Search Cars

Travel & Lifestyle

Catat! Festival Bulan Oktober 2019 yang Wajib Dikunjungi

Banyak festival menarik di Indonesia yang digelar sepanjang bulan Oktober 2019 ini. Berniat mengunjungi? Berikut festival bulan Oktober 2019 yang wajib dikunjungi!

festival bulan Oktober 2019

Festival menjadi salah satu alat komunikasi untuk memperkenalkan karya serta budaya dari beberapa wilayah di Indonesia.

 

Dalam Calendar of Events 2019 pemerintah telah menetapkan 100 festival tahunan. Festival ini digelar sepanjang tahun yang telah diliris pada awal tahun 2019 ini.

 

Menteri Pariwisata Republik Indonesia Arief Yahya mengungkapkan, Calendar of Events 2019 tercipta atas prakarsa Presiden Republik Indonesia Joko Widodo. Presiden menginginkan agar Indonesia mempunyai event yang berkualitas dan berstandar internasional sehingga dapat menarik kunjungan wisatawan.

 

Tepat bukan kalau festival yang ada di Indonesia ini jamu kunjungi untuk mengisi liburan? Walau, bila melirik kalender, selama bulan Oktober 2019 ini tidak ada tanggal merah, tapi kamu bisa ajukan cuti atau izin, apalagi festival ini hanya digelar setahun sekali.

 

Tentunya, dengan mengunjungi festival, kamu tidak hanya bersenang-senang saja tapi kamu juga akan lebih dekat dengan budaya Indonesia.

 

Selama bulan Oktober 2019 ini saja ada 17 festival yang sangat menarik. Berikut beberapa festival bulan Oktober 2019 yang wajib kamu kunjungi!

 

Baca juga: Catat Tanggalnya, Jangan Lewatkan Calendar of Event 2019 Ini

Festival Pesona Selat Lembeh 2019

Festival Pesona Selat Lembeh

Festival tahunan yang digelar tiap 6-10 Oktober ini bertujuan untuk mempromosikan potensi pariwisata Kota Bitung dan Selat Lembeh.

 

Seperti diketahui, Lembeh merupakan lokasi favorit penyelam baik dari dalam dan luar negeri untuk muck dive dan berburu foto makro hewan bawah laut.

 

Tahun ini, selama penyelenggaraannya Festival Pesona Selat Lembeh bakal diramaikan oleh berbagai acara menarik mulai dari sailing pass, lomba kapal hias, tanam terumbu karang, lomba foto darat dan bawah air, lari marathon 10K, atraksi jet ski, pentas seni dan budaya, hingga parade kuliner lokal seperti sashimi tuna khas Bitung.

 

Nah, buat kamu yang hobi menyelam dan fotografi, Festival Pesona Selat Lembeh pastinya jadi festival bulan Oktober 2019 yang wajib kamu kunjungi.

 

Rasa penasaranmu akan terbayar dengan keindahan pesona panorama Selat Lembeh serta keramahan masyarakat Bitung.

 

Baca juga: Kemeriahan Festival Pesona Selat Lembeh 2019 yang Mendunia

festival bulan Oktober 2019

Festival Pesona Bahari Raja Ampat

Festival Pesona Bahari Raja Ampat 2019 yang akan berlangsung pada 18-21 Oktober ini akan dipusatkan di Waisai, Pulau Waigeo.

 

Festival yang sudah tujuh kali diadakan ini tiap tahunnya dilaksanakan dengan selalu mengangkat tema bahari, budaya, serta kuliner untuk mengenalkan keajaiban laut yang murni dan keindahan Raja Ampat yang menakjubkan ke seluruh dunia.

 

Berbagai kegiatan yang berkaitan dengan bahari diadakan untuk meramaikan Festival Pesona Bahari Raja Ampat, seperti voley pantai, perahu hias, renang duathlon, lomba foto bawah laut dan lomba foto panorama.

 

Tidak ketinggalan parade seni dan budaya seperti tabuhan tifa dan tradisi Somsom. Buat yang penasaran bagaimana rasanya ulat sagu, Festival Pesona Bahari Raja Ampat jadi festival bulan Oktober 2019 yang wajib kamu kunjungi.

 

Sementara kamu yang hobi menyelam di Raja Ampat terdapat spesies ikan yang tidak ditemui di wilayah Indonesia lain, yaitu wobbegong atau yang dikenal sebagi hiu karpet. Lainnya ada juga walking shark, hiu kecil yang bila berenang terlihat seperti berjalan di dasar laut dengan menggunakan siripnya.

 

Baca juga: 6 Hal yang Perlu Disiapkan Sebelum Traveling ke Indonesia Bagian Timur

festival bulan Oktober 2019

Jakarta Fashion Week

Siapa yang tidak mengetahui Jakarta Fashion Week? Festival yang biasa disebut dengan JFW ini merupakan gelaran tahunan yang ditunggu para pecinta fashion.

 

Jakarta Fashion Week merupakan event tahunan terbesar dan paling berpengaruh di Asia Tenggara dan akan dilaksanakan pada tanggal 19-25 Oktober di Senayan City, Jakarta.

