Search Cars

Tips & Rekomendasi

Penyebab Mobil Terbakar, Kenali Gejalanya Sejak Dini

Tentunya Anda sudah mendengar kasus mobil terbakar yang sedang heboh saat ini. Terbakarnya mobil bisa menimpa kapan pun. Yuk kenali penyebab mobil terbakar!

penyebab mobil terbakar

Heboh kasus terbakarnya supercar milik Raffi Ahmad sempat membuat heboh pemberitaan. Banyak yang bertanya-tanya penyebab dari terbakarnya mobil supercar tersebut.

 

Kebakaran mobil seperti yang dialami Raffi Ahmad sebenarnya bukanlah hal yang langka. Hal itu dapat terjadi pada jenis mobil apapun. Penyebab mobil terbakar pun bisa beragam. Yuk, ketahui gejalanya!

penyebab mobil terbakar

Kebocoran bahan bakar minyak

Tiap mobil pasti memiliki sejumlah cairan mudah terbakar, misalnya saja bahan bakar minyak.

 

Selain kebocoran tangki, penyebab mobil terbakar bisa saja diakibatkan oleh hawa panas. Bahan bakar minyak di dalam tangki bisa terbakar dengan sendirinya karena hawa panas berlebihan yang dihasilkan oleh mesin.

 

Baca juga: Jangan Asal Pilih, Ini Cara Menentukan BBM yang Tepat untuk Mobil

penyebab mobil terbakar

Kerusakan listrik

Kerusakan pada aki dan kelistrikan sering kali menimbulkan hubungan arus pendek yang jadi salah satu faktor penyebab mobil terbakar.

 

Aki mobil yang bermasalah bisa menciptakan gas hidrogen yang berkumpul di ruang mesin. Hal ini bisa berbahaya bila ada kelistrikan yang rusak, misalnya saja kabel yang korslet dan menimbulkan percikan api.

 

Percikan api yang mengenai gas hidrogen dapat menyulut kebakaran pada mobil. Api kemudian mengenai bagian bensin atau bahan-bahan yang mudah terbakar lainnya.

 

Karena itu, sebagai pemilik mobil, ada baiknya Anda rajin memeriksa kondisi aki dan kelistrikan.

 

Baca juga: Alasan Mobil Listrik Bebas dari Ganjil Genap dan Biaya Parkir

penyebab mobil terbakar

Mesin overheat

Mesin mobil yang bekerja terlalu keras bisa menyebabkan suhunya menjadi panas atau dikenal dengan isitilah overheat. Biasanya hal ini dapat terjadi karena adanya kerusakan pada bagian pendinginan atau radiator.

 

Rusaknya komponen radiator dapat menyebabkan mesin tidak beroperasi secara efisien. Gesekan pada komponen mesin menimbulkan kenaikan suhu yang signifikan dan akhirnya memicu kebakaran pada mobil.

 

Baca juga: Tidak Perlu Panik, Begini Cara Menangani Mobil Overheat

penyebab mobil terbakar

Modifikasi yang salah

Setiap pemilik mobil pastilah menginginkan mobil impian yang sesuai keinginan. Alhasil memodifikasi mobil menjadi pilihannya.

 

Namun, modifikasi bukanlah hal yang dengan mudah, apalagi jika berhubungan dengan kelistrikan. Anda harus mempertimbangkan dan melakukannya dengan matang.

 

Salah satu contoh modifikasi yang dianggap sepele padahal memiliki potensi menjadi penyebab mobil terbakar adalah modifikasi pada fog lamp atau lampu kabut dengan alasan kurang terang.

 

Sering kali pemilik mobil tidak mengetahui bahwa watt pada fog lamp yang terlalu besar berpotensi memicu terjadi kebakaran.

 

Baca juga: 5 Langkah Modifikasi Mobil Bekas Supaya Tampak Seperti Baru

cara mengurus asuransi mobil

Kecelakaan

Mobil masa kini memang dirancang dengan kerangka yang aman untuk mengatasi dampak benturan jika terjadi kecelakaan.

 

Namun, jika benturan sangat keras, bahan bakar minyak atau oli bisa saja bocor dan terbakar akibat percikan api yang ditimbulkan oleh benturan serta gesekan.

 

Kecelakan pun jadi penyebab paling umum mobil terbakar.

 

Baca juga: Tips Menghindari Kecelakaan Mobil dengan Truk di Jalan Tol

 

Sebagai pemilik mobil peristiwa mobil terbakar perlu menjadi salah satu pembelajaran. Deteksi penyebab mobil terbakar sedini mungkin agar Anda dapat meminimalisir risikonya.

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.