, fitur paddle shift sudah tersedia pada beberapa mobil yang diproduksi secara massal. 

Beberapa mobil yang sudah memiliki fitur ini di antaranya ada Toyota All New Corolla Altis, Toyota New Yaris, Toyota New Fortuner, dan Toyota All New Kijang Innova Zenix

Fungsi paddle shift

paddle shift

Adanya paddle shift ini bertujuan untuk membuat mobil menjadi lebih nyaman untuk dikendarai. Hal ini sesuai dengan fungsinya, yaitu untuk memindahkan transmisi dengan sentuhan jari tangan tanpa harus melepaskan kemudi. 

Baca juga: Rem Mobil Bunyi Saat Diinjak, Apa Sih yang Jadi Penyebabnya?

Dengan adanya fitur ini, pengendara mobil bisa menjadi lebih fokus dan berkonsentrasi penuh tanpa harus melepaskan kemudi sambil memindahkan transmisi. Terdapat beberapa fungsi paddle shift bagi pengemudi. Apa saja fungsinya? 

Mengatur transmisi

transmisi P

Pada mobil-mobil untuk Formula 1, paddle shift memiliki fungsi utama yaitu untuk menaikkan atau menurunkan transmisi. Dengan adanya paddle shift ini maka pembalap bisa tetap berkonsentrasi dalam mengemudi tanpa harus melepaskan tangan dari kemudi. 

Melakukan engine brake 

Tidak hanya itu saja, paddle shift juga memiliki fungsi lain yaitu bisa membantu untuk melakukan engine brake. Ini karena sistem kerja paddle shift yang memang hampir sama dengan persneling biasa yang memungkinkan mesin untuk melakukan engine brake. 

Mengurangi kecepatan mobil 

speedometer mobil

Fungsi lain dari paddle shift adalah bisa membantu mengurangi kecepatan mobil pada saat terjadi situasi darurat. Pada saat berada dalam situasi darurat dan mobil harus berhenti secara tiba-tiba, bisa membantu untuk menurunkan kecepatan dengan menarik tuas di paddle shift. 

Baca juga: Musim Hujan Datang, Cek Kaki-kaki Mobil Yuk!

Caranya juga cukup mudah, yaitu tekan paddle shift yang ada di sebelah kiri kemudian gigi akan turun secara otomatis. 

Cara menggunakan paddle shift 

paddle shift

Cara menggunakan paddle shift adalah pastikan mobil harus dalam mode manual, yaitu dengan menekan tuas sebelah kiri untuk menurunkan gigi. Setelah itu barulah tekan tuas yang ada di sebelah kanan untuk menaikkan gigi. 

Salah satu fungsi paddle shift adalah untuk melakukan engine brake. Ini berguna ketika ingin menyalip kendaraan lain, tetapi tenaga mesin kurang karena posisi gigi transmisi yang sedang tinggi akan membuat torsi menjadi berkurang. 

Baca juga: Sering Telat Ganti Kampas Rem Mobil, Apa Efeknya?

Untuk mengatasi kondisi ini, cara menggunakan paddle shift yang benar adalah dengan menggunakan paddle shift sebelah kiri untuk menurunkan gigi. Dengan begitu, mobil akan secara otomatis melaju dengan lebih cepat. 

Fitur ini juga bisa digunakan pada saat mobil sedang berada di posisi Drive (D) atau Sport (S).

Bagaimana cara mengeceknya?

paddle shift

Untuk mengetahui apakah sebuah mobil sudah memiliki paddle shift atau tidak bisa dengan mengecek bagian belakang kemudi atau setir. Jika terdapat tuas dengan logo (-) di sebelah kiri dan (+) di sebelah kanan berarti mobil tersebut sudah memiliki fitur paddle shift. 

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Rem ABS di Mobil Masa Kini

Namun sebaliknya, jika di belakang kemudi atau setir tidak ada tuas apapun berarti mobil tersebut belum memiliki fitur paddle shift. Fitur ini memiliki 2 model, yaitu  yaitu yang mengikuti gerak kemudi dan yang tidak mengikuti gerak kemudi atau statis tetapi fungsinya sama saja. 

Bagaimana, menarik bukan fitur paddle shift yang sudah tersedia di beberapa mobil? Untuk mendapatkan mobil-mobil yang sudah dilengkapi fitur ini, bisa cek langsung ke SEVA

mobil Rp200 jutaan

Beli mobil di SEVA pasti akan terjamin karena ada beberapa fitur unggulan yang bisa membantu saat melakukan pembelian mobil impianmu. Salah satu fitur unggulannya adalah Instant Approval untuk mendapatkan persetujuan kredit yang lebih cepat tanpa ribet. 

Baca juga: Sering Telat Ganti Kampas Rem Mobil, Apa Efeknya?

Ada juga fitur unggulan lainnya yaitu Loan Calculator yang bisa membantu untuk mendapatkan informasi perhitungan biaya pembelian mobil baru secara detail. Mulai dari masa tenor, besaran DP, serta cicilan per bulannya.

Awas Kena Gocek, jangan sampai beli mobil di tempat yang salah. Beli di tempat yang #JelasDariAwal pastinya di SEVA ya.

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.