Search Cars

Travel & Lifestyle

6 Hal yang Perlu Disiapkan Sebelum Traveling ke Indonesia Bagian Timur

Keindahan alam Indonesia bagian timur bisa diibaratkan secuil surga yang ada di dunia. Jadi, Anda perlu juga mencicipi liburan di sana.

Namun sayangnya masih banyak yang bingung, bahkan image mahal masih melekat jika ingin liburan ke Indonesia bagian timur.

Berikut tips liburan ke Indonesia bagian timur dari Seva.id untuk Anda.

1. Cari Tiket Murah
Saat ini sudah banyak maskapai penerbangan yang melayani rute ke destinasi wisata di Indonesia bagian timur, sehingga Anda memiliki banyak pilihan.

Pihak maskapai pun kerap memberikan harga promosi. Jadi jika Anda ingin berlibur dengan tujuan Indonesia bagian timur, rajinlah mengecek situs-situs penyedia tiket atau situs resmi maskapai.

Atau jika Anda memiliki banyak waktu dan jiwa petualang, bisa juga melakukan perjalanan dengan layanan kapal laut milik Pelni yang harganya jauh lebih murah ketimbang naik pesawat.

2. Kumpulkan Informasi
Sebelum berangkat liburan ke destinasi wisata di Indonesia bagian timur, sebaiknya Anda kumpulkan informasi yang mendetail mengenai tempat yang akan dituju.

Misalnya jika ingin ke Raja Ampat, Anda harus tahu kapan waktu terbaiknya. Waktu terbaik ke Raja Ampat adalah September-Mei meskipun cuaca panas. Sedangkan Juni-Agustus, terjadi angin kencang dan ombak besar, sehingga rata-rata resor di sana akan tutup.

Selain itu, cari juga informasi seputar penyewaan kendaraan, akomodasi, tempat makan, tempat-tempat cantik, dan hal yang harus dihindari. Kalau perlu catat agar Anda tidak bingung dan hafalkan harga untuk menghindari penipuan.

3. Ambil Cuti Panjang
Setelah mengumpulkan informasi, selanjutnya Anda wajib membuat rician perjalanan dan tempat-tempat yang akan dikunjungi. Berhubung perjalanan ke Indonesia bagian timur memakan waktu yang cukup lama, sayang bila liburan hanya satu atau dua malam. Pastikan Anda telah mengambil cuti panjang untuk mengeksplorasi keindahan alam Indonesia bagian timur. Idealnya, Anda ambil cuti selama 5 hari.

4. Sertifikat Menyelam
Indonesia bagian timur dipenuhi dengan pantai cantik dan panorama bawah air yang sayang untuk dilewatkan. Memang tak ada salahnya untuk sekedar snorkeling, namun untuk lebih dekat menyaksikan aktivitas clown fish dengan anemonnya, Anda perlu menyelam. Karena itu, sebelum berangkat, Anda dapat kursus untuk mendapatkan sertifikat menyelam.

Nantinya tak perlu repot, destinasi seperti Flores, Togean, Wakatobi, hingga Raja Ampat juga telah memiliki dive center yang tidak hanya menyewakan peralatan snorkeling, tapi juga peralatan menyelam yang lengkap dengan operator serta pemandunya.

5. Persiapkan Segalanya
Selain kondisi tubuh yang prima, sebelum berangkat liburan destinasi wisata di Indonesia bagian timur, Anda juga wajib menyiapkan semua keperluan. Beberapa wilayah di sana adalah endemis malaria, sehingga ada baiknya Anda mengonsumsi pil kina sebelum berangkat. Tak hanya itu, bawa juga obat-obatan pribadi untuk jaga-jaga.

Jangan lupa membawa uang tunai dalam jumlah cukup. Infrastruktur destinasi wisata di Indonesia bagian timur berbeda dengan Bali di mana Anda dengan mudah menemukan ATM.

Tak kalah penting, sebagian besar wilayah Indonesia bagian timur itu panas terik, apalagi jika banyak menghabiskan waktu di pantai. Bawalah tabir surya untuk berjaga-jaga agar kulit tidak rusak akibat terbakar sinar matahari.

6. Tak Perlu Backpacker-an
Setelah menghitung biaya liburan ke Indonesia bagian timur tetap mahal? Kini Anda tak perlu backpacker-an tapi bisa liburan ke Indonesia bagian timur dengan balutan kemewahan. Caranya adalah dengan ikut open trip yang banyak diselengarakan oleh pemandu wisata lepas atau bahkan travel blogger sekalipun. Biaya liburan ke Indonesia bagian timur bisa jadi lebih murah karena ditanggung bersama, Anda pun juga dapat teman baru selama perjalanan. Pergi liburan ramai-ramai tentunya juga lebih berkesan!

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Jelajahi Layanan SEVA

Mobil Baru

Pilih mobil impian kamu dari berbagai merek dengan jaminan kualitas Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Mobil Bekas

Beli mobil bekas berkualitas dengan pembiayaan dari Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Fasilitas Dana

Solusi untuk kebutuhan dana langsung cair dengan jaminan BPKB mobil

Pelajari Lebih Lanjut

Layanan Surat Kendaraan

Urus surat kendaraanmu dengan mudah dan nyaman

Pelajari Lebih Lanjut

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.