 

JFW merupakan platform universal bagi pelaku industri mode yang ingin dikaitkan dengan gaya, desain, dan tren mode saat ini.

 

Berbeda dari tahun sebelumnya, di tahun 2019 akan ada kolaborasi dengan ID Creative Week, sehingga dalam sepekan akan ada banyak kegiatan kreatif yang dapat disaksikan.

 

Tak hanya itu, Opening dari Jakarta Week Festival 2019 akan sangat berbeda, para model akan menari bersama dengan energik. Keuntungan selain melihat prestasi para desainer Indonesia akan ada berbagai kegiatan edukasi hingga platform exchanger.

 

Baca juga: Cerita Mistis Museum di Jakarta yang Bikin Merinding

festival bulan Oktober 2019

Festival Danau Sentarum

Festival Danau Sentarum merupakan acara tahunan Kalimantan Barat yang akan diadakan kembali pada tanggal 23-25 Oktober 2019.

 

Kamu akan diajak menyusuri danau menggunakan alat angkutan umum air tradisional yaitu perahu tambe dan bandong.

 

Festival ini bertujuan untuk mendongkrak pertumbuhan dan perkembangan pariwisata Kapuas Hulu. Menjadi salah satu festival unggulan dari Calendar of Events 2019, Festival Danau Sentarum karena cultural value yang dipilih budayawan, dari media dan comercial value-nya.

 

Tahun ini, Festival Danau Sentarum akan diramaikan oleh Danau Sentarum Cruise, Parade Perahu Tradisional, Sentarum Ethnic Music Festival, Kontes Arwana Super Red, Karnaval Budaya dan Festival Minum Madu, Seni Budaya dan Hiburan Masyarakat, hingga mendaki Bukit Tekenang.

 

Kamu akan menyaksikan pesona keindahan alam dari Danau Sentarum yang luar biasa yang akan membuat bangga akan kekayaan alam Kalimantan Barat.

 

Baca juga: Pesona Wisata Alam Balikpapan untuk Melarutkan Penat

festival bulan Oktober 2019

Ubud Writers and Readers Festival

Jangan lupa hadir pada tanggal 23-27 Oktober 2019 untuk menghadiri Ubud Writers and Readers Festival (UWRF 2019) yang setiap tahunnya selalu menjadi bagian penting dari  Calendar of Events 2019.

 

Tidak heran bila festival ini pun jadi salah satu dari lima festival sastra terbaik dunia untuk tahun 2019 versi The Telegraph UK.

 

Festival yang diprakarsai oleh Yayasan Mudra Swari Saraswati ini kian diminati banyak kalangan.

 

Di tahun 2019, UWRF dengan tema Karma akan menyambut lebih dari 180 pembicara dari 30 negara untuk mengisi lebih dari 170 program seperti diskusi mendalam, acara spesial, lokakarya penulisan dan budaya, peluncuran buku, pemutaran film, pameran seni hingga pertunjukan musik.

 

Jika menjadikan UWRF festival bulan Oktober 2019 yang wajib dikunjungi, nantinya kamiu dapat menikmati deretan program UWRF 2019 yang akan diselenggarakan di puluhan lokasi yang tersebar di Ubud.

 

Baca juga: Seharian di Ubud, Jangan Lewatkan Spot Wajib Dikunjungi Bersama Keluarga Ini

festival bulan Oktober 2019

Jakarta Marathon

Jakarta Marathon merupakan International Marathon resmi pertama di Indonesia. Acara ini akan diadakan di Plaza Utara Gelora Bung Karno. Penyelenggaraan ini sekaligus dalam rangka memperingati Hari Listrik Nasional (HLN) di 27 Oktober 2019.

 

Selain itu, PLN sejak 2018 Ialu dalam ajang marathon berskala International ini juga sebagai upaya mendorong masyarakat Indonesia menuju eco-lifestyle dan menumbuhkembangkan sport tourism Indonesia menjadi destinasi utama wisatawan mancanegara.

 

Jakarta Marathon telah masuk dalam agenda olahraga lari Internasional, sehingga mampu memberikan dampak langsung dan media value yang tinggi.

 

Tahun 2019 sudah tercatat 1.377 peserta di antaranya berasal dari mancanegara, seperti Malasyia, India, Amerika Serikat, Perancis, Belanda. Italia. Korea Selatan, Singapura, dan Jepang.

 

Dengan adanya acara tahunan seperti Jakarta Marathon ini masyarakat sadar akan pentingnya terus bergerak untuk menciptakan gaya hidup yang sehat.

 

Baca juga: Jenis Olahraga Kekinian Agar Tubuh Selalu Sehat dan Fit

event menarik April 2019

Daripada kamu bingung mau liburan ke mana? Mending jadwalkan festival bulan Oktober 2019 yang wajib kamu kunjungi. Mumpung masih banyak waktu, jangan lupa beli tiket dan meriahkan dari sekarang, yuk!

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.