Beli mobil di kotamu Pilih lokasi
Pilih kotamu (Pilih sesuai KTP)

Cara Cek Skor Kredit Via Online dan Aplikasi

Cara cek skor kredit saat ini tidak lagi melalui BI Checking dan bisa melalui aplikasi. Lantas, bisa dicek melalui apa saja?

cara cek skor kredit

Melakukan cara cek skor kredit pada awalnya dilakukan melalui BI Checking yang dikelola langsung oleh Bank Indonesia. Namun kini sudah tidak lagi menggunakan BI Checking dan sebagai gantinya bisa melalui Sistem Layanan Informasi Keuangan (SLIK) OJK.

Selain melalui SLIK OJK tersebut, bagi yang ingin melakukan pengecekan secara mandiri bisa juga menggunakan beberapa aplikasi atau website. Beberapa aplikasi atau website yang bisa digunakan untuk melakukan pengecekan adalah IDScore.id, cekaja.com, dan Skor Life.

Baca juga: Dampak Kenaikan Nilai Dolar AS Terhadap Rupiah dan Ekonomi Indonesia

OJK juga beberapa waktu lalu meluncurkan situs idebku.ojk.go.id. Kehadiran layanan tersebut, diharapkan bisa lebih memudahkan akses informasi debitur dan terintegrasi antara Kantor Pusat dan Kantor Regional dalam satu wadah.

Cara cek skor kredit

rekening bank

Buat yang ingin mengetahui cara cek skor kredit melalui aplikasi atau website yang sudah disebutkan sebelumnya, yaitu IDScore.id, cekaja.com, dan Skor Life. Apa saja langkah-langkahnya? 

IDScore.id 

IDScore.id merupakan salah satu website yang bisa digunakan untuk cek skor kredit, riwayat kredit, ataupun mengetahui kelayakan kredit. Nantinya, bisa langsung mengakses salah satu fiturnya yaitu MyIdScore melalui www.idscore.id.

  • Jika sudah ada di laman utama langsung cek di sudut kanan bawah. Disana terdapat gambar lingkaran dengan keterangan “Cek Skor Kredit Anda Sekarang!”
  • Langsung klik dan buat akun 
  • Pembuatan akun dilakukan dengan mengisi data diri sesuai identitas di KTP.

Informasi yang akan diminta termasuk data pribadi seperti nama, nomor KTP, tanggal lahir, email aktif, dan no HP. Selanjutnya ada kata sandi, PIN, dan kode captcha yang perlu diisi untuk membuat akun.

Cekaja.com 

tips keuangan karyawan

Cekaja.com juga bisa menjadi platform berbasis website yang bisa membantu pengecekan secara mandiri. Caranya juga cukup mudah, tinggal mengunjungi laman website cekaja.com

  • Jika sudah ada di halaman utama, cek ke sebelah kiri yang bertuliskan “Cek Score Anda” lalu bisa langsung klik.
  • Selanjutnya akan dibawa ke halaman lain dengan pilihan “Mulai” dan “Saya Sudah Memiliki Skor” 

Untuk membantu mengaktifkan skor kredit, akan ada beberapa pertanyaan dengan mengisi form yang sudah tersedia. Secara total, ada 4 step yang perlu diisi untuk bisa mengetahui skor kredit.

Skor Life

simulasi kredit mobil

Skor Life  merupakan sebuah aplikasi untuk mengecek skor kredit secara mandiri. Aplikasi ini bisa diunduh langsung di AppStore ataupun PlayStore dimana kamu bisa langsung melacak riwayat serta performa finansial dalam jangka waktu 24 bulan ke belakang. 

Baca juga: Apa Itu Instant Approval Kredit dan Kelebihannya?

Untuk bisa menggunakan aplikasi ini, bisa langsung membuat akun. Caranya juga sangat mudah, tinggal memasukkan nomor telepon dan ikuti langkah-langkah selanjutnya yang sudah tersedia. 

Mengecek di Idebku OJK

OJK

Dengan sudah adanya perubahan proses BI Checking, pihak Bank Indonesia sudah menyiapkan cara lain yaitu melalui idebku.ojk. Bagaimana caranya?

  • Buka laman https://idebku.ojk.go.id
  • Klik menu Pendaftaran
  • Isi data diri yang berisikan Jenis Debitur, Kewarganegaraan Debitur, Jenis Identitas Debitur, dan Nomor Identitas yang dipilih. Jangan lupa masukkan Captcha.
  • Jika semua sudah diisi klik tombol Selanjutnya. Nantinya akan diberitahukan apakah kuota masih tersedia atau tidak. Jika kuota penuh, maka harus menunggu sampai kuota sudah tersedia
  • Setelah bisa melakukan Pre Registrasi, bisa langsung melakukan Registrasi dan mengisi data yang lebih lengkap. Mulai dari nama lengkap, jenis kelamin, tempat dan tanggal lahir, alamat, provinsi serta kabupaten, email aktif, dan nomor handphone.
  • Selesai melakukan registrasi, bisa langsung mengunggah foto identitas asli, foto diri dengan kartu identitas, dan foto diri mengikuti gambar. 
  • Tahapan berikutnya adalah mengajukan permohonan. Pastikan data yang diisikan sudah benar karena informasi mengenai SLIK akan diberitahukan melalui email. 

Setelah pendaftaran berhasil, bisa langsung mengecek status permohonan dengan menekan tombol Status Layanan yang ada di halaman utama. Untuk memproses permohonan, biasanya OJK memberitahukannya lewat email paling lambat 1 hari. 

Baca juga: Harganya Naik-Turun, Kapan Waktu Investasi Emas yang Tepat?

Jadi, sekarang untuk bisa melakukan cara cek skor kredit tidak hanya melalui BI Checking yang disediakan oleh Bank Indonesia tetapi juga bisa dilakukan secara mandiri. Yuk, langsung cek berapa skor kreditmu.

BERITA TERKAIT