Search Cars

Tips & Rekomendasi

DIY Cara Ganti Aki Mobil Matik Biar Tidak Korslet

Mengganti aki mobil matik ternyata bisa dilakukan sendiri di rumah. Bagaimana cara yang benar agar tidak sampai terjadi korslet?

ganti aki mobil

Untuk mengganti aki mobil matik, tidak hanya bisa dikerjakan di bengkel oleh montir yang memang sudah berpengalaman. Melakukannya sendiri di rumah juga bisa selama proses pemasangannya benar dan sesuai. 

Meskipun memang dalam proses pemasangannya harus dilakukan dengan benar. Hal ini bertujuan untuk mencegah terjadinya kerusakan pada Electronic Control Unit (ECU) apalagi perannya yang memang penting untuk mengalirkan arus listrik pada mobil. 

Jika kondisinya lemah, berbagai komponen yang membutuhkan daya listrik akan mengalami gangguan. Misalnya adalah suara klakson, lampu, dan mobil akan menjadi sulit ketika akan dinyalakan. 

Baca juga: Berapa Sih Harga Aki Mobil Toyota Berdasarkan Jenisnya?

Lantas, bagaimana cara menggantinya?

aki mobil matik

Kapan aki mobil matik harus diganti?

Mengetahui kapan aki mobil harus diganti, ada beberapa tanda yang bisa diperhatikan. Apa saja itu?

Usia aki mobil

Salah satu cara mengetahui kapan aki mobil harus diganti adalah dengan mengetahui usia pemakaiannya. Sama seperti komponen mobil lainnya, aki juga memiliki batas pemakaian yang diberikan oleh bengkel pada saat tanggal pembelian. 

Pada umumnya, aki memiliki waktu pemakaian sekitar 2 tahun tetapi waktu tersebut akan berbeda-beda tergantung dari pemakaian dan cara perawatannya. Mengingat harganya yang cukup mahal, usahakan untuk melakukan perawatan dengan tepat. 

Mobil sulit dinyalakan

Tanda lainnya adalah mesin mobil yang sulit dinyalakan karena air aki yang sudah berada di bawah batas minimum. Kondisi ini akan mengganggu aliran daya listrik ke starter mobil. 

Baca juga: Detailing Mobil, Apa Saja yang Dikerjakan dan Berapa Biayanya?

Bagi pengguna aki kering, mesin akan sulit dinyalakan karena guncangan yang merusak cell di dalam aki atau karena memang usia pemakaian aki yang sudah lama.

Air aki menjadi keruh

Air aki mobil yang menjadi keruh juga bisa pertanda bahwa harus mengganti. Apalagi pada aki basah, yang sangat bergantung pada air aki sehingga harus selalu dijaga jangan sampai kehabisan. 

Dengan melakukan penggantian air aki, bertujuan untuk mencegah keruh yang terjadi karena adanya penumpukan kotoran dalam waktu lama. Pada saat berubah menjadi keruh, maka harus diganti dengan yang baru.

Masalah pada klakson dan lampu

membunyikan klakson

Jika klakson mobil sudah lemah atau sering terdengar brebet berarti aki mobil harus diganti. Tidak hanya itu saja, masalah pada aki akan memengaruhi kondisi lampu mobil misalnya saja membuat nyala lampu menjadi redup.  

Baca juga: Arti Indikator ECO yang Sering Ada di Mobil Zaman Now

Meskipun memang, untuk lampu yang redup ini tidak selalu disebabkan karena aki mobil. Penyebab lainnya bisa saja karena memang usia lampu yang sudah tua dan sudah waktunya untuk diganti. 

Jadi, sebelum mengganti aki mobil matik sendiri di rumah sebaiknya cari tahu cara pemasangannya ya. Perhatikan juga kondisi mobil apakah menunjukkan perlu melakukan penggantian aki. 

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.