Berapa Lama Usia dan Harga Baterai Mobil Hybrid?

Cari tahu fakta berapa sih harga baterai mobil hybrid yang rusak dan butuh diganti baru? Apa benar memang mahal harganya?

baterai mobil hybrid

Baterai mobil hybrid jadi komponen yang penting yang harus dijaga bagi para pemilik kendaraan berteknologi ini. Para pemilik mobil hybrid ataupun listrik harus berhati-hati, saat menggunakannya di musim hujan seperti saat ini. 

Terlebih ketika banjir jika masih nekat menerjang banjir, kerusakan parah mobil listrik dan hybrid kesayangan kalian bisa mengintai, terutama bagian baterainya loh

Berapa sih harga baterai mobil hybrid yang rusak karena banjir? Inilah rangkuman dan kisaran harga baterai mobil hybrid versi dari SEVA.

Tapi sebelum masuk ke harga, kita mau bahas mobil hybrid itu apa. Nah, pasti kalian sering dengar nih Hybrid. 

Pertama kita mau jelasin dulu apa itu mobil hybrid. Ini adalah mobil dengan dua sumber tenaga apa aja satu pastinya mesin bensin atau mesin konvensional, dan mesin listrik yang yang disupport sama baterai.

Jadi ada mesin yang konvensional yang biasa, seperti yang ada di mobil-mobil pada umumnya sekarang. Ditambah dengan adanya baterai. Jadi dua sumber tenaga ini yang mensupport mobil hybrid. Itulah kenapa disebut Hybrid karena ada dua mesin pokoknya sih.

Baca juga: Apa itu Mobil Hybrid? Ini Penjelasan dan Sejarahnya

Kalau baterai gimana nih ada garansi kah? Untuk baterainya sendiri, kalau di Toyota itu sebenarnya jauh lebih baik dibandingkan merek-merek yang lain.

Di tempat lain, garansi itu rata-rata untuk mobil hybrid nya adalah 100.000 KM, atau lima tahun. Tapi di Toyota itu sampai 150 ribu Km atau lima tahun, jadi bisa lebih panjang nih.

baterai mobil hybrid

Berapa biaya jika baterai rusak?

Ketika baterai mobil listrik atau Hybrid sudah rusak biaya penggantian nya akan sangat mahal.

Hal ini diungkapkan oleh Auto2000, waktu itu pernah ganti baterai untuk Toyota Camry Hybrid dan biayanya 50 juta. 

Untuk kendaraan Hybrid lainnya juga tidak berbeda jauh ya. Biaya pergantian baterainya, tidak semua dealer resmi memiliki staf baterai mobil hybrid tersebut, biasanya harus order dulu di Toyota Astra Motor.

Kalau baterainya tersedia dua hari juga sudah siap. Baterainya tapi kalau tidak ada stok, maka butuh waktu 40 harian. 

Ya karena baterainya langsung diimpor dari Jepang. Sementara itu untuk perbaikan baterai ini juga dilihat dari kondisi kerusakannya.

Baterai untuk mobil hybrid Toyota sendiri memiliki 12 sel, tapi kalau kerusakan baterai hanya satu sel berarti kemungkinan masih 80% ke atas.

Tapi kalau sudah banyak sel yang rusak, sudah tidak bisa diperbaiki dan harus diganti dengan yang baru ya.

Baca juga: Daftar Mobil Hybrid dan Listrik Paling Laris di Indonesia

Kemudian untuk merek lain seperti Ertiga Hybrid yang diluncurkan pada 10 Juni 2022 lalu, kehadiran mobil ini diharapkan bisa mengubah mindset konsumen di Indonesia yang masih takut memiliki mobil listrik full baterai. 

Karena perawatan dan infrastrukturnya belum memadai seperti disampaikan Sekretaris Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia,

baterai mobil hybrid

Teknologi baterai mobil

Teknologi Hybrid yang diterapkan di low MPV seperti Suzuki Ertiga, bisa menjadi jembatan bagi konsumen yang ingin beralih dari mesin pembakaran dalam ke mesin listrik.

Dalam keterangan resminya head 4w marketing PT Suzuki Indomobil Sales, Doni Saputra menyatakan ada beberapa fitur yang diharapkan konsumen ada pada mobil keluarga yang dijual di Indonesia.

Untuk saat ini di kalangan masyarakat bahan bakar minyak menjadi topik perbincangan yang utama, karena saat ini harga dari BBM terus mengalami kenaikan yang cukup signifikan.

Berbeda dengan mobil elektrifikasi yang seluruh sumber tenaganya mengandalkan listrik All New Suzuki Ertiga Hybrid menggunakan sumber tenaga yang berasal dari mesin bensin konvensional digabungkan dengan ISG dan lithium-ion battery (hybrid).

Yang berfungsi sebagai motor dan generator yang menangkap dan menyimpan energi listrik lithium-ion battery. Energi listrik inilah yang menjaga komponen kelistrikan mobil tetap menyala saat mobil dalam posisi berhenti.

Ada dua jenis baterai yakni Lite segan lithium-ion untuk harga baterai lithium-ion Rp15 juta sementara Lite Rp3,6 juta, dengan garansi selama lima tahun atau 100.000 Km. Lumayan kan harga baterainya?

Wah kalian harus hati-hati nih. Itulah tadi ulasan mengenai kisaran harga baterai mobil hybrid yang rusak karena banjir. Bagaimana kalian siap kan sama dananya?